Strategi pemasaran bisnis sangat penting bagi para pengusaha pemula. Apalagi bagi mereka yang menjalankan bisnis rumahan dengan modal kecil. Tentu jenis strategi pemasaran berbeda, mencari yang lebih praktis, tidak perlu keluar modal banyak, namun menguntungkan dalam menciptakan permintaan hingga yang berujung pada transaksi. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk tersebut, baik secara online maupun offline. Namun kira-kira media apa saja yang masih relevan dan digunakan untuk pemasaran bisnis rumahan? Ketimbang kamu berpikir panjang, berikut ini akan kami bagikan 10 strategi pemasaran untuk bisnis rumahan yang bisa diterapkan. Semoga cara-cara ini bisa mengoptimalkan produk yang kamu jual sehingga pendapatan pun meningkat.
10 strategi pemasaran untuk bisnis rumahan yang bisa diterapkan
1. Memanfaatkan pemasaran media sosial yang berbayar
Memasarkan produk atau usaha rumahan melalui media online bukanlah hal yang baru lagi. Kamu bisa memulainya dengan membuat akun Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, whatsapp dan lain sebagainya untuk menjaring banyak konsumen. Cara yang satu ini sangat memungkinkan untuk mendapatkan respon dengan cepat. Bahkan dengan menggunakan pemasaran di media sosial yang berbayar, produk kamu dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Selain itu, kamu juga dapat memangsa pasar yang memang menjadi tujuan dari pengguna produk kamu. Menjalin hubungan lebih luas dan terukur tentunya akan memberikan kesempatan lebih baik bagi pemilik bisnis rumahan.
2. Dari mulut ke mulut
Sebagai langkah awal memasarkan produk bisnis rumahan memang bukan hal mudah. Jika tidak ada modal untuk memasang iklan di media sosial, biasanya para pemilik bisnis rumahan memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut. Yang bisa kamu jadikan target pasar adalah, teman, keluarga, tetangga, bahkan rekan kerja. Mulai dari orang terdekat tersebut kamu sebagai pemula bisnis bisa mendapatkan kritikan serta masukan untuk mengembangkan bisnis rumahan yang kamu jalankan.
3. Pakai jasa endorsement
Bagi skala bisnis rumahan yang sudah masuk kategori usaha kelas menengah (UKM) dan cukup besar pangsa pasarnya, kamu bisa maksimalkan promosi dengan budget khusus yaitu memakai jasa endorsement kelas mikro, seperti mengajak content creator atau influencer lokal untuk memasarkan produk kamu. Cara ini sudah pasti cukup efektif dan tepat sasaran, karena jasa endorsement, seperti video testimonial produk mampu mendobrak angka penjualan hingga berkali-kali lipat. Tapi karena biaya promosi ini tidak murah, kamu harus selektif dalam memilih kandidat agar target tercapai.
Baca juga: 10 Keuntungan Yang Didapatkan Jika Menggunakan Paid Ads untuk Bisnis
4. Mengikuti berbagai bazar
Bisnis rumahan tidak akan berkembang ketika kamu hanya duduk diam dan tidak beraksi apapun. Salah satu contoh aksi yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan produk kamu adalah sering mengikuti sebuah acara pameran atau bazar. Disana kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan dan memamerkan produk hasil olahan rumah kamu. Entah itu berupa produk makanan atau produk kerajinan. Acara itu sendiri bukan hanya bisa membantu meningkatkan penjualan kamu, namun juga menjaring banyak relasi untuk diri kamu dan bisnsi kamu sendiri.
5. Distribusikan secara putus ke toko-toko
Jika memang dirasa perlu dan harus, kamu bisa mendistribusikan produk rumahan kamu ke toko – toko yang ada. Namun, sebelum kamu memulai untuk memasarkan ke toko, cobalah pahami bagaimana karakter pembeli yang ada di toko tersebut, apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan, serta bagaimana pengaruhnya kepada bisnsi kamu nantinya. Usahakan untuk mendistribusikan ke toko – toko yang berada jauh dengan lingkungan rumah kamu. Selain kamu juga bisa menjualnya secara terputus agar tidak perlu memusingkan berapa jumlah produk yang tidak terjual.
6. Jual lewat marketplace
Kemudahan berbisnis di era modern ini berbagai fasilitas untuk berjualan disediakan dengan mudah dan gratis. Seperti media yang satu ini yakni marketplace. Platform ini menyediakan tempat secara gratis bagi para pebisnis untuk menjajakan dagangannya tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Tentunya dengan adanya pilihan ini, kamu dapat langsung berjualan dan bertemu dengan pembeli secara virtual tanpa harus pusing memikirkan lapak yang akan digunakan atau binggung karena tidak memiliki alat pembayaran.
7. Radio
Salah satu media konvensional yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan sebagai pemilik bisnis rumahan adalah radio. Meski media yang satu ini teribilang jadul, meskipun sekarang ini banyak yang beralih dan lebih tertarik pada media sosial. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba memasarkan di radio. Tentu tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan target pasar karena pendengar radio saat ini masih dibilang cukup banyak meskipun tak sebanyak dahulu. Dengan memasarkan dengan sistem ini tentunya bisa menjangkau berbagai penjuru daerah.
Baca juga: Ini Dia 10 Keunggulan Instagram Shopping untuk Bisnis Online
8. Blog
Salah satu media yang bisa digunakan untuk memasang iklan adalah dengan memasang iklan pada blog. Saat ini banyak para masyarakat yang tergantung pada google untuk mendapatkan berbagai informasi. Maka kemungkinan besar mendapatkan target pasar melalui blog akan lebih besar. Apabila kamu memiliki website bisnismu maka bisa langsung terhubung dengan websitemu. Dengan begitu kamu dapat menjaring banyak target pasar.
9. Youtube
Strategi pemasaran bisnis yang selanjutnya dengan menggunakan Youtube. Media ini menyediakan fasilitas video untuk mengekspresikan diri. Youtube menjadi salah satu media yang sangat digemari oleh berbagai usia, golongan dan jenis kelamin. Tentu dengan memanfatakan media yang satu ini target pasar akan lebih besar dan jangkauannya lebih luas. Untuk itu disarankan agar mempergunakan media yang satu ini sebagai media promosi.
10. Email marketing
Terakhir, salah satu media ini mungkin terihat kurang menarik digunakan untuk melakukan promosi dibandingkan dengan media yang lainnya. Namun jangan salah jika email marketing ini memiliki kekuatan yang cukup bagus untuk mempromosikan secara online. Email marketing merupakan sumber terbesar untuk menawarkan promosi bahkan penawaran produk pada konsumen.
I have bookmarked this blog because I discovered it distinctive. I would be really interested to know more information on this. Thanks!