Media sosial yang di miliki Facebook, Instagram kiranya memiliki fitur yang bisa menunjang pemilik bisnis dan brand yang ingin terus maju. Fitur yang kami maksud adalah dengan fitur bernama Instagram Shopping. Mungkin banyak dari kalian yang belum tau, namun kehadiran fitur ini adalah respons dari Instagram yang melihat begitu tingginya minat user yang memanfaatkan platform tersebut untuk memulai jualan online, mulai dari produk seni, ilustrasi, hingga yang berbentuk pakaian jadi. Nah di dalam Instagram Shopping sendiri, kamu bisa menemukan berbagai fitur keren lainnya yang akan memudahkanmu melakukan penjualan. Mulai dari Shopping Tag, Shopping Ads, dan masih banyak lagi. Tapi meski begitu ternyata masih ada banyak pemilik bisnis yang ragu menggunakan fitur ini. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, coba deh intip dulu ni 10 keunggulan Instagram shopping untuk bisnis online. Siapa tau kamu berubah pikiran kan?
10 Keunggulan Instagram shopping untuk bisnis online
1. Bisa menjangkau audiens dengan lebih luas
Sudah nggak diragukan lagi, Instagram adalah salah satu platform media sosial yang cukup populer dan banyak digunakan sekarang ini. Di luar kebutuhan pemakaia untuk bersosialisasi, Instagram juga telah menjadi tempat untuk belanja berbagai produk maupun brand-brand terkini. FYI, ada sekitar 70% pengguna yang hobi online shopping di Instagram loh dan perlu kamu ketahui, di Indonesia sendiri pengguna Instagram mencapai angka 59,8 juta. Luar biasa banyak kan? Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Masa angka pengguna sebanyak ini tidak kamu manfaatkan?
2. Semakin mudah menemukan produk
Jika sebelumnya kalian melakukan pencarian suatu produk dengan memanfaatkan hashtag kini dengan adanya Instagram Shopping akan jauh lebih memudahkan dalam mencari produk. Fitur Instagram Shopping yang berada pada menu navigasi utama kiranya sangat efisien untuk kalian yang sedang benar-benar mencari berbagai produk yang ada di Instagram. Menggunakan fitur Instagram Shopping ini juga sama mudahnya dengan menggunakan platform e-commerce loh karena kalian dapat tinggal mengklik tag atau label produk yang ada dalam foto untuk mendapatkan detail dan harga produk. Gimana, menarik bukan?
3. Proses jual beli jadi lebih sederhana, cepat, dan singkat
Seringkali kelemahan berbelanja di Instagram adalah karena proses jual beli yang terasa panjang dibandingkan pada e-commerce. Nah lewat Instagram Shopping ini, kalian akan merasakan tuh yang namanya proses jual beli yang sangat singkat. Hal ini karena kalian tinggal klik produk yang diinginkan dan dapat langsung melihat harga serta deskripsi produk secara detail. Apalagi pada fitur Instagram Shopping ini juga akan terintergrasi dengan website penjual sehingga dapat dengan mudah melakukan pembelian. Jadi pembeli bisa mengordernya tanpa harus keluar dari aplikasi Instagram.
Baca juga: 10 Ide Konten Instagram Bisnis yang Mendongkrak Penjualan
4. Mendorong visual marketing
Visual marketing adalah penggunaan gambar dan video yang menarik untuk pelanggan mencari tau produk lebih mendalam. Cara ini menjadi salah satu cara untuk marketing era baru karena memanfaatkan visual yang lebih menarik bagi para pengguna. Adanya Instagram Shopping ini, kalian dapat memaksimalkan visual untuk membuat unggahan yang menarik dan bisa langsung dibeli oleh calon pelanggan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan penjualan bagi kalian yang menggunakannya sebagai bisnis. Untuk kalian para pembeli juga akan dimudahkan dengan visual marketing ini. Kalian dapat lebih mudah melihat detail produk yang ingin dibeli dengan memerhatikan gambar serta video yang diberikan.
5. Menaikkan traffic website
Ini dia, nih, keunggulan Instagram Shopping kelima yang harus kamu tahu. Selain meningkatkan penjualan langsung di aplikasi, dengan fitur ini kamu juga bisa mengarahkan target konsumen ke situs website online shop-mu ketika mereka melihat postinganmu di Instagram. Di sini artinya, traffic atau jumlah audiens yang mengunjungi website toko online-mu bakalan meningkat drastis. Dan yang lebih penting daripada itu adalah tingkat kepercayaan audiens pada toko online yang punya situs website akan meningkat.
6. Meningkatkan engagement dan konversi penjualan
Salah satu tujuan paling penting dan utama dari penggunaan Instagram Shopping adalah meningkatkan engagement pengguna dan penjual. Bagi kalian yang merupakan seorang pelaku bisnis pastinya sangat mengharapkan ini. Membuat unggahan di Instagram menjadi unggahan yang dapat dibeli dan membantu pengguna mempercepat niatnya untuk membeli secara instan. Misalnya ketika ada pengguna yang tertarik untuk membeli hanya perlu mengklik unggahan foto atau video produk kemudian mereka akan mendapatkan semua detail tentang produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang akan meningkatkan interaksi.
7. Memberikan lebih banyak wawasan
Tidak seperti akun pribadi, akun Instagram shopping memiliki fitur insight atau wawasan. Wawasan bisa digunakan untuk mengawasi statistik jumlah pengikut, kiriman, jumlah tayangan, jumlah klik situs, total klik surel dan telepon, impresi profil, hingga jangkauan profil kamu. Kamu juga dapat mengecek siapa saja yang berkunjung ke profil berdasarkan jarak usia, gender, serta wilayah. Selain itu, jumlah suka, komentar, dan kiriman yang disimpan oleh pengunjung profil. Dengan begitu, kamu dapat menentukan strategi pemasaran yang selanjutnya.
Baca juga: 5 Jenis Ide Konten Instagram Menarik untuk Social Media Marketing
8. Fitur kontak dan alamat
Satu hal lagi yang membedakan akun pribadi dengan akun bisnis Instagram shopping adalah terdapat informasi kontak dan alamat di bawah biodata profil. Kamu bisa mengubahnya di peraturan akun dan mengisinya sesuai kebutuhan. Ada alamat email, nomor telepon atau ponsel, alamat bisnis, hingga tombol tindakan. Alamat bisnis akan disertai petunjuk arah yang dapat memudahkan pengunjung untuk mencari lokasi bisnis. Ada pula tombol tindakan yang menghubungkan akun bisnis dengan layanan daring yang kamu miliki. Dengan tombol ini, pengunjung dapat dengan mudah melakukan transaksi langsung melalui profil Instagram bisnis kamu.
9. Mendorong creative marketing
Tidak hanya merubah pandangan orang tentang cara membuat produk dengan visual yang menarik, kehadiran Instagram shopping kiranya juga mengajak para pebisnis untuk membuat konten dengan tingkat kreatif yang berbeda. Hal ini dikarenakan produk kamu tidak hanya akan bersaing secara lokal namun juga dalam skala internasional. Ada banyak sekali brand-brand ternama dari seluruh negeri yang aktif berjualan di platform milik Facebook ini. Jadi jangan takut untuk tampil berbeda, apalagi memperlihatkan ciri khas kamu sebagai brand dari daerah atau berasal dari Indonesia!
10. Promosi lebih mudah dan beragam
Last but not least tentang Instagram Shopping adalah pilihan berbagai fitur yang dijamin akan membantumu sebagai pemilik toko untuk promosi dalam banyak cara dan format. Mulai dari melalui konten foto, video, live di Instagram Story, postingan Reels hingga IGTV loh. Cara promosi lainnya adalah dengan beriklan lewat fitur Shopping Ads atau kamu juga bisa menggandeng influencer melalui fitur Shopping for Creators loh.