Internet di era awal tahun 2000an turut membawa perubahan besar bagi perkembangan bisnis di tanah air. Kamu jadi bisa melakukan banyak hal dengan mengandalkan internet, mulai dari mencari referensi tren yang sedang digandrungi, melakukan strategi pemasaran online, hingga mendapatkan pinjaman modal usaha. Wow, luar biasa ya. Adapun buat kamu yang kini baru merambah dunia bisnis di masa pandemi, kita akan share ni 10 strategi pemasaran online yang efektif untuk mendukung bisnis kamu. Beberapa strategi marketing ini sangatlah efektif di Indonesia dan mudah diterapkan. Selamat mencoba!
10 Strategi pemasaran online yang efektif untuk mendukung bisnis kamu
1. Content marketing
Content marketing adalah strategi bisnis yang memberikan informasi tentang bisnis yang bersangkutan. Informasi tersebut bisa berupa sejarah produk, inovasi terbaru yang sesuai kebutuhan masyarakat, manfaat dan tips, tutorial merawat produk, dan masih banyak lagi. Strategi online marketing ini wajib dikemas secara menarik dengan format visual (infografis dan komik) dan audio visual (video ulasan dan iklan). Saat ini, para pebisnis modern semakin kreatif menyajikan content marketing dengan format berupa ulasan produk (unboxing) dan web series.
2. Visual marketing
Sebenarnya, visual marketing adalah pengembangan strategi content marketing dengan fokus pada konten visual. Minat baca yang minim di Indonesia membuat strategi visual marketing lebih efektif karena mudah dipahami dan bisa menjangkau seluruh kalangan usia dan juga lapisan masyarakatnya. Bisnis yang ingin menggunakan strategi visual marketing harus memiliki staf yang ahli di bidang desain visual dan editing video. Sehingga bisnis tersebut bisa memperlihatkan personal branding yang berkesan di mata masyarakat.
3. Mobile marketing
Hampir sama dengan visual marketing, mobile marketing juga merupakan hasil pengembangan konsep content marketing. Strategi marketing online yang satu ini membidik target pasar dari kalangan pengguna smartphone dan tablet PC. Ciri khas mobile marketing adalah tampilan konten yang mobile friendly, tepat sasaran, dan tidak terlalu kompleks sehingga nyaman disimak melalui perangkat mobile. Konsep visual mobile marketing juga dirancang sedemikian rupa supaya terlihat menarik dan membuat netizen betah berlama-lama mengakses informasi dari perangkat mobile.
Baca juga: 5 Jenis Ide Konten Instagram Menarik untuk Social Media Marketing
4. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah strategi pemasaran online menggunakan kata kunci tertentu yang banyak digunakan netizen di mesin pencarian. Hingga saat ini, SEO memegang peranan penting dalam meningkatkan popularitas bisnis. Contohnya, brand bisnis yang mengusung produk keripik pedas menggunakan kata kunci “manfaat makanan pedas” dan “keripik pedas murah” agar produknya muncul di halaman teratas pada mesin pencarian. Selain mengandalkan kata kunci tertentu, teknik SEO juga harus disertai dengan muatan konten yang relevan dan panjang teks yang memadai. Pada umumnya, konten yang memuat minimal 600 kata lebih mudah muncul di mesin pencarian dibandingkan konten yang muatannya lebih singkat.
5. Drip marketing
Drip marketing (juga dikenal dengan istilah continuous marketing) adalah strategi pemasaran bisnis yang kerap dilakukan secara perlahan-lahan dan butuh waktu lama, persis seperti menunggu tetesan-tetesan air. Strategi pemasaran online ini biasanya dilakukan melalui email dan media sosial. Tim marketing menyiapkan bahan untuk dikirim atau dipublikasikan secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama. Sehingga bisnis dapat membangun personal branding sekaligus menarik masyarakat untuk membeli produk atau jasanya. Contohnya, portal lowongan kerja online senantiasa menyajikan informasi ringan, kekinian, dan sesuai dengan tren yang sedang viral untuk menggugah ketertarikan generasi muda pencari kerja.
6. Native advertising (Native Ads)
Kemunculan iklan di halaman website memang menyebalkan. Itulah sebabnya inovasi berupa native advertising dihadirkan sebagai strategi marketing online yang tidak mengganggu kenyamanan netizen. Native advertising adalah strategi pemasaran berupa iklan yang ditampilkan dengan mengikuti format sesuai layout website atau media placement yang bersangkutan. Misalnya, website yang membahas gaya hidup wanita memuat iklan pembalut di bagian bawah website dengan desain banner yang sangat mirip dengan tampilan website tersebut. Native advertising merupakan revolusi besar di dunia periklanan karena tampilannya lebih menyerupai konten daripada iklan sehingga netizen lebih tergugah untuk mengetahui info selengkapnya tentang iklan tersebut.
7. Affiliate marketing
Ini adalah strategi pemasaran online yang saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan kamu akan berbagi keuntungan dengan pebisnis lain untuk setiap produk yang terjual. Pada umumnya seseorang akan bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog untuk melakukan pemasarannya. Iklan bisa berupa banner atau artikel review. Ketika pengunjung blog tertarik dengan produk kamu dan melakukan pemesanan, makan hasil dari penjualan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.
Baca juga: Kelebihan Setiap Platform Media Sosial untuk Kampanye Video Marketing
8. Influencer marketing
Ingin hasil yang lebih instan dan cepat dalam memasarkan produk? Kamu bisa mencoba menggunakan strategi pemasaran influencer marketing. Menurut Sprout Social, influencer marketing sangat efektif karena orang akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer favorit mereka daripada hanya sekadar melihat iklan saja. Beberapa kelebihan dari strategi pemasaran yang satu ini misalnya meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak target audiens, hingga meningkatkan kredibilitas brand. Meski begitu, dalam menerapkan strategi ini diperlukan perhitungan yang tepat. Selain dari penghitungan budget, proses pemilihan influencer juga harus diperhatikan.
9. Integrated digital marketing
Gabungan beberapa strategi pemasaran online dikenal dengan istilah integrated digital marketing. Bisnis yang menggunakan konsep integrated digital marketing biasanya memanfaatkan semua sumber daya digital, mulai dari blog, media sosial (Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok), kontak pribadi (WhatsApp), dan aplikasi lainnya. Sehingga netizen lebih mudah mengakses bisnis tersebut untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menyimak informasi, melakukan pemesanan, membuat ulasan produk, hingga menyampaikan komplain. Integrasi sistem pemasaran online secara tak langsung menunjukkan kalau brand bisnis tersebut sudah kredibel dan profesional dibandingkan kompetitor tanpa strategi yang sama. Di antara beberapa strategi online marketing tersebut, manakah yang sudah kamu terapkan untuk meningkatkan popularitas bisnismu? Jangan malas mengeksplorasi berbagai strategi online marketing supaya bisa memperoleh hasil terbaik.
10. Email marketing
Strategi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjalankan email marketing. Cara ini cukup efektif untuk mendatangkan dan menarik perhatian calon konsumen bahkan masih mendapatkan respon yang cukup baik. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan strategi pemasaran bisnis onlinemu dengan metode ini.