Dalam melakukan penjualan barang atau jasa, strategi pemasaran merupakan salah satu tahapan yang sangat penting untuk dilakukan. Pada tahap ini, biasanya akan dilihat apa saja keunggulan dari produk yang ditawarkan untuk memperkuat strategi pemasaran. Berbagai keunggulan tersebut bisa digunakan untuk melakukan pemasaran. Sebelum membeli sebuah produk, konsumen cenderung melihat kelebihan dari produk tersebut.
Dari karakter tersebut, bisa dilihat bahwa menekankan kelebihan yang dimiliki sebuah produk merupakan strategi pemasaran terbaik. Strategi pemasaran dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menunjukkan value sebuah perusahaan. Lebih lanjut mengenai cara pemasaran dan apa saja pengertiannya, berikut ini sudah kami bahas selengkapnya khusus untuk kamu.
Pengertian strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah sebuah cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meraih target yang telah ditentukan. Biasanya target ini merupakan target penjualan produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Penetapan cara penjualan akan didasari oleh berbagai logika pemasaran yang sejalan dengan visi misi sebuah perusahaan. Hal ini akan mencakup dasar pengambilan keputusan untuk menentukan bagaimana cara memasarkan produk dengan efektif sehingga target perusahaan dapat tercapai.
Trik penjualan yang efektif
Berbicara mengenai cara pemasaran, tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Mulai dari proses planning hingga pada proses penjualan, harus ada target atau objectives yang harus dicapai. Dari setiap poin tujuan tersebut, pihak pemasaran wajib memenuhi poin tersebut satu per satu. Dengan membuat strategi pemasaran efektif, hasil yang dicapai lebih optimal dengan target yang telah ditentukan. Cara pemasaran tidak harus selalu berpatok pada target penjualan. Olehh karena itu, kami akan bagikan beberapa contoh strategi pemasaran barang atau jasa yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan.
1. Media sosial
Dimasa seperti saat ini, tidak ada yang meragukan kemampuan dari media sosial. Banyaknya pengguna media sosial membuat platform ini sangat efektif untuk dijadikan sebagai salah satu cara pemasaran produk barang atau jasa dengan efektif dan cepat.
2. Key Opinion Leaders
Key opinion leaders merupakan cara pemasaran yang menggunakan jasa influencer atau orang yang dianggap berpengaruh untuk melakukan promosi. Setiap produk membutuhkan influencer yang berbeda dan telah disesuaikan dengan spesifikasi produk yang akan dijual.
3. Affiliate Program
Berbicara mengenai affiliate program, cara ini sebenarnya tidak jauh dari sistem kerjasama dengan jasa iklan perorangan atau dengan perusahaan lain. Dengan sistem kerjasama tersebut, kedua belah pihak akan saling mempromosikan produk yang akan dijual.
Baca juga: 25 Tips dan Cara Mencari Klien Dengan Social Media
4. SEO dan Blog
Mesin pencari atau search engine telah menjadi salah satu media penting untuk melakukan pemasaran. Dengan mengoptimalkan posisi sebuah iklan atau artikel pada mesin pencari, tingkat penjualan akan mengalami peningkatan karena target pasar dapat dipenuhi dengan cepat.
Strategi pemasaran produk
Strategi pemasaran produk merupakan cara untuk memasarkan produk yang tepat sasaran dan efektif untuk dilakukan. Pemasaran produk erat kaitannya dengan cara menjual produk untuk kalangan yang lebih luas. Agar pemasaran produk lebih efektif, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Berikut adalah 9 tips sukses strategi pemasaran produk dan jasa di era pandemi khususnya untuk meningkatkan daya saing sebuah produk.
1. Target pasar sebagai tujuan utama
Upaya pemasaran konten yang tidak memenuhi target dapat dikatakan sebagai pemborosan atau tidak efisien. Sehingga untuk mendapatkan pencapaian dengan target pasar kamu harus menyajikan sesuatu yang menarik bagi mereka.
2. Optimalkan promosi
Bila target pasar telah ditentukan, proses promosi harus dioptimalkan. Promosi akan menghasilkan output yang tinggi bila dilakukan dengan cara yang tepat. Penentuan cara promosi juga membantu untuk mencapai target penjualan.
3. Tingkatkan kualitas produk
Strategi pemasaran efektif dan cepat menuntut pihak produsen untuk meningkatkan kualitas produk. Konsistensi dan peningkatan kualitas dapat membantu memperbaiki hasil penjualan sebuah produk.
Baca juga: 15 Manfaat Positif Social Media untuk Bisnis
4. Berfokus pada solusi
Pelanggan mempunyai kecenderungan menemukan solusi yang mereka butuhkan dalam produk yang mereka beli. Jadi, jika produk kamu dinilai memberikan solusi atas sebuah permasalahan yang dihadapi, maka kamu telah mencapai 50% keberhasilan promosi.
5. Terapkan judul dan sub-judul
Kamu dapat menciptakan judul serta sub-judul yang provokatif untuk strategi pemasaran yang kamu pilih, baik konten artikel maupun video. Ciptakan ide atau gagasan yang memprovokasi, bisa juga ide ekstrem yang tidak terduga. Sehingga, audiens ingin mengetahui lebih lanjut atas promosi kamu dan bahkan melakukan pembelian.
6. Memuat pesan yang jelas
Menggunakan desain grafis dalam menyampaikan pesan memang menarik perhatian, namun masih terdapat berbagai macam cara untuk mengkomunikasikan pesan kamu. Promosi atau iklan bukanlah suatu hiburan atau seni, namun merupakan media informasi. Ketika membuat sebuah iklan, tentu saja pengiklan tidak hanya sekedar ingin memberitahu bahwa mereka kreatif. Mereka lebih ingin audiens tertarik dan membeli produk tersebut.
7. Sebagai alternatif, berikan pesan yang ekstrim
Kenyataannya adalah pemasaran ekstrim umumnya juga berhasil dalam pemasaran. Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka: “Begini Caranya Mendapatkan Pemasukan 500 juta Dalam Satu Minggu”, “Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10% Lebih Efisien”, dan lain sebagainya.
Baca juga: 10 Cara Membangun Digital Branding untuk Bisnis Kamu
8. Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutama dalam strategi content marketing yang sedang populer saat ini. Sederhananya, informasi yang ditawarkan sebagai insentif untuk kontak baru. “Kaitan” ini menjadi prospek! atur pemasaran kamu untuk komunikasi lebih lanjut.
9. Dapat menjawab keuntungan yang didapat calon pelanggan
Holiday Inn Express pernah mengiklankan bahwa motel mereka memiliki “showerhead nomor satu berdasarkan penilaian pelanggan.” Pernahkah kamu diminta untuk menilai sebuah shower? Holiday Inn menganggap ini penting untuk target pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Dengan mengikuti cara pemasaran seperti ini, usaha kamu akan lebih stand-out dibanding yang lain serta mengikuti keinginan dari calon pelanggan.
I would like to thank you for the endeavors you have made in writing this content. I am trusting the same best work from you in the future as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to start my own website now. Actually the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a fine representative of it.