Di era media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau LinkedIn, kadang-kadang pemilik bisnis berpikir bahwa memiliki situs website tidak perlu, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Website bagi perusahaan saat ini sangatlah dibutuhkan, apalagi di era pandemi COVID-19. Website diperlukan sebagai “basis rumah” di mana para pengguna dapat melihat profil usaha kamu serta menghubungi kamu kembali. Selain itu menurut VeriSign dalam surveynya menemukan bahwa 84% pelanggan yang disurvei mengatakan mereka percaya bisnis yang telah memiliki situs website ketimbang bisnis yang hanya memiliki halaman media sosial. Nah berikut ini akan kami jelaskan dan jabarkan 11 manfaat website bagi perusahaan di era pandemi COVID-19. Semoga mencerahkan kamu!
11 Manfaat website bagi perusahaan di era pandemi COVID-19
1. Membuat perusahaan terlihat profesional
Daripada hanya menjadi “toko offline” di ujung jalan, memiliki situs web (terutama yang dibuat dengan baik) akan memberi kesan bahwa kamu serius, dan siap untuk melakukan bisnis dengan semua jenis pelanggan. Hal ini juga memberikan kredibilitas yang disebutkan dalam hasil survei di atas. Buat kamu yang belum memiliki website, silahkan desain web di sribu untuk memiliki situs web pribadi.
2. Sebagai sumber daya informasi
Jika bisnis kamu berada dalam industri niche, memiliki situs website adalah peluang yang sangat baik untuk membangun reputasi kamu sebagai otoritas di bidang kamu. Buat bagian blog di situs kamu dengan artikel informatif yang memanfaatkan pengalaman kamu. Pelanggan potensial yang melakukan penelusuran web tentang masalah umum yang terkait dengan industri kamu akan lebih mungkin menemukan kamu, dan setelah mereka membaca artikel blog, mereka akan melihat betapa bermanfaatnya kamu bagi mereka.
3. Miliki nama perusahaan kamu sendiri
Membuat situs dan membeli nama domain (www.businessexample.com) membantu mempertaruhkan klaim kamu pada nama bisnis kamu, dan merupakan cara cepat dan mudah untuk meningkatkan identitas merek kamu. Kamu juga bisa mendapatkan email bisnis unik yang akan menambah rasa branding juga (yourname@businessexample.com). Dalam survei VeriSign 2015, 65% pelanggan mengatakan mereka menganggap email bermerek perusahaan lebih kredibel daripada bisnis yang menggunakan akun email umum.
Baca juga: 26 Tipe Kesalahan Yang Dapat Mematikan Bisnis Startup Di Era Digital
4. Meningkatkan peringkat SEO
Ketika kamu mencari online melalui mesin-mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo, kamu akan melihat daftar situs web dengan jawaban atas permintaan kamu. Ada taktik SEO (Search Engine Optimization) yang dapat kamu terapkan ke situs web perusahaan kamu untuk meningkatkan peringkatnya di mesin pencari tersebut.
5. Menghemat biaya percetakan
Katalog kertas dan brosur masih dapat membantu dalam situasi titik penjualan, tetapi bagaimana jika informasi barang berubah? Jauh lebih mudah untuk memiliki semua info yang relevan di situs website kamu, di mana akan jauh lebih murah untuk mengedit dan merevisinya. Kombinasi materi pemasaran cetak dan web kemungkinan akan menjadi cara yang paling hemat biaya ke depan.
6. Mencapai pelanggan di manapun mereka berada
Menurut sebuah studi tahun 2015: sekitar 43% dari populasi seluruh planet kita ini, lebih dari 3 miliar orang, memiliki akses internet. Di AS: sebuah studi dari Maret 2018 menemukan bahwa hanya 11% orang Amerika tidak menggunakan internet. Itu berarti bahwa kebanyakan orang Amerika memiliki akses internet, di semua demografi (termasuk pendapatan). Bahkan memiliki situs web dasar saja sudah sangat membantu. Bagi banyak orang, jika mereka tidak dapat menemukannya secara online, maka hal itu sama dengan tidak ada bagi mereka. Berada di web berarti dapat menjangkau orang-orang di tempat mereka berada. Termasuk menjangkau perangkat seperti mobile atau PC yang mereka gunakan.
7. Menyampaikan cerita kamu
Memiliki halaman website di situs kamu yang didedikasikan untuk menyampaikan informasi seperti “Sejarah Perusahaan” adalah cara untuk memanusiakan bisnis kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa “keakuan/keunikan” tentang suatu merek atau bisnis berpotensi meningkatkan pembelian. Di sinilah bisnis kecil bisa memiliki kekuatan langsung. Kamu bisa menjalankan bisnis keluarga yang dimulai oleh ibu atau ayah? Atau bahkan bisnis yang sudah ada selama beberapa dekade? Biarkan orang tahu tentang itu, dan bangun kepercayaan mereka.
Baca juga: 10 Langkah Pintar Memulai Bisnis Startup di Era Digital
8. Sebagai showroom 24/7/365
Jika kamu memiliki bisnis yang memiliki ruang terbatas untuk produk kamu, masalah kamu dapat diselesaikan dengan adanya sebuah situs web. kamu memiliki ruang yang hampir tak terbatas untuk mendaftarkan semua produk kamu sedetail yang kamu inginkan, dan pelanggan potensial dapat membacanya setiap saat. Bekerja dengan produsen dan distributor, kamu dapat memasukkan galeri foto berkualitas tinggi untuk produk. Showroom virtual kamu juga tidak perlu ditutup. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa pemilik perangkat seluler, terutama yang menggunakan tablet (seperti iPad), cenderung melakukan pembelian pada larut malam (mulai jam 9 malam dan seterusnya).
9. Meninggalkan kesan ekstra: Branding Tradisional + Situs Web
Tempatkan alamat situs website kamu di semua materi promosi yang ada (kartu nama, brosur, dan lainnya). Kamu bisa melihat peningkatan penjualan. Sebagai contoh: bahkan jika seseorang yang mengambil sepotong literatur produk tidak berencana untuk membeli segera, kamu telah menanam benih. Ketika mereka serius melakukan pembelian, materi kamu (dengan situs web kamu) ada di sana di bawah hidung mereka.
10. Membantu kamu melatih staf
Jika kamu telah meluangkan waktu untuk membangun situs web dengan info terperinci tentang produk dan layanan, kamu sekarang memiliki sumber informasi yang tersedia untuk kamu gunakan secara internal. Kamu dapat mengarahkan karyawan baru ke halaman web tertentu dan memberi mereka “pekerjaan rumah” membaca produk yang akan mereka jual.
11. Menciptakan pengembalian bisnis dengan selalu menjadi “Dapat Ditemukan”
Kartu nama dan brosur kadang-kadang bisa hilang. Yang lebih menarik lagi? Pelanggan dapat melakukan bookmark dengan menggunakan fitur yang ada di browser web pelanggan. “Bookmark” ini juga dapat membantu pengguna untuk menyebarkan ke calon pengguna lainnya, rujukan pelanggan ke pelanggan.