Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis adalah dengan meningkatkan penjualan. Dengan penjualan yang meningkat, bisnis pun bisa semakin berkembang dan menjangkau lebih banyak konsumen. Namun, menjaga kekonsistenan agar penjualan terus meningkat tidak selalu mudah. Terkadang ada cara yang berhasil, ada juga yang tidak. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan, mulai dari platform yang digunakan, harga, model bisnis, pelayanan, dan banyak lagi. Berikut ini adalah 10 hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan kamu, baik secara online maupun secara offline. Selamat mencoba!
10 Hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan
1. Buatlah video review dan unboxing
Hal terpenting yang membuat pelanggan kamu memutuskan keinginannya untuk membeli/menggunakan produk kamu adalah kepercayaan. Apakah toko kamu terpercaya? Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, kata-kata bisa sangat mudah dipalsukan. Orang-orang juga semakin berhati-hati dalam menyaring informasi di internet. Oleh karena itu, review dalam bentuk video yang menunjukkan kondisi asli produk kamu bisa dijadikan strategi ampuh untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan kamu. Kamu bisa saja membuat video review untuk produk yang kamu jual atau juga bisa meminta pembeli untuk memberikan testimoni dengan memperlihatkan kondisi barang yang mereka beli dalam bentuk video.
2. Adakan jualan versi live streaming
Di era digital dan media sosial ini, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah live streaming. Jika dibandingkan dengan video review, konten live streaming juga lebih diminati oleh pelanggan karena fitur ini mengizinkan pelanggan berinteraksi langsung dengan produk yang ingin mereka cari tahu. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba memindahkan proses jual beli kamu ke fitur live streaming. Anggap saja kamu sedang video call dengan calon pembeli (tapi dalam jumlah banyak). Meski begitu, kamu tidak bisa menyerahkan nasib pada semesta. Jika kamu menginginkan audiens kamu untuk antusias mengikuti jual-beli kamu melalui live streaming, kamu jangan sampai lupa untuk menyusun program promosi beserta benefit yang akan didapatkan saat mengikuti acara live streaming.
3. Buat program bundling
Untuk strategi yang satu ini, kamu bisa membuat paketan-paketan khusus berisi produk-produk kamu. Tapi tentu saja tidak asal gabung. Kamu harus memiliki analisa dan strategi yang detail mengenai produk apa saja yang akan kamu gabungkan hingga penawaran harga yang paling efektif. Dan tentu saja kamu tidak boleh pelit informasi. Kamu harus bisa membuat audiens kamu memiliki anggapan yang sama mengenai value paket yang kamu gabungkan sehingga mereka merasa akan lebih worth it untuk membeli produk kamu dalam bentuk bundle. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk tips ini adalah menulislah harga normal produk bersebelahan dengan harga produk yang sudah dibuat bundle agar calon pembeli bisa memperhitungkan sendiri keuntungan yang akan mereka dapatkan.
Baca juga: 10 Manfaat Dari Promosi Ketika Kamu Mulai Berbisnis
4. Berikan promo menarik dalam waktu terbatas
Salah satu cara yang meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan urgensi, seperti memberikan promo dalam waktu singkat. Kamu bisa memberikan diskon dalam persentase atau nominal tertentu kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi khusus pada hari berlakunya promo. Kamu juga bisa menawarkan barang gratis dengan pembelian produk tertentu. Cobalah berpikir kreatif dengan menggunakan taktik yang berbeda dan lihat manakah taktik yang berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis kamu dan mana yang tidak.
5. Rutin pasang iklan
Melanjutkan strategi yang sebelumnya, kini kita berbicara tentang algoritma. Dunia digital memiliki algoritmanya sendiri untuk memunculkan postingan-postingan tertentu berdasarkan market yang sesuai. Oleh karena itu, kamu tidak bisa hanya berpasrah diri mengharapkan siapa pun akan melihat iklan kamu. Selain melakukan targeting yang tepat, kamu juga harus konsisten memasang iklan secara rutin. Semakin banyak iklan yang kamu buat, semakin banyak pula potential customers yang akan kamu dapatkan.
6. Pelayanan yang baik adalah kunci
Selain kejujuran dan seringnya kamu beriklan di media sosial, strategi penjualan kamu juga perlu menekankan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Di sini kamu harus melihat seorang pelanggan adalah raja, dan dari situlah kamu harus memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap pelanggan tersebut. Hal utama yang paling ditekankan di sini adalah komunikasi yang baik dan kata-kata yang sopan. Begitu pula ketika pelanggan mengeluh mengenai produk yang mereka dapatkan. Kamu harus meresponnya dengan cara yang baik dan sopan. Dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa dihargai dengan pelayanan terbaik. Mereka juga akan berusaha mempertahankan untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan.
7. Memberikan garansi
Garansi produk memang diperlukan bagi para pelanggan. Dengan adanya garansi, pelanggan akan merasa lebih aman untuk membeli produk yang kamu jual. Dengan memberikan garansi kamu bisa menaikan harga jual produk, karena pembeli sudah percaya dengan adanya garansi yang diberikan.
Baca juga: 15 Manfaat Virtual Office untuk Para Pebisnis dengan Modal Minim
8. Munculkan testimoni dan review
Pembeli mungkin tidak akan percaya dari kata-kata manis yang kamu berikan saat berjualan produk. Tetapi pembeli akan lebih percaya dari testimoni dan review yang diberikan oleh pelanggan lain yang sudah membeli. Maka caranya kamu bisa menyuruh orang lain untuk mencoba produk kamu dan kemudian disuruh untuk membuat testimoni dan review secara jujur.
9. Perdalam strategi kompetitor
Dalam menjalankan sebuah usaha, kamu pasti memiliki kompetitor atau pesaing. Sebenarnya, memiliki pesaing atau kompetitor merupakan hal baik dalam sebuah perusahaan. Dengan demikian, kamu dapat semakin berkembang dan membuat perusahaan selangkah lebih maju. Maka, agar kamu tidak tertinggal oleh apa yang dicapai kompetitor sebaiknya sebagai seorang pengusaha ulung tidak ada salahnya memperdalam strategi yang diterapkan kompetitor. Harapannya adalah dengan mempelajari strategi tersebut, kamu pun bisa mengetahui kelemahan apa yang dihadapi oleh kompetitor. Ketika kamu telah menemukan kelemahan tersebut, saatnya kamu untuk mengambil celah dan merebut pangsa pasar.
10. Fokus pada kualitas produk
Faktor utama yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan penjualan adalah memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual. Meskipun kebanyakan pelanggan lebih tertarik dengan harga promo, namun kualitas produklah yang akan membuat pelanggan kembali ke toko kamu. Selain memastikan kualitas produk selalu terjaga, penting juga bagi pemilik usaha untuk memahami nilai produk yang dijual. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya pada kualitas produk dan tidak ragu untuk membeli. Hal ini lah yang akan dengan mudah meningkatkan omset penjualan di toko online maupun offline yang kamu punya.