Dalam dunia bisnis, iklan berperan penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Kamu mungkin memiliki produk atau layanan yang hebat, tetapi tanpa kemampuan untuk menunjukkan kepada orang lain, tentunya perusahaan atau produk kamu tidak akan dikenal oleh orang banyak. Nah seiring berkembangnya pemakaian internet, hadirlah yang dinamakan digital marketing. Dari dunia tersebut terciptalah pemasaran melalui internet atau media digital yang tampilannya sangat beragam, mulai dari digital campaign yang menerapkan strategi social media marketing, influencer marketing, hingga iklan berbayar atau paid ads pada sebuah platform tertentu. Nah buat kamu yang baru mengetahui atau mungkin berpikir untuk terjun ke ranah digital marketing, berikut ini akan kami jelaskan 10 keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan paid ads untuk bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya.
10 Keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan paid ads untuk bisnis
1. Paid Ads bisa menjadi solusi singkat untuk organic reach
Jika kamu menggunakan Paid Ads, konten kamu yang bertujuan untuk meningkatkan brand kamu dengan penargetan spesifik dan mendapatkan arahan yang lebih berkualitas akan lebih cepat tercapai. Jika situs kamu tidak berada pada halaman pertama Google untuk search query, maka paid ads memungkinkan kamu untuk menempatkan iklan untuk kata kunci dan mendatangkan traffic berkualitas tinggi ke situs kamu.
2. Pendukung SEO
SEO perlu waktu yang cukup lama untuk meningkatkan traffic secara organik. Menggunakan iklan berbayar dapat membantu situs web kamu menempati posisi teratas di mesin pencari selama kamu bersedia membayar layanan ads ini. Perlunya riset keyword untuk SEO juga dapat didukung oleh iklan berbayar karena kamu jadi mengetahui keyword mana yang berperan untuk menghasilkan banyak pengunjung dan mengembangkan strategi untuk memperoleh traffic yang lebih baik.
3. Paid Ads lebih terjangkau atau terukur
Saat menggunakan Paid Ads biaya yang dikeluarkan akan lebih terjangkau dan terukur. Mengapa? Kamu dapat menetapkan anggaran harian serta total anggaran untuk kampanye sesuai dengan budget kamu, karena kamu hanya perlu membayar sesuai dengan tujuan atau jenis iklan yang dijalankan. Misalnya, jika sasarannya adalah traffic website maka kamu akan dikenakan PPC biaya per klik, atau jika tujuannya adalah brand awareness, kamu akan dikenakan PPV Biaya Per 1.000 Tayangan. Sebaiknya tentukan budget lalu setting ads yang diinginkan sesuai dengan platform pada produk kamu.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online Yang Praktis dan Bisa Kamu Terapkan
4. Biaya terkontrol
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kamu dapat mengatur biaya pemasangan iklan dengan menggunakan Paid Ads. Mulai dari nominal kecil sampai nominal sangat besar, semua tergantung kebutuhan produk kamu. Melakukan promosi digital menggunakan Paid Ads menjadi solusi agar bisnis kamu tidak over budget.
5. Paid Ads memiliki fitur targeting
Saat memasarkan iklan, kamu dapat menjangkau audiens yang sangat luas dan besar. Namun dengan menggunakan Paid Ads, kamu bisa mempersempit target audience kamu, sehingga target yang dituju dapat lebih spesifik sesuai yang kamu inginkan. Paid targeting bisa sangat spesifik dan memungkinkan untuk menjangkau audiens yang relevan yang tertarik dengan bisnis dan sesuai dengan demografi buyer personamu. Kamu juga bisa melakukan analisis audiens untuk mengidentifikasi faktor-faktor umum seperti kata kunci, lokasi, demografi, jabatan, minat, dan topik umum. Kamu dapat menggunakan semua informasi tersebut untuk mempersempit target kampanye, tentunya kamu juga bisa mendapatkan lead yang lebih berkualitas.
6. Bisa melakukan pengulangan panggilan khusus
Paid targeting juga bisa sangat spesifik dan memungkinkan kamu untuk melakukan penargetan ulang untuk terus melibatkan calon pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan kamu. Dengan melakukan cara ini, kamu secara konstan berada di benak pelanggan potensial. Namun sekali lagi, lihatlah analitik di semua platform digital kamu dan analisis audiens untuk mengidentifikasi faktor-faktor umum seperti kata kunci, lokasi, demografi, jabatan, minat, dan topik umum sebelum melakukan penargetan ulang.
7. ROI lebih maksimal
Return on investment (ROI) lebih besar karena PPC hanya akan mendatangkan konsumen yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa tertentu. Semakin aktif terjadi transaksi pembelian, ROI otomatis akan semakin tinggi.
Baca juga: 9 Tips Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa di Era Pandemi
8. Menyebarluaskan pesan lintas platform
Saat ini, hampir semua platform social media telah menyediakan paid ads. Media sosial dan mesin pencari seperti Google, Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, hingga Reddit pun sudah memiliki penawaran Paid Ads. Adapun dari banyaknya platform tersebut, kamu bisa memilih salah satu agar sesuai dengan kebutuhan, brand, hingga key messages yang ingin dihadirkan secara konsisten untuk usaha kamu. Namun yang menarik, data yang dihasilkan dari setiap iklan bisa kamu ulang dan sebar luaskan ke berbagai lintas platform. Hal ini dikarenakan adanya benang merah yang sama yang kerap di hadirkan oleh masing-masing platform tersebut, yaitu komunitas global.
9. Paid Ads memiliki kontribusi dengan goal bisnis
Paid Ads juga dapat membantu kamu dalam mencapai banyak tujuan bisnis dan pemasaran. Selain itu, Paid Ads menjadi solusi untuk menambah traffic kunjungan ke website sehingga dapat berpotensi tercipta tujuan penjualan. Kemudian, dengan adanya Paid Ads juga dapat menjadi “jalan tengah” untuk menjembatani informasi pada konten umum dan juga penjualan yang ada di website. Terakhir, Paid Ads dapat menjadi support di berbagai bagian dalam sales funnel dan prospek kamu, sehingga berpotensi mengubah dari ‘cold market’ menjadi ‘hot market’.
10. Kaya akan data marketing
Meskipun ada banyak data dan informasi yang tersedia di sistem Google Ads, tapi hasil informasi yang nyata setelah di jalankan dengan model iklan PPC akan lebih efisien pada bisnis kamu. Hal ini karena Paid Ads memadukan tayangan, klik, dan konversi untuk setiap kata kunci yang dapat digunakan untuk strategi SEO dan upaya dalam membangun content marketing kamu.