Sudah saatnya kita mengakui bahwa seperti gajah di dalam ruangan, akan semakin sulit untuk menemukan, menjangkau, terlibat, dan pada akhirnya, menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Hari-hari dimana pemasar hanya dapat membayar untuk iklan dan mengharapkan hasil yang bagus sudah lama berlalu.
Ada begitu banyak iklan online yang dipasang secara masif di pemblokir iklan pc saya. Atau, kapan terakhir kali kamu didorong oleh iklan online untuk membeli sesuatu? Saya selalu kesal dengan pop-up yang membuat saya tidak mungkin untuk mencapai konten yang saya inginkan, dan saya menganggap saya bukan satu-satunya. Di situlah program afiliasi marketing berguna. Tetapi sebelumnya, kamu harus benar-benar memahami pengertian afiliasi atau arti afiliasi terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.
Pengertian Afiliasi adalah?
Secara teori, program afiliasi adalah impian semua orang. Kamu hanya perlu mempromosikan produk atau layanan di situs web kamu atau saluran media sosial, dan setiap kali pelanggan melakukan pembelian, kamu mendapat komisi. Sederhananya, upaya minimum, pendapatan maksimum. Atau, setidaknya itulah yang diinginkan oleh mentor yang ingin kamu percaya dengan program untuk menjadi kaya yang mereka ajarkan. Teori dan praktik adalah dua hal yang berbeda, jadi kamu seharusnya tidak berharap untuk bisa menjadi kaya dalam waktu yang dekat.
Untuk siapa Afiliasi Marketing tepatnya ada?
Pemasaran afiliasi adalah untuk semua orang. Jika kamu seorang ahli dalam niche kamu dan ingin berbagi pengetahuan kamu dengan audiens yang lebih luas, maka pemasaran afiliasi sepertinya merupakan kesempatan yang sempurna untuk kamu. Orang lain dapat memanfaatkan keahlian kamu, dan kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Sebuah solusi win-win untuk semua orang, bukan?
Namun demikian, tidaklah bijaksana mendasarkan mata pencaharian kamu hanya pada hal itu, karena kamu tidak dapat memprediksi apakah orang akan tertarik pada produk yang kamu tawarkan atau tidak. Terlebih lagi, kamu hanya mendapatkan persentase kecil dari penjualan. Tapi itu dapat menutupi sebagian dari pengeluaran dasar kamu untuk menciptakan kehadiran online kamu di internet.
Untuk memulai bisnis pemasaran afiliasi, kamu memerlukan situs web atau cara lain untuk berkomunikasi dengan audiens kamu. Ada banyak alat yang dapat kamu gunakan untuk melakukannya, dan kita akan bahas lagi hal itu pada tema tulisan yang berbeda.
Baca juga: 11 Manfaat Website Bagi Perusahaan di Era Pandemi COVID-19
Apa yang harus diperhatikan?
Setelah kamu membaca apa itu afiliasi dan memahami arti afiliasi. Selanjutnya adalah perhatikan penggunaan tagar dalam afiliasi. Tagar populer dapat berubah menjadi bashtag dalam beberapa menit, jadi kamu harus selalu mengawasi saluran media sosial dari merek yang kamu promosikan.
Bayangkan kamu telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan ini, katakanlah Dove. Beberapa tahun lalu, Dove merilis iklan yang menunjukkan wanita kulit hitam berubah warna kulitnya saat menggunakan produk Dove. Orang-orang marah oleh kampanye tersebut. Tidak heran – ketika menyangkut periklanan yang tidak sensitif, Dove cukup banyak berada di puncak skala tersebut.
Tagar yang digunakan, #whyistayed, adalah tagar trending untuk membela korban kekerasan dalam rumah tangga. Dan tidak perlu menunggu lama untuk melihat reaksi negatif di Internet atas iklan tersebut. Reputasi kamu, yang mungkin kamu bangun setidaknya selama beberapa tahun, bisa saja hancur karena salah menggunakan tagar.
1. Strategi
Oke, jadi kamu sudah siap. kamu memiliki pengetahuan, memiliki pemirsa, memiliki situs web, melacak konversi kamu. Mari kita lihat bagaimana kamu dapat membuat penawaran kamu menonjol dari kompetisi.
2. Membandingkan
Ibu saya selalu mengatakan kepada saya untuk tidak membandingkan diri saya dengan orang lain, karena dapat menyebabkan rendah diri. Ketika berbicara tentang pemasaran afiliasi, kamu harus melakukan yang sebaliknya. Jika kamu menulis artikel “3 sepatu lari terbaik untuk pelari berpengalaman”, kamu akan menunjukkan keahlian kamu dan membuat audiens kamu berkesempatan untuk memilih opsi terbaik untuk mereka. Kamu juga akan memiliki tiga tautan afiliasi alih-alih satu. Itu artinya kamu memiliki tiga kali lipat peluang kamu untuk mendapatkan komisi. Situs web perbandingan sangat membantu dan berpotensi menghasilkan banyak uang.
3. Menjadi transparan
Kamu mungkin diwajibkan oleh hukum untuk mengungkapkan kerja sama terafiliasi kamu. Tetapi ini adalah praktik yang baik untuk memberi tahu audiens kamu tentang tautan yang berafiliasi dengan kamu. Kepercayaan adalah segalanya, dan kamu harus berhati-hati untuk tidak kehilangannya. Jika kamu menulis tentang suatu produk maka ingat untuk menyebutkan suka dan tidak suka kamu. Bersikap adil sehingga orang akan kembali ke situs kamu.
4. Keuntungan ekstra
Saya sangat percaya pada kekuatan untuk bekerja lebih keras melalui internet. Sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukannya untuk bisnis kamu. Lagi pula, orang cenderung lebih menghargai layanan prima daripada harga rendah. Dan penduduk asli media sosial senang berbagi kisah mereka. Pemasaran dari mulut ke mulut adalah lencana kehormatan tertinggi, jadi jika kamu berkesempatan untuk itu maka lakukanlah.
5. Pada akhirnya, konten adalah raja
Ketika kamu sudah benar-benar paham apa itu afiliasi maka pemasaran afiliasi adalah cara memasarkan yang menyenangkan, tetapi jangan lupa mengapa kamu benar-benar di Internet. Kamu tidak akan bisa menjual satu barang tanpa audiens kamu. Sangat penting untuk menghasilkan konten yang berharga – konten yang disukai dan melibatkan pembaca kamu. Jangan fokus pada transaksi dagang, melainkan memberikan gambaran yang lebih besar di pikiran audiens kamu. Jika kamu menawarkan informasi yang relevan dan terkini terkait bidang kamu, pemasaran afiliasi pada akhirnya akan berhasil.
Baca juga: 9 Tips Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa di Era Pandemi
6. Masalah visual
Kita membeli dengan mata kita. Bahkan kini, kita masih sering melihat situs web yang terlihat seperti peninggalan dari tahun 90-an. Kamu tahu maksud saya. Spanduk mencolok, Font Komik Sans, dan warna-warna mengerikan. Tidak peduli seberapa membantu konten yang kamu miliki, jumlah keahlian yang kamu miliki atau seberapa bagus produk yang kamu promosikan – tidak ada yang akan membeli apa pun dari kamu jika situs web kamu kurang up to date. Pikirkanlah tentang foto-foto indah (kamu dapat mengambil gambar luar biasa dengan ponsel cerdas kamu!) Dan estetika umum lainnya yang bisa menunjang penampilan situs web kamu.
7. Distribusi sangat penting
Terutama di bidang pemasaran. Orang tidak akan bereaksi terhadap konten kamu dan upaya afiliasi jika mereka tidak dapat melihat postingan kamu. Carilah saluran tempat pelanggan kamu aktif dan dapatkan pengikut setia. Dan jika kamu menjadi influencer (mikro), kamu bisa menggabungkan pemasaran afiliasi dan influencer.
8. Bagaimana menjadikan pemasaran afiliasi menjadi merek?
Pertama-tama, kamu harus mempertimbangkan apakah program pemasaran afiliasi adalah metode yang cocok dengan merek kamu. Kamu yang memberikan sebagian kendali atas produk kamu. Terlebih lagi, banyak manajer afiliasi yang hanya berfokus pada penjualan cepat, bukan pada membangun reputasi merek. Pemasaran afiliasi dapat bekerja dengan baik untuk perusahaan yang tidak mengandalkan kekuatan pencitraan merek, misalnya, tirai shower atau keran dapur. Jika perusahaan kamu hidup dari branding, pemasaran afiliasi dapat memanipulasi gambar kamu.
Kamu juga harus melindungi diri sendiri. Mengizinkan untuk mewakili produk kamu kepada orang-orang yang tidak dapat diandalkan dapat menjadi bumerang, dan kamu akhirnya akan membersihkan kekacauan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kamu. Bayangkan jika produk kamu dipromosikan di antara konten yang tidak pantas, seperti kekerasan, pornografi atau rasisme. Atau mereka hanya meng-spam audiens mereka dengan satu ton email, pop-up dll. Kamu mengerahkan semua upaya untuk membangun reputasi merek kamu, dan itu bisa hilang dalam hitungan detik, karena satu orang.
9. Penelitian yang tepat
Kami sangat percaya bahwa penelitian yang tepat adalah kunci keberhasilan di hampir setiap aspek kehidupan. Pertama, kamu perlu menemukan manajer afiliasi yang selaras dengan merek kamu. Apakah kamu akan membeli sepeda baru dari promotor yang jelas tidak ada hubungannya dengan bersepeda?
Kedua, kenali apa yang orang bicarakan di internet tentang pasangan afiliasi kamu. Kamu dapat bekerja sama dengan beberapa afiliasi kontroversial; kamu hanya harus sejalan dengan strategi pemasaran kamu secara keseluruhan. Dengan alat yang tepat, kamu dapat menemukan sejumlah besar informasi.
Baca juga: Pentingnya Melakukan Diversifikasi Produk Saat Pandemi Corona
10. Mengindentifikasi penjualan
Dengan semua data yang berhasil kamu kumpulkan, kamu juga dapat mengidentifikasi penulis media sosial yang paling berpengaruh. Ketika datang ke pemasaran online dan penjualan afiliasi, bertemu dengan penulis yang sempurna untuk itu adalah hal yang penting.
Tentu saja, itu seharusnya bukan satu-satunya kegiatan kamu ketika sudah mendapatkan penulis. kamu harus menyiapkan semacam syarat dan ketentuan untuk program kamu. Ini tidak hanya membantu kamu tetapi juga pasangan kamu, mereka akan tahu persis apa yang diharapkan. Dan usahakan hindari Bahasa hukum, gunakan bahasa gaul, dan kesederhanaan adalah kunci keberhasilan komunikasi.
11. Mengafiliasi dengan website terpercaya
Pikirkan tentang kualitas daripada kuantitas. Lebih penting untuk bekerja sama dengan satu blogger atau influencer dengan keterlibatan media sosial yang sempurna daripada membuat produk kamu terdaftar di sebanyak mungkin situs. Influencer dapat melakukan keajaiban untuk bisnis kamu, dan jika produk atau layanan kamu luar biasa, kamu pasti harus mencari beberapa kemungkinan kemitraan.
12. Kemungkinan untuk sukses
Tidak ada kesuksesan tanpa risiko. Pemasaran afiliasi adalah metode pemasaran yang menawarkan banyak kemungkinan untuk sukses. Kamu dapat menjangkau pemirsa baru, yang belum kamu ketahui sebelumnya. Jika kamu berencana untuk memperluas bisnis kamu, kamu dapat memeriksa pasar – lihat berapa banyak pelanggan potensial di sana. Itu mungkin sangat menarik jika kamu menawarkan produk yang sangat khusus dan tidak memiliki sumber daya untuk riset pasar. Ingatlah bahwa kamu tidak menanggung biaya iklan apa pun. Jika produk afiliasi tidak menjual blogger tidak akan mendapat komisi afiliasi. Dalam hal uang, risiko kamu diminimalkan.
13. Bisakah pemasaran afiliasi berhasil?
Untuk menjaga hal-hal sederhana, ya, itu bisa! Ini dapat membawa pendapatan kepada manajer afiliasi hampir tanpa biaya tambahan. Ini juga proposal yang menarik untuk merek, kamu bisa menjelajahi peluang pasar baru tanpa membebani biaya pemasaran tambahan. Untuk membuatnya bekerja, prinsip yang sama berlaku untuk kedua sisi partai. Pilihlah dengan bijak, dan kamu tidak akan menyesalinya.
The above writing was exceptional. I finally find it very exciting and I will certainly forward this to my buddies on the internet. Anyway, thank you for sharing this.