Memiliki pelanggan setia adalah keuntungan bagi setiap pemilik usaha. Mengapa? Karena itu artinya produkmu akan mempunyai banyak peminat bahkan sebelum produk atau layanan terbaru kamu rilis. Pelanggan setia juga akan melakukan repeat order untuk setiap produk favoritnya di toko online atau lapakmu. Tentunya, semakin banyak pelanggan setia, bisnismu pun akan terus subur. Namun menumbuhkan loyalitas pelanggan di tengah pandemi COVID-19 atau situasi normal bukanlah hal yang mudah. Kamu tidak hanya perlu memberikan pelayanan terbaik, namun juga strategi yang tepat. Kira-kira hal apa saja ya yang perlu kamu lakukan? Yuk ikuti 10 cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan selama pandemi COVID-19. Selamat mencoba!
10 Cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
1. Memprioritaskan layanan pelanggan dengan lebih baik
Penilaian pertama terhadap perusahaan berawal dari pengalaman pelanggan saat melakukan pembelian pertama kali. Ketika perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang baik ketika pelanggan komplain, saat itu pula pelanggan akan menilai bahwa perusahaan kamu merupakan perusahaan yang memperhatikan pelanggan-pelanggannya. Oleh karena itu, jadikan pelayanan pada pelanggan sebagai prioritas perusahaan. Ketika semua pelanggan mendapatkan pelayanan yang prima, tentu pelanggan pun akan menjaga loyalitasnya untuk selalu menggunakan produk/jasa yang kamu tawarkan.
2. Transparansi terhadap konsumen
Jika ada kendala dalam layanan atau produk dalam bisnis kamu, informasikan masalah-masalah tersebut sedetail mungkin. Kurangi birokrasi yang menyulitkan konsumen kamu dan jelaskan masalah yang dihadapi. Jika kendala tersebut menghalangi performa kamu, akui kesalahan dan memohon maaf dengan sopan jika memang kesalahan tersebut berasal dari pihak perusahaan kamu. Dengan keterbukaan dan tanggapan yang sopan, konsumen akan merasa dihargai dan dapat menyelesaikan masalahnya dengan efektif.
3. Memaksimalkan pelayanan pelanggan
Pelayanan pelanggan yang baik akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik pula untuk pelanggan. Sebaliknya, pelayanan yang buruk akan merusak pengalaman tersebut dan membuat pelanggan menjadi enggan untuk berbelanja di lapakmu. Berikanlah pelayanan yang ramah dan helpful dengan menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan serta memberikan solusi yang mereka butuhkan. Kamu akan bisa membentuk reputasi yang baik untuk bisnismu melalui word of mouth pelanggan.
Baca juga: 10 Cara Membuat Konten Yang Bisa Menarik Perhatian Gen Z
4. Berkomunikasi dengan efektif
Komunikasi tidak hanya dilakukan saat melakukan transaksi saja. Kamu perlu tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai cara. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memberikan update seputar produk atau brand-mu. Jika kamu menggunakan website toko online sebagai platform jualanmu, kamu bisa menawarkan pelanggan untuk subscribe di mailing list-mu dan mengirimkan newsletter berisikan promo menarik atau katalog produk terbarumu. Pelanggan pun akan tetap update dan tertarik dengan produkmu.
5. Meminta saran, siap untuk mendengarkan dan berani bertindak
Pelanggan adalah bagian penting perusahaan yang dapat menemukan celah atau kekurangan perusahaan, produk maupun layanan. Oleh karena itu, Mintalah saran dari pelanggan-pelanggan kamu agar kamu dapat mengetahui apa saja kekurangan dari perusahaan kamu. Mendengarkan pelanggan dengan baik ketika mereka memberikan saran atau masukan. Jadikan kritikan positif sebagai motivasi bukan untuk dihindari. Jangan hanya bertanya dan mendengar, kamu juga harus berani mengambil suatu tindakan apabila ada saran/masukan positif dari pelanggan-pelanggan yang kamu miliki dan berpotensi memperbaiki perusahaan menjadi lebih baik.
6. Memberikan penawaran menarik
Berbagai promo dan penawaran menarik tentunya bisa meningkatkan loyalitas pelanggan! Kamu bisa menawarkan gratis ongkir, buy 1 get 1, atau potongan harga dari produk-produkmu. Kamu juga bisa menerapkan sistem poin, di mana pelanggan bisa mendapatkan poin dari setiap pembelian. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan produk atau potongan harga di pembelian selanjutnya.
7. Memunculkan produk baru untuk mencegah kebosanan
Jika produk yang kamu keluarkan selalu begitu-begitu saja, maka jangan heran jika loyalitas konsumen akan menurun. Itulah mengapa kamu perlu memunculkan produk baru yang akan mencegah konsumen bosan dan melirik produk baru dari pesaing yang ada. Sebagai contoh di masa pandemi ini, kamu juga bisa menawarkan produk yang berbeda tetapi masih sesuai dengan jati diri bisnismu. Misalnya kamu adalah pengusaha baju, di masa pandemi ini kamu bisa memberikan masker kain dengan tali masker yang unik agar permasalah yang tengah mereka hadapi di tengah pandemi COVID-19 bisa terlewati. Dengan begitu, pelanggan akan membeli dan menggunakan produkmu.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis
8. Memberikan reward atau freebie
Untuk pelanggan setia atau pelanggan yang sering memberikan review yang baik terhadap produkmu di media sosial, kamu bisa memberikan reward sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungan dan loyalitas mereka. Kamu juga bisa memberikan freebie atau bonus di pembelian mereka selanjutnya. Walaupun sederhana, reward bisa menumbuhkan rasa dihargai pada pelanggan.
9. Menggunakan fungsi membercard
Kamu bisa memanfaatkan keberadaan membercard untuk membuat konsumen terasa lebih diperhatikan kepentingannya. Membercard harus difungsikan untuk memberikan konsumen yang memilikinya mendapatkan keuntungan yang lebih dari yang tidak memilikinya. Akhirnya, konsumen akan selalu loyal karena keuntungan-keuntungan yang diberikan tersebut.
10. Beri pelatihan kepada pekerja
Untuk memaksimalkan kualitas pelayanan kamu, berilah pelatihan pelayanan konsumen untuk pekerja kamu. Berilah pendidikan bagaimana cara efektif dan profesional dalam melayani konsumen di berbagai skenario situasi. Selain itu, berikan juga edukasi SOP tata krama perusahaan serta etika untuk mempraktekkannya ke berbagai macam konsumen dan permintaannya. Terakhir, tanamkan juga pengetahuan tentang produk dan layanan yang diberikan bisnis kamu agar pekerja dapat merespon konsumen dengan cepat dan tepat.