Adaptasi digital merupakan strategi penting dalam pengembangan usaha di era digital seperti saat ini, terutama bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melek terhadap transformasi digital, bagi sebagian dari pelaku UMKM akan mampu bertahan di era pandemi. Transformasi digital ini pun bisa dilakukan dengan beragam, mulai dari sistem pemasaran, penjualan, transaksi, hingga pada pelayanan yang disajikan. Platform yang tersedia untuk melakukannya pun ada berbagai macam, salah satunya yang kini masih populer adalah dengan menggunakan website. Meski banyak persepsi beranggapab bahwa website tidak terlalu berdampak bagi pelaku UMKM namun faktanya, pelaku UMKM yang memiliki sebuah website dapat memberikan kesan profesional dan lebih unggul dibanding kompetitornya. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa pelaku umkm perlu mempunyai website. Semoga membantu ya!
Inilah 10 alasan mengapa pelaku UMKM perlu punya website
1. Konsumen mencari bisnismu via online
Salah satu manfaat memiliki website untuk bisnis kecil adalah perusahaan bisa menjangkau konsumen di mana mereka berada. Saat ini, sekitar 97% orang menemukan bisnis lokal dengan online, dan 93% pengalaman online dimulai dari mesin pencari. Itulah sebabnya banyak pelaku bisnis merasa perlu untuk berinvestasi di situs web dengan SEO (search engine optimization). Percaya atau tidak, ada sekitar 3,5 milyar pencarian di Google setiap harinya, dan saat ini ada seseorang di wilayah kamu yang sedang online dan mencari layanan persis seperti yang kamu tawarkan. Jika tidak memiliki website, sudah bisa dipastikan mereka bukan konsumen kamu.
2. Keperluan menjawab pertanyaan dasar dengan cepat
Siapa kamu? Apa yang kamu tawarkan? Bagaimana saya bisa menghubungi kamu? Tiga pertanyaan dasar ini harus bisa terjawab dalam tiga detik setelah konsumen mendarat di situs web kamu. Itu artinya, situs web perusahaan kamu harus bisa menjawab setiap pertanyaan tersebut tanpa membiarkan pengguna menggulir ke bawah halaman sama sekali. Seperti diketahui, konsumen di zaman sekarang ini menginginkan informasi yang bisa mereka dapatkan dengan cepat dan situs website kamu harus bisa memenuhi harapan mereka.
3. Kemudahan akses sebuah website
Tidak seperti toko di dunia nyata yang hanya buka beberapa jam sehari. Sebuah website dapat diakses 24 jam dalam sehari bahkan 365 hari dalam setahun. Kamu dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan calon pelanggan untuk memperoleh dan melihat produk dan layanan kamu ketika toko offline atau kantor kamu tutup. Tidak hanya itu, dengan banyaknya fitur interaktif dan tambahan yang tersedia, pengunjung bisa langsung dapat menghubungi kamu, mendaftarkan diri untuk sebuah pelatihan, menyiapkan jadwal meeting, atau bahkan membeli langsung produk kamu melalui website.
Baca juga: New Normal Pada Bisnis: Hal Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?
4. Alat pemasaran yang hemat biaya
Website toko onlinemu akan tetap berjalan baik walaupun kamu sedang liburan, sibuk, tidur, ataupun saat kamu melakukan aktivitas lainnya. Artinya, website kamu akan terus memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan bahkan saat kamu tidak melakukannya secara langsung. Mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah website, akan memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis karena brand kamu akan terus ada dan relevan secara online. Website juga bisa diartikan sebagai media pemasaran untuk bisnis yang hemat biaya karena modal yang dikeluarkan tidak lah banyak.
5. Sebagai katalog dan portofolio
Sediakan halaman untuk katalog produk kamu dan portofolio kamu jika sudah ada. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi kamu di mata calon pelanggan. Dengan memasukkan galeri produk dan portofolio, calon pelanggan akan mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan. Pastikan juga untuk memasukkan testimoni dari pelanggan lain di setiap produk atau jasa yang ditampilkan di katalog dan portofolio. Hal ini tentu akan menguatkan niat calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.
6. Menarik pembeli potensial
Idealnya, sebuah website dapat menarik pembeli secara potensial hanya dengan mengunjungi website mu. Inilah mengapa website penting bagi pelaku UMKM. Tautkan call-to-action (CTA) pada halaman utama website toko online kamu dan letakkan pada lokasi-lokasi yang strategis. CTA yang kamu gunakan, bisa berupa ajakan untuk mendaftarkan email, membeli produk, memeriksa suatu produk baru atau promo yang sedang berjalan, dan lain-lain.
7. Website membantu mengalahkan “Goliath” dalam bisnis
Tahukah kamu bahwa jika memiliki situs website akan dapat membantu kamu untuk mengalahkan para Goliath dalam persaingan bisnis? Semua hal mungkin saja terjadi terutama jika kamu mampu mengoptimal situs web untuk pencarian. Sebagai contoh Villa Lagoon Tile yang tidak memiliki public showroom namun nyatanya mampu bersaing ketat dengan toko-toko besar dan bertahan berkat situs web mereka dan posisi mereka yang menonjol di halaman hasil pencarian.
Baca juga: Bekerja di Co-working Space? Pastikan 10 Hal Ini Terlebih Dahulu
8. Mengumpulkan data pelanggan
Dari leads yang didapat melalui website toko online mu, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai data pelanggan seperti nama, email, nomor telepon, maupun informasi lainnya yang dapat membantu kamu untuk terhubung dengan mereka. Di samping itu, kamu juga bisa mengetahui perilaku mereka seperti halaman yang sering mereka kunjungi, produk yang mereka sukai atau pernah beli, dan lain-lain. Memiliki data pelanggan akan memudahkan untuk memberikan mereka penawaran khusus serta bisa meningkatkan penjualanmu loh!
9. Meningkatkan kepercayaan
Memiliki sebuah website, akan membuat bisnismu terlihat lebih kredibel dan profesional. Sehingga, para calon pelangganmu pun akan semakin yakin untuk bertransaksi. Tanpa website, calon pembeli bisa menjadi ragu dan akhirnya menunda pembelian. Kamu bisa mengoptimalkan kepercayaan pelanggan dengan memasukkan review atau testimoni dari pelanggan.
10. Menjangkau pasar yang lebih luas
Dengan pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah, para pelaku UKM dapat melakukan pemasaran yang semakin luas dan tidak terbatas dimanapun meraka berada. Semakin luas pasar yang dimiliki maka semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Namun tentunya dibutuhkan strategi dan teknik lainnya agar website UKM dapat dikenal olah masyarakat luas secara online. Dan sudah banyak pelaku usaha UKM yang sukses merambah dunia online dalam mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki.