Punya bisnis yang sedang berlangsung tapi masih bingung caranya mempertahankan pelanggan di masa pandemi? Sebagai pebisnis, ini sebenarnya merupakan suatu hal fundamental yang perlu kamu kuasai dalam berbisnis. Mengapa begitu? Karena mempertahankan pelanggan membutuhkan tenaga dan biaya yang lebih besar dibandingkan menemukan pelanggan baru.
Nah, agar pelanggan kamu tidak berpindah tempat ke toko lain, kamu juga harus mampu membuat mereka tetap merasa puas pada produk dan layanan yang kamu berikan. Sebab apabila tingkat kepuasan pelanggan semakin tinggi maka kemungkinan besar konsumen akan terus datang untuk melakukan pembelian di toko kamu. Karena kepuasan dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis.
Selain itu dalam mempertahankan pelanggan, kamu juga harus memperhatikan bagaimana cara kamu memasarkan suatu produk kamu kepada konsumen. Baik pemasaran secara produk ataupun layanan. Untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk kamu secara berulang, maka kamu memperhatikan tips berikut ini: 10 cara mempertahankan pelanggan yang bisa diterapkan dalam bisnis. Semoga strategi ini bisa mempertahankan loyalitas pelanggan kamu selama masa pandemi!
10 Cara mempertahankan pelanggan yang bisa diterapkan dalam bisnis
1. Pastikan produk kamu lebih unggul
Dengan membuat produk kamu lebih unggul dari kompetitor lain tentu bisnis kamu akan mendapatkan pelanggan baru. Sehingga dengan begitu loyalitas pelanggan akan terwujud dan akhirnya melakukan pembelian kembali di toko kamu. Namun, hal ini harus kamu perhatikan di setiap fase saat produk kamu berjalan. Sebab sebagus apapun pelayanan yang kamu tawarkan, jika produk yang kamu miliki kurang dan tidak memiliki keunggulan dari kompetitor lain, maka kemungkinan pelanggan kamu akan berpindah tempat ke kompetitor lain yang memiliki kualitas produk lebih unggul dan bagus.
2. Follow up konsumen kamu
Cara mempertahankan pelanggan agar tetap kembali untuk membeli produk kamu adalah dengan melakukan follow up kepada pengguna jasa. Jika konsumen kamu sudah melakukan pembelian pada toko kamu, maka kamu tidak boleh mengabaikan konsumen setelah mereka melakukan pembelian. Cara mempertahankan pelanggan tersebut dapat kamu lakukan dengan tetap terhubung pada konsumen kamu, misalnya menanyakan bagaimana dengan produk yang ia beli. Apakah cocok dengannya atau tidak, adakah kritik untuk menciptakan produk baru yang lebih baik lagi, dan lain sebagainya. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan kamu tidak akan kehilangan konsumen.
3. Buat program loyalitas konsumen
Cara mempertahankan pelanggan selanjutnya adalah dengan membuat sebuah program loyalitas pada konsumen kamu. Program loyalitas ini tentu sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis bisnis di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan hadiah kepada konsumen yang telah setia membeli produk-produk kamu. Di sini kamu dapat menawarkan kartu keanggotaan dan memberikan poin setiap kali mereka melakukan pembelian. Poin ini nantinya dapat ditukarkan dengan voucher atau diskon. Kamu juga bisa menawarkan program loyalitas bertingkat, misalnya mereka yang berstatus VIP atau gold bisa mendapatkan lebih banyak diskon dan akses lebih cepat ke produk-produk khusus.
Baca juga: Mengenal 6 Tipe Pelanggan Sulit dan Cara Menghadapinya
4. Memberikan kesan yang baik pada pelanggan
Bisnis yang diingat oleh pelanggan adalah bisnis yang berkesan. Ada 5 cara yang bisa kamu tiru, diantaranya:
a) Menampilkan sebuah visual yang menarik pada website, media sosial, atau email bisnis kamu.
b) Pastikan bahwa website bisnis kamu memiliki kecepatan loading yang tinggi, sehingga konsumen dapat lebih mudah untuk mengunjungi website kamu.
c) Pastikan bahwa website kamu responsif. Artinya, tampilannya harus tetap bagus walaupun konsumen kamu membuat website tersebut melalui perangkat mobile.
d) Navigasi website harus dibuat semudah mungkin agar konsumen kamu tidak akan bingung saat mencari apa yang mereka inginkan.
e) Punya nomor telepon atau email yang bisa dihubungi kapan saja.
5. Mendekatkan bisnis kamu dengan pelanggan
Apabila kamu tidak mendekatkan diri dengan pelanggan, maka hubungan kamu dengan mereka tentu hanya sebatas hubungan jual beli saja. Namun berbeda halnya jika bisnis kamu berhasil membangun hubungan personal dengan konsumen. Untuk sampai ke tahap ini, kamu dapat menanyakan pada mereka produk apa yang sedang mereka butuhkan dan inginkan. Dengan diawali pertanyaan tersebut, maka kamu akan mendapatkan berbagai informasi penting untuk mendapatkan hati konsumen. Maka dengan adanya pelayanan yang baik seperti itulah, konsumen akan merasa senang dan akan melakukan pembelian kembali di toko kamu.
6. Menyediakan saluran informasi yang lengkap
Cara mempertahankan pelanggan agar selalu membeli produk jualan kamu adalah dengan memastikan bisnis kamu menyediakan saluran komunikasi dan informasi yang bisa dihubungi dan dikunjungi kapan saja. Cara ini bisa dilakukan dengan cara membuka akun media sosial, punya website resmi, dan tentunya memiliki alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Dengan adanya saluran informasi tersebut maka bisnis kamu akan semakin terhubung dengan para pelanggan. Kamu juga bisa dengan mudah untuk menyampaikan berbagai informasi penting seperti update produk atau info promo.
7. Memberikan bonus pada konsumen
Cara mempertahankan pelanggan selanjutnya adalah dengan menawarkan bonus pada mereka. Siapa yang tidak tertarik dengan kata “gratis” dalam melakukan pembelian? Apabila kamu rutin menawarkan bonus yang sesuai dengan minat pelanggan, pasti pelanggan akan tertarik untuk mengunjungi bisnis kamu dari waktu ke waktu. Lalu apa saja jenis bonus yang dapat ditawarkan pada konsumen? Kamu bisa memberikan mereka potongan harga khusus, gratis ongkir, produk gratis apabila sudah melewati batas pembelian atau hari khusus, dan lain sebagainya.
Baca juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Selama Pandemi
8. Kemudahan dalam bertransaksi
Seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang bersaing untuk memperebutkan hati seorang konsumen dengan cara mempertahankan pelanggan melalui mempromosikan produk dalam berbagai cara. Namun untuk mempertahankan pelanggan dan menambah loyalitas pelanggan tersebut, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara bertransaksi di bisnis yang kamu miliki. Buatlah sistem transaksi semudah mungkin dan sesederhana mungkin agar pelanggan merasa nyaman. Selain itu sediakan juga alat pembayaran yang bisa diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup agar pembeli tidak perlu mengantri lama. Maka konsumen akan merasa nyaman dalam berbelanja.
9. Meningkatkan performa karyawan
Apabila bisnis retail kamu memiliki toko fisik, maka sangat penting bagi kamu untuk melakukan cara ini. Sebab staf merupakan sebuah cerminan dari brand yang kamu miliki. Apabila brand kamu dikenal baik oleh publik, maka tunjukkanlah bahwa orang-orang yang berada di baliknya juga sama baiknya. Maka latihlah karyawan kamu untuk bersikap ramah, sopan dan bekerja secara profesional kepada pelanggan.
10. Membuat komunitas pelanggan
Cara mempertahankan pelanggan terakhir adalah dengan membuat komunitas yang berisikan orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap sebuah produk kamu. Selain itu kamu juga bisa mengajak pelanggan baru untuk bergabung ke grup yang berisi pelanggan yang sudah loyal. Hal ini bisa membangun loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk ikut loyal juga dengan produk kamu. Strategi ini tentu sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis lainnya. Itulah beberapa cara mempertahankan pelanggan yang perlu kamu terapkan dalam bisnis kamu. Lalu manakah yang sudah kamu terapkan dalam bisnis kamu?