Dengan adanya arus globalisasi yang semakin tidak terbendung, sudah pasti jika saat ini kita akan selalu bertemu dengan inovasi – inovasi baru dan teknologi yang tiada hentinya. Adanya teknologi baru ini tentunya juga harus dibarengi dengan kesemaptan yang merata untuk semua orang. Disisi lain, bagi para pelaku bisnis tentunya membutuhkan suatu inovasi agar dapat dengan mudah memasarkan produk mereka. Dari banyaknya teknologi baru, mungkin yang paling berperan sekarang adalah kehadiran marketplace yang kini sudah bisa dijadikan wadah untuk memasarkan produk, betul tidak?
Bagi kalian para pelaku bisnis yang sedang menekuni bisnis online baik itu dropship sekalipun, tentu ada sudah tidak asing ketika mendengar istilah fitur live streaming. Yeap, fitur tambahan dari berbagai aplikasi marketplace ini dkiranya banyak disukai oleh berbagai macam kalangan masyarakat di Indonesia karena memiliki keunggulan berupa interaksi hingga kemudahan menjual produk atau jasa dari sisi penjual. Nah untuk kamu yang belum terlalu familiar dengan fitur ini, berikut akan kami bagikan tips dan 12 cara meningkatkan bisnis UMKM dengan fitur live streaming.
12 Cara meningkatkan bisnis UMKM dengan fitur live streaming
1. Mudah melakukan interaksi
Salah satu dari keunggullan aplikasi marketplace saat ini adalah tersedianya fitur Live Streaming. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis karena dapat dengan mudah berinteraksi langsung dengan pembeli untuk mempromosikan barang ataupun produk mereka.
Selain itu, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Live Streaming adalah kalian dapat dengan mudah melakukan interaksi seperti sedang melakukan percakapan real time hanya dengan melalui handphone kalian masing – masing. Oleh karena itu, penggunaan fitur live streaming saat ini sedang marak digunakan oleh para pelaku bisnis agar dapat dengan mudah memasarkan produk mereka kepada pembeli seperti layaknya sales sedang menawarkan produk secara langsung kepada pembeli.
2. Menjangkau lebih banyak calon pembeli
Fitur live streaming ini juga bisa ditonton oleh massa atau para calon pembeli hingga berjumlah ratusan ribu penonton untuk per harinya. Banyak ulasan dari para pelaku bisnis yang menyatakan bahwa setelah menggunakan fitur live streaming, diduga bisnis mereka melejit dengan bertambahnya keuntungan sebanyak 3 kali lipat dari keuntungan sebelumnya serta menambah jumlah pengikut online shop sebanyak 15% setelah melakukan Live Streaming.
3. Tips agar ramai ditonton pembeli
Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah kalian harus berdandan rapi dan semenarik mungkin serta kenakanlah pakaian yang bagus. Tentu jika hal ini akan menjadi nilai tambah agar para penonton dapat tertarik menonton live streaming kalian. Untuk masalah kostum, pastikan pakaian atau kostum yang kalian kenakan tepat dan sesuai dengan keadaan. Jika kalian sedang ingin mempromosikan pakaian olahraga atau alat – alat olahraga saat live streaming, ada baiknya kenakan baju fitness bukan mengenakan baju tidur. Sangat lucu bukan apabila salah kostum?
4. Gunakan background video yang mendukung
Untuk yang satu ini juga patut untuk kalian perhatikan. Tentunya sangat wajib untuk kalian sinkronkan latar belakang antara produk yang ingin dipasarkan terhadap video live streaming kalian. Jika kalian ingin memasarkan produk berupa perabotan rumah tangga, ada baiknya didukung dengan background yang berkaitan dengan isi rumah ataupun perabotan rumah tangga, bukan toko kelontong atau rumah makan yang dijadikan latarnya. Jiak salah latar, ditakutkan nantinya penonton akan salah fokus saat menonton live streaming kalian.
Baca juga: 12 Ide Konten Di Platform TikTok untuk Bisnis UMKM
5. Gunakan pencahayaan yang tepat
Aspek yang satu ini juga tak kalah penting untuk menunjang keasrian mata para penonton saat melihat video live streaming kalian. Ada baiknya untuk menggunakan pencahayaan tambahan apabila dirasa video yang dihasilkan natinya akan menimbulkan efek gelap saat ditonton. Bagi kalian yang menggunakan gawai, kalian bisa menggunakan LED Flash untuk menunjang pencahayaan atau menggunakan ring light khusus.
6. Pilihlah angle atau sudut yang tepat
Agar nampak enak ditonton nantinya, ada baiknya untuk memilih angel yang tepat untuk live streaming nanti. Apabila kalian sedang mengadakan live streaming bersama teman – teman kalian untuk mempromosikan produk, maka ada baiknya pilihlah sudut yang pas agar nampak oleh para penonton siapa saja yang termasuk dan wajah – wajah mana saja yang ikut berbicara pada saat live streaming berlangsung.
7. Setting cerita yang menarik untuk ditonton
Langkah yang satu ini bisa dikatakan salah satu langkah inti yang dapat menunjang berhasil tidaknya live streaming kalian saat berlangsung. Agar dapat menarik banyak penonton, ada baiknya aturlah cerita apa nantinya yang akan kalian sampaikan saat live streaming berlangsung. Masukkan cerita yang menarik namun tidak keluar konteks atau tujuan utama yaitu untuk mempromosikan barang dagangan kalian. Misal, kalian dapat memasukkan cerita berupa kemudahan yang kalian dapat setelah menggunakan produk tersebut atau menceritakan cerita menarik tentang kiat – kiat life hack menggunakan produk yang kalian promosikan itu.
8. Ajaklah para penonton untuk berinteraksi
Agar nanti live streaming dapat jadi sangat menarik, ada baiknya untuk mengadakan interaksi sesekali terhadap para penonton live streaming. Selain itu kalian juga dapat membaca beberapa komentar yang tertera pada kolom komentar di live streaming kalian dari para penonton. Sesekali ajukan pertanyaan atau ajak para penonton untuk dapat aktif di kolom komentar saat kalian live streaming.
Baca juga: Bagaimana Cara Menjalankan Strategi Marketing Lewat TikTok?
9. Tampillah dengan ceria di depan para penonton
Nah, tentu kalian harus tampil ceria saat live streaming berlangsung. Jika kalian nampak lesu, tentu akan mengurangi rasa ketertarikan para penonton untuk menonton video live streaming kalian pastinya. Kalian harus nampak ceria dan bersahabat dengan para penonton. Sesekali menegur mereka dengan cara mengucapkan selamat pagi, selamat siang atau selamat malam kepada para penonton.
10. Promosikan melalui sosial media
Mungkin jadi pertanyaan umum adalah bagaimana mendapatkan banyak penonton untuk acara live streaming saya? Cara promosi seperti apa sih yang bisa memancing banyak orang untuk menghadiri live streaming yang kamu adakan? Kalau diperhatikan lagi, kebanyakan orang masih menghabiskan lebih banyak waktu di sosial media. Biasanya, kalau sedang tidak mencari produk tertentu, maka sosial media seperti Instagram lebih banyak dibuka. Nah, bayangkan saja kalau kamu hanya memasang pemberitahuan live streaming di marketplace saja. Tentu yang aktif di platform media sosial bisa tidak tau dan tidak bisa menghadiri live streaming tersebut.
Nah, lalu bagaimana? Disinilah pentingnya memanfaatkan berbagai platform dan media yang tersedia. Kamu memang menggunakan marketplace tertentu untuk memfasilitasi live streaming, namun tak ada salahnya menggunakan sosial media untuk jalur promosinya. Sebelum mengadakan event live streaming, pastikan kamu sudah menyiapkan template desain feed dan story untuk promosi di Instagram. Selain Instagram, tentunya sosial media lain yang paling banyak diikuti follower kamu bisa digunakan juga yah.
11. Pancing pembeli dengan rasa penasaran
Tips lain yang bisa kami sarankan dalam menggunakan fitur live streaming adalah dengan memancing rasa penasaran sebanyak mungkin orang, khususnya followerkamu di sosial media. Bagaimana caranya? Timing merupakan hal penting untuk memancing rasa penasaran. Kalau kamu sudah punya rencana mengadakan live streaming, coba beri teaser dan sneak peek nya. Tentu saja, timing yang tepat adalah 2 atau 3 hari sebelum live streaming dimulai.
Selain timingnya yang penting, kontennya juga tak kalah krusial, yah. Kreatifitas menjadi poin penting kedua yang tak bisa diabaikan begitu saja, nih. Kreatifitas konten inilah yang akan langsung merebut perhatian follower dan membuat mereka mempertimbangkan acara kamu untuk diikuti kedepannya lebih lagi. Jadi, sneak peek ini bisa dibuat sekreatif mungkin untuk memancing rasa penasaran. Membuat kesan misterius pada sneak peak juga dapat membuat follower kamu tertarik untuk mengikuti loh.
12. Pasang reminder atau countdown di Instagram
Di tengah segala kesibukan sebagai manusia, lupa adalah hal yang sangat lumrah dan sering terjadi. Apalagi, dengan banyaknya jadwal dan janjian yang mengisi agenda di rumah. Kalau kamu sudah memberikan sneak peak dan promosi di sosial media, langkah ini tak kalah penting. Walau kamu sudah memberikan informasi jelas tentang pelaksanaan live streaming, tak menjamin follower tak akan lupa loh. Sayang sekali dong, kalau sudah berhasil menarik perhatian tapi terlewatkan karena lupa jam pelaksanaannya saja. Beruntung, Instagram membuat fitur reminder ini jadi kamu tak perlu bingung atau ribet lagi, cukup pasang story dengan fitur reminder.