Pasti hal ini pernah menjadi pemikiran setiap orang yang memiliki usaha, betul tidak? Bagaimana sih caranya meningkatkan target market sehingga mereka mengetahui keberadaan bisnis kamu? Apa yang perlu dilakukan agar mendapat trust mereka terhadap bisnis produk atau jasa yang kamu sedang kembangkan? Apa perlu keluar uang jor-joran di tv agar bisa laku? Atau spend money lewat iklan-iklan di berbagai platform sosial media agar iklan kamu menonjol di antara kerumunan iklan-iklan digital lainnya? Mungkin ini hanyalah segelintir dari pertanyaan yang pernah terpikir oleh kamu, namun sebenarnya ada cara yang tepat loh untuk kamu dapat meningkatkan penjualan dengan biaya murah. Kamu ingin tahu jawabannya? Ok, berikut ini akan kami bagikan 10 tips meningkatkan penjualan dengan biaya murah. Semoga bisa kamu praktekkan dengan usaha yang sedang kamu jalankan ya!
10 Tips meningkatkan penjualan dengan biaya murah
1. Perkuat brand
Salah satu cara awal untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memperkuat branding terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan karena brand merupakan identitas dari bisnismu. Dengan branding yang kuat, konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengingat brand kamu. Selain itu, brand yang kuat juga dapat membantumu untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Untuk memperkuat brand, pastikan elemen-elemen brand-mu mulai dari logo, visual, warna, slogan, dan lain-lainnya sesuai dengan karakteristik atau citra yang ingin kamu bangun maupun dengan target audiensmu.
2. Tunjukkan Unique Selling Point produk kamu
Unique Selling Point atau USP adalah modal penting lainnya untuk menarik pelanggan. Terutama, pada niche bisnis dengan kompetitor yang cukup banyak. Alasannya, pelanggan selalu ingin mendapatkan value lebih dari pembelian produk yang mereka lakukan. Eits, tidak selalu dari sisi harga yang lebih murah lho. USP juga bisa berupa kemudahan pelanggan untuk dapat menggunakan produk kamu dengan baik. Misalnya, layanan customer service kamu sifatnya 24 jam dan bisa diakses melalui berbagai channel seperti email, chat, dan telepon yang bisa membantu pelanggan.
3. Fokus pada kualitas produk
Produk yang berkualitas pasti akan dicari oleh para pelanggan. Sebelum menjual barang ada baiknya kamu menjelaskan terlebih dahulu kualitas produk yang kamu jual sebelum kamu menyebutkan harga. Karena dengan begitu pelanggan akan lebih bisa menerima harga jual yang ditawarkan. Apakah produk tersebut sebanding dengan kualitas produk yang akan didapatkan. Meski ada beberapa orang yang membeli barang tanpa memikirkan harga, tetapi akan lebih baik jika kamu menjelaskan kualitas dari produk yang kamu tawarkan tersebut.
Baca juga: 10 Ide Konten Instagram Bisnis yang Mendongkrak Penjualan
4. Perluas platform penjualan
Semakin luas jangkauan bisnismu, semakin banyak orang yang tahu tentang bisnismu. Artinya, semakin tinggi juga kemungkinan penjualanmu meningkat. Untuk memperluas jangkauan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak platform penjualanmu. Kenapa? Karena mungkin saja beberapa orang yang masuk ke dalam target audiensmu tidak menggunakan platform penjualan yang kamu gunakan. Misalnya kamu berjualan di media sosial, bisa saja orang-orang yang mencari produk yang kamu jual tidak bermain media sosial sehingga mereka tidak tahu mengenai bisnismu. Maka dari itu coba maksimalkan produk kamu di beberapa platform penjualan, yuk bisa!
5. Berikan promo dengan tenggat waktu
Pemberian promo kadang diabaikan oleh pelanggan dan juga seringkalinya malah mereka lupa akan promo yang sedang berjalan. Oleh karena itu cara yang paling tepat dalam memberikan promo adalah memberikan tenggat waktu atau masa aktif untuk menggunakan sebuah promo. Dengan begitu, kamu bisa memberikan dorongan kepada pelanggan untuk segera melakukan action dan tidak ketinggalan promo tersebut. Cara lain yang bisa diterapkan adalah memberikan countdown waktu pada banner promo website kamu atau sosial media agar pelanggan kamu mengikuti promo atau mendapatkan notifikasi dari yang promo yang sedang berlangsung.
6. Strategi bundling produk
Cara lain yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis adalah strategi bundling produk. Biasanya dalam paket bundling, produsen atau pemilik produk akan membuat harga paket yang lebih murah dibandingkan harga standard. Hal ini dilakukan agar meningkatkan produk yang terjual dan tidak terjual secara bersamaan. Strategi ini umumnya memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, menghemat waktu, dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
7. Berikan pilihan metode pembayaran yang beragam
Agar pengalaman berbelanja konsumen nyaman dan semakin gencar, kamu juga bisa loh menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang ada konsumen yang tidak jadi melakukan transaksi karena metode pembayarannya yang ia pilih tidak sesuai dengan yang biasa ia pakai. Jika sudah begini traksaksi bisa batal dan tidak dilanjutkan, sangat disayangkan bukan? Dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih beragam, kamu bisa lebih menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan kebiasaan konsumen. Apalagi, sejumlah aplikasi pembayaran online menawarkan poin untuk tiap transaksi yang dilakukan. Konsumen jadi bisa lebih tertarik untuk membeli produkmu.
Baca juga: 10 Strategi Penjualan Yang Efektif Saat Fase New Normal
8. Tampilkan review
Salah satu aspek yang diperhatikan calon pembeli saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu adalah rating dan review. Dengan memiliki review yang bagus, konsumen akan lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual. Apalagi beberapa platform penjualan khususnya marketplace memungkinkan penggunanya untuk melihat produk berdasarkan ulasan. Selain bisa meyakinkan konsumen dan meningkatkan penjualan, ulasan juga menunjukkan keterbukaan dan kejujuranmu sebagai penjual. Maka itu, setelah transaksi selesai kamu bisa meminta konsumen untuk memberikan review mereka. Tampilkan review atau testimoni tersebut pada platform penjualan yang kamu gunakan.
9. Memberikan garansi
Selain review positif, adanya garansi produk dari setiap produk atau jasa kiranya juga dapat menambah minat para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Dengan adanya garansi, pelanggan akan merasa lebih aman untuk membeli produk yang kamu jual. Plus dengan memberikan garansi, kamu bisa menaikan harga jual produk karena pembeli sudah percaya dengan adanya garansi yang diberikan.
10. Beri pelayanan terbaik
Pada akhirnya, pelayanan menjadi faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan bisnis. Pelayanan di sini mencakup banyak hal mulai dari kecepatan membalas chat, gaya komunikasi yang ramah dan sopan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, jaminan, dan banyak lagi. Lewat pelayanan yang berkualitas, kamu juga bisa jadi lebih unggul dari kompetitor sehingga pembeli lebih memilih untuk berbelanja denganmu. Kamu bisa menjaga kualitas pelayananmu misalnya dengan memberi kepastian waktu pengiriman hingga kapan barang dikirim dan kapan barang sampai. Jadi tingkatkan terus pelayananmu ya!