Saat ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah soft skill dan hard skill. Kalau hard skill, kita sudah banyak mendapatkan bekal dari bangku sekolah dan kuliah. Sementara untuk soft skill, kita bisa memupuknya melalui kelas-kelas nonformal yang kini banyak beredar dan ditawarkan melalui media sosial. Tapi bagaimana dengan life skill? Skill ini sejatinya sangat kita butuhkan untuk memaksimalkan hidup karena dengan adanya hal tersebut kita jadi lebih mudah menghadapi tantangan hidup dengan baik dan efektif. Nah buat kamu yang masih dalam tahap belajar, berikut ini kami akan jelaskan 10 life skill yang wajib dimiliki di dunia kerja pada tahun 2022. Selamat membaca!
Apa itu life skill dan hubungannya dengan dunia kerja?
Life skill merupakan kemampuan dan perilaku yang membantu kamu menghadapi peristiwa dan tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif. Keterampilan ini memungkinkan kamu menangani segala hal mulai dari interaksi dengan orang lain hingga mengidentifikasi dan memproses emosi. Orang dengan life skill yang kuat dianggap memiliki kedewasaan dan profesionalisme. Mereka yang memiliki kemampuan ini cenderung tidak reaktif dan mereka sadar akan lingkungan dan diri mereka sendiri. Keterampilan hidup sangat penting untuk posisi manajemen dan kepemimpinan.
10 Life skill yang harus dimiliki di dunia kerja pada tahun 2022
1. Berpikir kritis
Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan-tantangan yang baru. Karenanya, karyawan diharapkan mampu berpikir secara kritis untuk mengembangkan inovasi. Tanpa inovasi, sebuah perusahaan bisa gulung tikar akibat tersaingi perusahaan lain yang lebih inovatif.
2. Mampu berkembang di lingkungan virtual
Yang awalnya selalu bertemu secara langsung untuk rapat, di masa pandemi ini semuanya serba daring. Tidak jarang, kolaborasi dan komunikasi antar karyawan menjadi buruk selama WFH. Calon karyawan diharapkan mampu berkomunikasi secara aktif meskipun dalam posisi WFH. Mereka juga diwajibkan mampu menggunakan alat teknologi guna menunjang lingkungan kerja secara virtual. Karenanya, skill ini perlu dimiliki calon pegawai karena akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan.
3. Growth mindset
Secara harfiah, growth mindset berarti pola pikir yang berkembang. Dominique Farnan, HRD dari DotConnect melalui Forbes, mengatakan karyawan yang memiliki soft skill ini akan sangat dibutuhkan di perusahaan sekarang. Banyak hal berubah seiring berjalannya waktu. Dengan growth mindset, seseorang akan siap untuk belajar hal baru dan lebih fleksibel. Karyawan yang memiliki fixed mindset atau pola pikir yang sudah paten, cenderung sulit untuk berkembang dan menerima pengetahuan baru.
Baca juga: Inilah Perbedaan Antara Hard Skill dan Soft Skill Yang Perlu Kamu Ketahui
4. Membuat keputusan
Membuat keputusan adalah life skill yang penting baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Tingkat kepercayaan diri diperlukan untuk membuat keputusan yang tegas. Keterampilan pengambilan keputusan mencakup pemikiran kreatif, fokus, prioritas, dan manajemen waktu.
5. Berpikir kreatif
Apa artinya kreatif? Ketika kita mampu memandang atau melakukan sesuatu dengan cara yang benar-benar baru, saat itulah kita kreatif. Tapi masih ada pula faktor-faktor lain yang menentukan tingkat kreativitas kita, misalnya, mampu menciptakan ide-ide baru, sudut pandang yang fleksibel, originalitas, dan elaborasi dengan ide-ide lain.
6. Fleksibel
Banyak perusahaan dan karyawan yang kesulitan beradaptasi dengan sistem WFH selama pandemi. Namun, perlahan mereka terbiasa dengan sistem ini. Sistem WFH seperti sekarang ini bisa saja tiba-tiba berubah. Imbasnya, karyawan dituntut untuk kembali beradaptasi dengan sistem baru. Fleksibel manjadi skill utama dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Kemampuan ini memberikan banyak keuntungan pada instansi agar mereka bisa cepat bangkit dan berkarya.
7. Relasi interpersonal
Kecakapan interpersonal, termasuk keterampilan komunikasi tentang bagaimana kita berfungsi sebagai bagian dari tim, dan keterampilan negosiasi kita. Ketika berkomunikasi dengan orang lain, berlatihlah mendengarkan secara aktif dan kemudian ulangi apa yang telah dikatakan orang tersebut kepada kamu sebelum menanggapinya. Hal ini bentuk menghargai lawan bicara.
Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Menguasai Skill Public Speaking
8. Komunikasi yang efektif
Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting dalam semua bidang kehidupan. Kamu harus dapat berkomunikasi tidak hanya secara verbal tetapi juga melalui tulisan dan bahkan bahasa tubuh. Keterampilan komunikasi dapat mencakup mendengarkan secara aktif, berbicara di depan umum, keterampilan presentasi, komunikasi verbal, dan komunikasi tertulis.
9. Mengelola emosi
Dengan menguasai kecakapan pengelolaan emosi dapat membantu kamu bereaksi secara konstruktif terhadap orang atau peristiwa. Mempelajari cara mengelola emosi dapat bermanfaat bagi karir kamu dengan membantu untuk membuat pilihan yang rasional dan mengembangkan hubungan dengan orang lain.
10. Mengatasi rasa stres
Manajemen stres yang efektif membantumu memecahkan stres tertahan, sehingga bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, antara waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan secara langsung. Ada begitu banyak life skill yang penting, tetapi tidak kalah penting juga untuk diingat bahwa kamu sudah mengembangkan keterampilan ini sejak lahir. Terus belajar dan tumbuh merupakan bagian yang berkelanjutan dari proses menemukan dan mengasah life skill tersebut.
I wanted to thank you for this wonderful read!! I certainly loved every little bit of it. I’ve got you book-marked to check out new stuff you post…|