Strategi marketing merupakan cara yang digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menawarkan produknya dengan cara yang kreatif baik secara online maupun offline guna untuk menarik konsumen. Memasuki penghujung tahun 2021, sebagian besar pelaku usaha pastinya sudah mulai mempersiapkan resolusi strategi pemasaran untuk menghadapi adanya perubahan trend pasar di tahun depan. Kalau setahun terakhir pasar di Indonesia mulai mengalami peralihan dari pasar konvensional ke pasar digital, kira-kira tahun depan pergeseran seperti apa yang bakal terjadi? Inilah yang membuat banyak pelaku usaha mulai memprediksikan ke mana arah trend pasar di tahun 2022. Agar dagangan yang kamu pasarkan bisa tetap laris manis di tahun depan, setidaknya ada strategi marketing yang disinyalir bakal efektif menjaring banyak konsumen. Berikut ini adalah 10 strategi marketing yang bisa bikin dagangan laris di tahun 2022. Selamat mencoba!
10 Strategi marketing yang bisa bikin dagangan laris di tahun 2022
1. Strategi marketing influencer
Menggunakan strategi marketing influencer untuk mengubah prospek menjadi pembeli. Sekarang ini konsumen sudah lebih cerdas dan cermat dalam memilih produk, untuk membangun hubungan emosional antara pemilik brand dengan pelanggan butuh konten yang relevan untuk menyentuh hati calon pembeli. Agar konten promosi yang kamu posting di sosial media mengena di hati calon pembeli, kamu bisa membuat konten inspiratif seperti story telling, membagikan pengalaman konsumen yang sudah menggunakan produkmu, menjawab setiap pertanya an konsumen dengan konten yang menarik dan edukatif, sehingga prospek yang awalnya penasaran akhirnya tertarik untuk melakukan pembelian.
2. Strategi pemasaran Always ON
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan melalui strategi pemasaran Always ON. Memancing prospek untuk melakukan pembelian pertama memang sudah jadi satu keberhasilan bagi setiap penjual. Tapi di tahun depan, hubungan baik dengan pelanggan menjadi modal utama penjual agar bisa tetap bertahan menghadapi ketatnya persaingan. Meski sudah melakukan pembelian, tapi pastikan hubunganmu dengan konsumen tetap always ON. Ini penting agar konsumen yang sudah melakukan pembelian, tidak ragu lagi untuk repeat order di lapak dagangmu. Semakin kuat brand produkmu melekat di hati setiap pelanggan, semakin besar pula peluangmu untuk memenangkan persaingan pasar.
3. Melibatkan influencer
Melibatkan influencer sesuai dengan kriteria konsumen yang bakal dibidik. Strategi pemasaran yang ketiga adalah melibatkan influencer yang bisa dijadikan sebagai magnet untuk menjaring konsumen yang sesuai dengan target pasar. Dalam hal ini kamu bisa melibatkan influencer baik secara gratis maupun berbayar. Contohnya kamu melibatkan selebgram yang menerima jasa free endorsement, kamu cukup mengirimkan barang kepada selebgram tersebut dan mereka akan memposting foto produk di akun sosial media seperti instagram atau channel youtube yang mereka punya. Selain itu, kamu juga bisa melibatkan influencer dengan lebih jauh lagi misalnya dengan bekerja sama menjadi brand ambasador produkmu. Biasanya ini untuk selebgram yang sudah memasang tarif promosi per konten. Sebelum memutuskan menggunakan strategi pemasaran yang satu ini, pastikan kamu memilih influencer yang reputasinya bagus dan sesuai dengan target pasar yang kamu bidik.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online Yang Praktis dan Bisa Kamu Terapkan
4. Strategi pemasaran B2B
Di tahun 2018 strategi pemasaran B2B jadi trend yang bakal booming lagi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini siapa saja bisa berjualan dengan mudah dengan internet. Inilah yang membuat trend bisnis B2B semakin booming belakangan ini. Apalagi sekarang ini dengan dukungan teknologi, bisnis toko online menjelma jadi industri yang perkembangannya cukup signifikan. Sehingga banyak pemilik bisnis toko online yang sekarang ini tidak hanya membidik end user (pembeli ecer), tapi jual pembeli yang diharapkan bisa menjualkan kembali produk mereka ke pasar yang lebih luas.
5. Awareness partnership
Marketing bisnis dengan menggunakan strategi partnership yakni mengandeng rekan untuk membantu dalam memasarkan brand. Sesuaikan target pasar dengan partner yang akan kamu ajak kerja sama. Sederhananya adalah jika target pasar yang kamu bidik adalah anak muda maka pilihlah partner yang berhubungan dengan anak muda milenial. Maka dengan begitu akan membantu memudahkan dalam menaikkan brand kamu. Terlebih jika kamu mampu mengendeng partner yang terpercaya sehingga image brand kamu juga akan terangkat naik dan mendapat kepercayaan masyarakat.
6. Media sosial
Strategi marketing dengan mengandalkan media sosial memang telah menjadi banyak pilihan para pelaku bisnis. Sosial media dianggap sebagai salah satu media internet untuk memasarkan paling mudah dan praktis. Di era digital ini kehadiran media sosial tentu sangat membantu sekali. Selain jangkaunya menjadi lebih luas, responnya lebih cepat dan lebih menarik tentunya. Berbagai media sosial bisa menjadi pilihan seperti, whatsapp, instagram, telegram, youtube, facebook. Selain sebagai alat komunikasi langsung media tersebut digunakan untuk iklan berbagai brand.
7. Marketing afiliasi
Sistem marketing dengan model afiliasi ini memang sedang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Meski belum terlalu banyak yang mengandalkan sistem ini namun sistem ini sudah digunakan dibeberapa perusahaan. Sistem afiliasi ini dianggap sebagai cara mempromosikan dari mulut ke mulut dalam versi yang lebih canggih. Marketing sistem afiliasi ini cara promosi dengan mengandeng partner untuk membantu menawarkan produk.
Baca juga: 15 Manfaat Virtual Office untuk Para Pebisnis dengan Modal Minim
8. Blog dan SEO
Strategi marketing yang selanjutnya adalah dengan mengandalkan blog dan SEO. Cara ini bisa kamu jadikan ide memasarkan produk yang cukup cerdas. Selain menawarkan produk namun juga menambah informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi para konsumen. Tentu ini akan membantu menaikkan traffic bisnis kamu dan membantu untuk mengangkat brand kamu menjadi lebih terpercaya dan dikenal masyarakat secara luas.
9. Video tutorial
Salah satu strategi marketing yang bisa kamu coba. Dengan membuat video tutorial. Kesan yang bisa kamu dapatkan dari masyarakat ada 2 yakni yang pertama kamu mendapatkan kesan siap melayani yang terbaik dan kemudian Menyakinkan pada pelanggan untuk datang kembali dan mendapatkan layanan baru kembali.
10. Komunikasi dua arah
Selama ini banyak pebisnis yang tidak menyadari jika teknik pemasaran produk yang dilakukan secara satu arah saja sangat tidak tepat diterapkan pada generasi milenial. Generasi ini harus selalu dilibatkan dalam memberikan penilaian suatu produk, sehingga terjalin komunikasi yang sifatnya dua arah. Jika hubungan komunikasi ini bisa terjalin dengan baik, mereka akan menjadi pelanggan setia yang selalu membeli setiap ada penawaran produk baru. Pebisnis harus rajin memperhatikan secara seksama, bagaimana reaksi konsumen ketika berbicara atau mengemukakan pendapat atas produk yang mereka gunakan di media sosial. Jika komentar tersebut bernada positif, segera kasih pujian dan ucapan terimakasih. Sebaliknya apabila bernada negatif, jangan langsung marah namun mintalah saran terbaik dari mereka.
Once again, it is easy to see why this is one of the finest information sites on the entire web, keep pumping out the great content!
Thank you for the post on your blog. Do you provide an RSS feed?