Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana sih orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik dan masuk FYP? Buat kalian sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu melihat platform ini sebagai peluang emas. Apalagi berdasarkan data Statistika, Indonesia merupakan negara kedua dengan pengguna TikTok terbanyak di dunia pada tahun 2020. Dengan pengguna aktif mencapai 22,2 juta. Wah banyak sekali, bukan? Pertanyaan sekarang, apa saja sih ide konten TikTok yang relevan dengan promosi bisnis apalagi untuk kelas UMKM? Biar kalian ga penasaran berikut ini akan kami bagikan 12 ide konten di platform TikTok untuk bisnis UMKM. Selamat mencoba!
Apa Itu TikTok?
Tiktok adalah salah satu aplikasi platform video musik dan sosial media yang berasal Tiongkok yang sedang trend saat ini dikalangan anak muda. Aplikasi Tiktok awalnya berisi konten video musik pendek yang menarik, dan sekarang menjadi platform video yang beragam dengan jumlah pengguna aktif di Indonesia sampai 10 juta pengguna lebih. Dengan statistik ini, sebagai seorang pebisnis kamu tidak boleh melewatkan Tiktok sebagai media marketing digital yang sangat efektif.
Apakah sebuah bisnis memperlukan akun TikTok?
Jika kamu adalah seorang pemilik perusahaan atau sebuah bisnis yang ingin berkembang cepat di era digital seperti sekarang ini. Kamu tidak boleh ketinggalan untuk membuat akun tiktok untuk bisnismu. Pangsa pasar pengguna TikTok yang sangat banyak dan aktif setiap harinya menjadikan aplikasi ini tidak boleh terlewatkan sebagai media marketing digital untuk sebuah perusahaan atau bisnis. Jika akun tiktok bisnismu ingin memiliki banyak view, follower dan like, kamu memerlukan konten tiktok yang menarik. Karena itu, kamu membutuhkan ide konten tiktok untuk bisnis.
12 Ide konten di platform TikTok untuk bisnis UMKM
1. Day in The Life
“Sebagai seorang pemilik bisnis UKM, kerjaannya apa aja sih?” Nah, kamu bisa menggunakan rasa penasaran dari orang-orang untuk dijadikan sebuah ide konten di TikTok bertema “Day in The Life”. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak orang yang “kepo” dan ingin tahu rutinitas orang lain, apalagi jika pebisnis. Bawa followers kamu merasakan bagaimana rasanya menjadi dirimu dalam sehari melalui video yang dibagikan. Perlihatkan hal-hal yang kamu lakukan setiap harinya. Tunjukan aktivitas rutin kamu misalnya menyiapkan produksi produk baru, merapikan dokumen kontrak, dan lainnya. Hal tersebut bisa membuat konsumen lebih mengerti apa yang kamu lakukan dan tentu membuat mereka lebih dekat dan mengenalmu sebagai pemilik bisnis.
2. Cerita sukses
Ide konten TikTok selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membagikan cerita inspirasif tentang bagaimana kamu menjalankan bisnis hingga bisa seperti sekarang. Hal ini berguna banget untuk memperkuat branding produk milik kamu. Selain itu, dengan konten seperti ini, kamu juga bisa memberikan motivasi kepada orang-orang yang juga ingin menjadi seorang pebisnis. Kamu bisa bercerita dengan menampilkan bagaimana keadaan bisnis UKM kamu dulu saat pertama menjalankan dengan sekarang. Biar lebih menarik, bisa juga ceritakan hal-hal yang membantu bisnis berkembang pesar.
3. Konten edukasi bisnis
Kalian juga bisa membuat konten yang menjelaskan manfaat dari setiap bahan di produk kalian ataupun bagaimana cara menggunakan produk kalian. Untuk ide konten ini kamu juga bisa membuat konten DIY ataupun life hack. Misalnya produk kalian merupakan produk kecantikan, maka kalian bisa mengedukasi para penonton dengan menjabarkan manfaat dari setiap bahan, alasan mengapa kalian menambahkan produk tersebut ke dalam produk kalian. Apabila produk kalian fashion, kalian bisa membuat sebuah konten bertemakan mix and match.
4. Launching produk
Ide konten TikTok untuk bisnis selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah launching produk. Jenis konten ini boleh kamu lakukan untuk mendapatkan kepercayaan customer terhadap produk agar mereka merasa ter-connected dengan produk yang mereka temui. Apalagi ini berkaitan dengan bisnis. Produk yang akan kita tawarkan haruslah menjadi sosok yang familiar bagi banyak orang sehingga nantinya calon pelanggan juga akan percaya. Dan untuk pintu kenalan tersebut bisa dibuka dengan menggunakan platform TikTok. Disini pelanggan akan dibuat penasaran saat melihat video singkat yang berisi spoiler produk. Tunjukkan performa produk tersebut dalam adegan yang terlihat mewah.
Baca juga: Bagaimana Cara Menjalankan Strategi Marketing Lewat TikTok?
5. Katalog produk
Saat kita berkunjung ke sebuah toko, hal pertama yang dicari yaitu katalog ataupun menu. Dulu katalog ada dalam bentuk kumpulan foto pada lembaran buku , poster yang tersimpan pada etalase. Kemudian untuk mengetahui isinya, kita harus membolak-balik. Dan itu merupakan cara yang lama. Sekarang kita bisa membuat katalog dengan konten TikTok yang menarik. Bagi kamu yang mempunyai bisnis fesyen maka bisa dengan menampilkan sedikit atraksi, misalnya dengan berganti baju pada setiap pergerakannya. Selain itu untuk lebih lengkap lagi bisa ditambahkan dengan teks agar konsumen bisa tahu variannya.
6. Proses packaging
Kalau bisnis UMKM kamu termasuk dalam bisnis online, maka ide konten TikTok yang satu ini juga menarik banget untuk dibuat loh. Sebagai pebisnis, kamu bisa menunjukan bagaimana proses kamu melakukan packaging sebuah produk hingga nantinya dikirimkan. Jangan lupa untuk tunjukan juga, barisan paket-paket yang sudah siap dikirimkan. Dengan konten seperti ini, konsumen juga jadi tahu bagaimana sih cara kamu sebagai pebisnis dalam melakukan pembungkusan dan pengiriman produk. Konsumen juga jadi lebih puas, karena tahu bagaimana kamu sebagai pebisnis memperlakukan produk yang mereka pesan. Hal ini, tentu bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kamu miliki.
7. Workspace tour
Ada salah satu ide konten TikTok untuk bisnis yang dipakai untuk mengakrabkan diri dengan orang lain, yaitu dengan mengundang orang tersebut untuk datang ke tempat produksi atau kantor usaha kamu. Ajak mereka untuk berkeliling secara virtual sambil melihat spot favorit yang tersedia di kantor kamu dan buat orang yang melihat video tersebut seakan-akan sudah mengenal separuh diri kita. Jadi jika ingin membuat calon pelanggan bisa mengenal bisnis kita maka lakukan workspace tour untuk dijadikan sebagai ide konten TikTok. Tunjukan ruangan kerja kita, cara menyusun inventori, spot kerja dan lain-lain. Apabila video tersebut berakhir maka persahabatan kamu dengan audiens pun akan dimulai.
8. Tutorial
Ide konten yang selanjutnya ini juga tidak kalah penting supaya orang-orang bisa lebih mengenal produk atau layanan bisnismu. Buat suatu konten video untuk menunjukan cara bagaimana menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga bisa menampilan life hacks tertentu, namun tentu tetap sertakan penggunaan produk atau layanan yang ditawarkan bisnismu. Dengan begini, konsumen akan lebih terbantu untuk mengetahui cara tepat menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Konten-konten berbasis edukasi produk seperti ini, harus secara sering dibuat, supaya konsumen lebih mengenal produk kamu. Buat konten dengan berbagai angle yang menarik namun tetap pada satu tujuan yaitu untuk menginformasikan bagaimana cara menggunakan produk atau layanan milik bisnismu.
Baca juga: 15 Manfaat Virtual Office untuk Para Pebisnis dengan Modal Minim
9. Proses Behind-the-Scene
Ide konten TikTok yang menarik berikutnya adalah proses behind the scene. Zaman sekarang, orang-orang tidak lagi masa bodoh dengan proses. Mereka mulai peduli dengan apa yang terjadi di balik produk yang mereka konsumsi. Maka dari itu coba deh untuk membuka “pintu dapur” kamu dan mulai ajak calon pelanggan masuk melihatnya. Tunjukkan bahwa kamu menggunakan bahan berkualitas juara dan memprosesnya dengan cara yang terbaik pula. Apabila kamu bergerak di bidang jasa, perlihatkan proses kamu memulai hari atau persiapan dalam menyiapkan alat bantu. Yang pasti konten TikTok yang menarik ini bisa kamu gunakan untuk bisnis apapun, mulai dari fotografi, souvenir, dan masih banyak lagi.
10. Business advice
Ide konten TikTok ini cocok banget kalau kamu sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam berbisnis. Semenjak pandemi berlangsung, bukan rahasia kalau banyak sekali orang-orang yang kemudian beralih menjadi seorang pemilik UKM. Nah, jangan pelit untuk membagikan tips, atau saran untuk mereka yang memang ingin memulai sebuah bisnis. Dengan melakukan hal ini, kamu sebagai pebisnis juga bisa meningkatkan personal branding, dan membuat orang mempercayai bisnis yang kamu jalankan karena memang mereka tahu kamu sudah profesional sebagai pebisnis. Kamu bisa memberikan masukan bagaimana cara menghadapi beragam masalah dalam bisnis, dan apa solusi yang bisa dilakukan. Lalu, informasikan juga kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan dan bagaimana mengatasinya.
11. Ucapan terima kasih
Selanjutnya kamu bisa membuat konten TikTok untuk mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang setiap padamu. Dengan begitu, para konsumen akan merasa lebih dihargai dan tentunya bisa meningkatkan loyalitasnya juga kepada bisnismu. Bila perlu, selain ucapan terima kasih, sisipkan juga kode promosi tertentu sebagai reward untuk para konsumen. Kamu bisa menggunakan konten ini, ketika anniversary bisnis atau di momen spesial lainnya.
12. Melakukan kolaborasi
Kalian dapat melakukan kolaborasi dengan influencer maupun pengguna TikTok lainnya yang menggunakan produk kalian. Manfaatkan fitur Stich yang ada pada TikTok. Kalian bisa langsung merespons konten dari pengguna lain ketika kalian menggunakan fitur tersebut. Kalian juga bisa memberikan tanggapan atas konten dari pengguna lain. Itulah 12 ide konten TikTok yang dapat kalian buat untuk membantu mempromosikan produk maupun layanan kalian. Jangan lupa untuk konsisten membuat konten di TikTok ya. Karena hal ini membantu kontenmu memiliki kesempatan lebih besar untuk sering muncul di FYP. Upload konten pada jam-jam sibuk juga ya.