Jumlah kompetitor bisnis yang semakin banyak tentu membuatmu pusing menghadapinya. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat bisnismu berada di ujung tanduk. Kamu tetap bisa menerapkan strategi red ocean secara tepat agar bisnis tetap berjaya sekaligus memenangkan hati para konsumen. Lantas, apa yang dimaksud dengan strategi red ocean dalam bisnis? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini agar bisa menginspirasi kamu dan menghasilkan cuan besar.
Mengenal definisi strategi Red Ocean
Jika berbicara mengenai red ocean, maka dalam kondisi pasar yang seperti ini telah diperoleh berbagai batasan-batasan sekaligus dengan aturan-aturan akan persaingan yang telah diketahui sebelumnya. Bukannya salah untuk membangun sebuah bisnis dalam red ocean, hanya saja untuk mempertahankannya diperlukan berbagai cara jitu karena jika kamu kalah bersaing, maka secara otomatis kamu terlempar dari red ocean yang artinya tamat bagi bisnis kamu.
Hanya orang-orang yang berani mengambil resiko tinggi untuk bisa bertahan dalam zona keras ini dengan cara mengelahkan kompetitor. Memangsa atau dimangsa. Hanya dua hal itu yang terdapat dalam red ocean. Ketika sebuah ruang makin sesak dan dipenuhi oleh banyak orang, maka suplai oksigen pun berkurang karena menjadi rebutan dari orang di dalamnya. Namun, sebenarnya ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika menerapkan strategi ini, antara lain:
Baca juga: 5 Tips Sukses Dalam Membuat Produk Digital
a) Kamu tidak perlu sibuk mengedukasi masyarakat tentang kelebihan produk atau jasamu.
b) Gampang mempelajari kekurangan bisnis para kompetitor sehingga kamu bisa menyiapkan produk atau jasa yang lebih baik.
c) Terpacu mewujudkan inovasi terbaik agar tidak tertinggal dibandingkan para kompetitor.
Beberapa contoh keberhasilan strategi Red Ocean di dunia bisnis
Contoh kesuksesan inovasi yang merupakan perwujudan strategi red ocean di dunia bisnis, yaitu,
a) Maskapai Air Asia asal Malaysia dalam 1 dekade belakangan ini berhasil mengungguli persaingan ketat antar maskapai dalam kategori layanan tiket online yang terjangkau. Dalam menjalankan bisnisnya, para penumpang diberikan keleluasaan untuk bisa menentukan sendiri layanan yang dibutuhkan (misalnya memilih kursi atau tidak, mendapatkan fasilitas makan dan camilan, dan lainnya).
c) E-commerce asal China, Shopee berusaha memenangkan persaingan antar marketplace di tanah air dengan menghadirkan sejumlah inovasi dan promosi menarik, seperti Shopee Games, live chat, gratis ongkir, dan event diskon besar-besaran hampir setiap bulan.
c) Planet Ban menyediakan layanan servis motor rutin yang lengkap dengan harga terjangkau di tengah ketatnya persaingan antar bengkel motor.
Apa saja yang harus diperhatikan dalam menerapkan strategi ini?
Dalam persaingan bisnis yang berdarah-darah,pengusaha perlu memiliki kemampuan untuk ahli dalam berstrategy untuk memenangkan kompetisi yang kejam. Sistem Red Ocean merupakan sistem Zero Sum Game yaitu dimana ada yang menang pasti ada yang kalah, maka untuk membuat usaha yang lahan dan pelanggannya sudah ada perlu memilki suatu senjata untuk memenangkan peperangan atau menjadi pecundang yang hanya bisa bertahan atau bahkan tenggelam. Dalam hal ini, kami telah mempersiapkan beberapa strategi red ocean agar membuahkan hasil sesuai ekspektasi:
Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kolaborasi Bisnis Sebaiknya Dilakukan
a) Cobalah untuk mencari SDM yang berkualitas dan mampu bekerja secara bersinergi
b) Meminimalkan biaya produksi agar harga produk atau jasa semakin kompetitif.
c) Menonjolkan ciri khas tertentu sebagai personal branding bisnismu.
d) Memantau perkembangan bisnis para kompetitor secara rutin agar bisa mendapatkan pembelajaran berharga.
e) Memperluas pangsa pasar dengan menghadirkan berbagai inovasi produk sesuai kebutuhan dan selera masyarakat.
f) Berikanlah yang terbaik pada konsumen setia atau kemudahan dalam mendapatkan produk.
g) Jangan kalah sebelum bertanding jika kamu berencana menerapkan strategi red ocean, ya. Mari buktikan kalau bisnismu memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan bisnis para kompetitor.
Perencanaan strategy yang tepat juga sangat diperlukan untuk menghitung tingkat keberhasilan serta resiko yang mungkin akan dihadapi perusahaan di masa depan. Strategy untuk memenangkan peperangan di lautan yang berdarah perlu adanya senjata yang kuat untuk bertahan hidup dan menang. Tanpa adanya hal tersebut perusahaan akan tidak mampu untuk bertahan hidup dan bahkan tenggelam karena dalam sistem Red Ocean ada yang menang pasti ada yang kalah.