Apakah kalian termasuk pedagang yang percaya bahwa sebuah produk tidak hanya harus bagus namun juga dibarengi dengan yang mampu menarik hati? Jika iya, berarti kalian paham dan mengerti seberapa besar pentingnya memiliki strategi pemasaran. Hal ini karena di masa sekarang dimana bisnis online sudah berjamuran, pegadang perlu nilai lebih dari produk yang dijualnya, entah itu kepercayaan dari konsumen, testimoni, ataupun rekomendasi para pembeli. Jika sudah begini, kami yakin toko online kamu pasti mampu bersaing di sengitnya penjualan. Adapun bagi kalian yang belum memulai menjalankan strategi pemasaran saat berjualan online, berikut ini akan kami bagikan 10 strategi pemasaran toko online supaya laris manis. Selamat mencoba!
10 Strategi pemasaran toko online supaya laris manis
1. Maksmimalkan relasi
Punya jaringan pertemanan yang luas memang menguntungkan terutama menyangkut bisnis. Produk yang kalian jual punya kesempatan berkembang luas dengan memanfaatkan jaringan ini, terlebih jika antusiasme membeli produk yang kalian tawarkan terlihat bagus. Tapi sebagai permulaan, kalian bisa mengawalinya dengan menawarkan produk pada lingkaran jaringan yang paling kecil. Bisa itu teman dekat, keluarga, dan kerabat. Diihat dari situ, kalian bisa mengukur seperti apa reaksi konsumen di luar sana terhadap produk yang kalian jual.
2. Buat konten semenarik mungkin
Menjalankan bisnis di online shop tak cukup menyediakan produk yang bagus semata, lalu posting, dan posting setiap hari dengan cara yang sama, dengan bahasa seperti koran. Membosankan. Aktivitas yang sama tak cuma berlaku di website yang kalian miliki, tapi juga media sosial. Apa yang kalian jual dengan bahasa yang tidak menjual? Tak perlu bahasa provokatif dan imajinatif, yang terpenting mengena dan menarik perhatian. Bagaimana caranya membuat konten website menarik? Kalian jangan cuma jual produk, tapi isi konten dengan beragam artikel informatif. Misalkan kalian jualan produk aksesori motor, kalian juga sah-sah saja membagikan tips perawatan motor dan tips berkendara yang baik. Atau kalau kalian tak cukup mampu untuk itu, kalian bisa sewa jasa penulis artikel dengan mengoptimalisasikan mesin pencari. Jangan berhenti sampai di situ, kualitas foto dan video sangat berpengaruh terhadap kredibilitas web kalian. Usahakan foto berkualitas tinggi, tapi ukurannya jangan terlalu besar, atau nanti konsumen keburu pergi karena lama menunggu foto muncul.
3. Bergabung dengan situs marketplace
Strategi pemasaran toko online paling jitu adalah membuka toko di situs marketplace atau e-commerce. Kalian bisa bertemu ragam konsumen dari berbagai penjuru dan bersaing bersama toko sejenis yang memajang produk sejenis. Strategi marketing berlaku di sini. Tak hanya barang bagus, tapi kalian juga perlu mempercantik dengan kalimat yang menarik. Sehingga, di deretan produk dan toko sejenis, toko kalianlah yang jadi pusat perhatian.
Baca juga: 10 Tools Content Marketing Paling Bermanfaat untuk Pemasaran
4. Riset harga pasaran
Setelah itu, melakukan riset mengenai harga di pasaran merupakan cara jualan online yang juga perlu diketahui. Sebab, langkah ini tidak lain bertujuan untuk membandingkan harga pasaran mengenai produk yang berpotensi sebagai jalan kamu untuk memulai bisnis. Selain mengetahui harga pasaran, kamu pun juga dapat merencanakan strategi terbaru agar produk kamu memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Cara ini dapat dilakukan dengan melalui survey ke toko kecil maupun bisnis online orang lain.
5. Cobalah Google Adwords
Sebagai strategi pemasaran toko online supaya menarik minat konsumen, bergabung dengan Google Adwords terbukti paling efektif. Cara kerjanya adalah kalian memakai kata kunci berhubungan dengan produk yang kalian jual. Dengan begitu, saat calon konsumen mencari kata itu di Google akan muncul iklan produk kalian di halaman pertama Google bersama dengan artikel rekomendasi lainnya. Potensi menarik konsumen cenderung tinggi, karena konsumen mencari apa yang mereka cari.
6. Manfaatkan database konsumen
Kalau selama ini kalian dihubungi konsumen yang beli produk kalian baik lewat chat WhatsApp, IG, Facebook, atau alamat e-mail jangan pernah hapus kontak tersebut. Kalau kalian jeli, kalian bisa memanfaatkan jejak digitalnya sebagai konsumen di toko kalian. Dengan strategi pemasaran toko online ini, kalian bisa menghubungi kembali konsumen lama kalian seperti misalnya menawarkan produk atau jasa terbaru kalian. Kalau perlu, tawari mereka untuk mengaktifkan notif website supaya tahu update produk atau artikel terbaru.
7. Perbanyak pilihan produk
Konsumen pasti bosan dengan pilihan produk yang itu-itu saja. Hal itulah yang membuat kalian seolah tak pernah membaca tren dan lama-lama ditinggalkan konsumen. Jangan biarkan itu terjadi, strategi pemasaran toko online mengharuskan kalian menambah varian produk. Umpama kalian jualan sepatu, boleh jadi di awal bisnis kalian hanya memasarkan jenis sepatu sneakers. Otomatis pangsa pasar kalian hanya berhenti di peminat sepatu sneakers, sedangkan jenis sepatu ada banyak. Coba kombinasikan dengan sepatu kets, pantofel, dan lain sebagainya.
Baca juga: Inilah Manfaat dan Tahap Riset Pemasaran untuk Bisnis Rumahan
8. Ramah dan cepat dalam menjawab pertanyaan pelanggan
Meskipun deskripsi produk sudah ditulis secara jelas dan sederhana, tetap saja ada calon pembeli yang mengajukan pertanyaan. Umumnya, pertanyaan ini seputar ketersediaan barang, ketersediaan varian produk, atau produk apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Artinya, mereka sebetulnya sudah ingin membeli produk Anda, dan hanya membutuhkan sedikit informasi tambahan untuk bantu mereka memutuskan. Maka dari itu, kamu harus sigap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Jika kamu terlalu lama dalam menjawabnya, konsumen bisa dengan mudah berubah pikiran. Tak lupa, gunakan tata bahasa yang ramah dan hindari kalimat penolakan. Perasaan senang ketika dilayani dengan baik juga bisa semakin mendorong calon pembeli untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat.
9. Bangun jaringan reseller
Supaya produk kalian semakin laris manis di pasaran, cobalah membangun jaringan reseller. Pada praktiknya, reseller lah yang akan memasarkan produk kalian ke berbagai pasar masing-masing reseller dengan ketentuan pembagian keuntungan yang kalian sepakati bersama. Cara membangun reseller ini susah-susah gampang. Kalian bisa saja menawarkan jasa reseller ini pada konsumen aktif kalian, yang betulan ingin jualan, dan memang punya minat pada produk yang kalian jual. Saat sudah punya jaringan reseller, jangan terpaku hanya pada bagaimana meraih omzet, tapi bina reseller dengan pengetahuan marketing serta jalin kedekatan dengan jaringan yang kalian buat itu lewat aplikasi chat supaya tak mudah lari tanpa jejak. Tak cukup sampai di situ, reseller tidak kenyang jika hanya dicekoki komisi umum dan pengetahuan menggaet konsumen. Tapi pertimbangkan juga memberi reseller bonus atau reward jika telah melakukan prestasi penjualan sesuai ketentuan yang telah kalian tetapkan.
10. Gunakan trik penarik perhatian di website jual beli
Beda halnya dengan pembuatan konten marketing yang mengedepankan SEO, trik menarik dalam strategi penjualan toko online kalian lebih tertuju pada visualisasi. Bukan bermaksud membuat manipulasi, tapi lebih ke bagaimana memanfaatkan penglihatan konsumen pada ilusi. Ilusi di sini bukan ilmu yang dipraktikkan magician untuk menipu mata, tapi teknik pemilihan warna, gambar, dan frase tertentu dengan tingkat kontras yang mencolok. Bukankah yang kontras selalu menarik perhatian? Selanjutnya adalah teknik pemanfaatan tren yang digandrungi konsumen. Biasanya konsumen lebih suka mencari produk best seller. Kenapa terjadi? Sebab konsumen merasa aman di zona nyaman. Mencari produk tren di kolom best seller, membuat konsumen berada di kehidupan masa