Pandemi virus COVID-19 kiranya merubah pola kerja manusia. Yang tadinya harus pergi ke kantor kini mulai tersebar dengan berbagai cara, seperti bekerja dari rumah, di cafe, hingga yang paling efektif: menggunakan jasa penyewa Co-working Space atau Serviced Office. Hal ini hampir dilakukan di seluruh negara di dunia karena adanya pembatasan sosial dan aktivitas untuk kegiatan yang mendatangkan orang banyak. Bahkan, secara global, menurut survei yang melibatkan 18 ribu pekerja profesional di 96 perusahaan internasional, menyebut bahwa hampir 70 persen pekerja profesional sudah melakukan remote working seminggu sekali, dan 53 persen lainnya melakukan remote work sebanyak 3-4 hari dalam seminggu. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah perusahaan tempat kamu bekerja sudah menerapkan kebijakan bekerja secara remote? Buat yang belum, yuk kenali 10 keuntungan bekerja secara remote di masa pandemi COVID-19.
Apa itu kerja secara remote?
Kerja remote atau remote working adalah gaya kerja yang memungkinkan karyawannya untuk bekerja di luar kantor. Jadi kamu tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Biasanya gaya kerja ini digunakan oleh para freelancer yang memang bekerja dari rumah. Namun sekarang mulai diterapkan di perusahaan untuk karyawan tetap. Apalagi di masa pandemi yang membuat kantor harus mengurangi kontak antar karyawan semaksimal mungkin. Oleh karena itu remote working dianggap menjadi solusi tepat karena karyawan tetap bisa menyelesaikan pekerjaannya di luar kantor.
10 Keuntungan bekerja secara remote di masa pandemi
1. Membuatmu dapat menentukan ruang kerjamu sendiri
Kerja secara remote membuatmu tak terikat di satu tempat kerja tertentu. Ini tentu membuatmu bisa menentukan ruang kerjamu sendiri. Kalau kamu senang kerja di kamar, maka kamu bisa menjadikan kamarmu sebagai ruang kerjamu. Atau, kalau kamu senang bekerja di co-working space, maka tak ada salahnya untuk menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai ruang kerjamu. Tak hanya menentukan, kamu juga bahkan bisa mendesain ruang kerjamu sendiri. Misalnya: di rumahmu ada sebuah ruang kosong yang belum terpakai. Nah, di situ kamu bisa mendesain ruangan kosong tersebut menjadi ruang kerja sesuai dengan kebutuhanmu.
2. Mencegah kejenuhan
Dari poin no 1, kamu bisa tau kalau bekerja secara remote nyatanya bisa dilakukan dari mana saja. Bisa bekerja saat lagi liburan ke suatu tempat atau dirumah saja sehingga karyawan akan terhindar dari kejenuhan akibat rutinitas kerja harian di kantor. Dengan bekerja ditemani suasana yang berbeda setiap saat membuat karyawan tidak akan mudah stres dan tertekan karena mereka lebih leluasa dalam bekerja. Karyawan pun jadi lebih bersemangat dan dapat menghasilkan ide-ide segar.
3. Lebih mudah mendapatkan udara segar
Saat kamu kerja di kantor, kamu mungkin bakal mendapatkan udara dari AC. Sayangnya, udara dari AC agak kurang sehat, sehingga tak baik bila kamu terus-menerus menghirupnya. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa melakukan kerja remote di luar kantor atau di luar ruangan. Kerja remote di luar ruangan akan membuatmu mendapatkan udara segar yang banyak. Apalagi, jika melakukannya di dekat area ruang terbuka hijau yang banyak pepohonannya. Ini sesuai dengan pernyataan ssebuah penelitian yang mengatakan, udara di luar ruangan (terutama di area terbuka hijau) 10 kali lebih bersih dibanding udara di dalam ruangan (kantor).
Baca juga: 6 Ragam Mitos Kerja Remote yang Salah di Mata Orang-Orang
4. Permudah rekrutmen
Ada kalanya, perusahaan sulit menemukan kandidat yang siap untuk datang ke kantor dan tepat untuk mengisi celah keterampilan yang ada. Terkadang, kandidat yang memenuhi kualifikasi dan kebutuhan malah tinggal di kota lain yang memiliki jarak yang cukup jauh dari kantor. Dengan menerapkan kebijakan kerja jarak jauh atau remote, bukan hal yang tidak mungkin bagi perusahaan untuk bisa merekrut kandidat yang memiliki kualifikasi dan memenuhi kebutuhan perusahaan walaupun kandidat tersebut tinggal jauh dari kantor perusahaan.
5. Lebih mandiri dalam bekerja
Jika kamu berkembang di lingkungan kerja yang menjunjung kemandirian, lingkungan kerja remote dapat memberikan banyak keleluasaan. Kamu bisa menghindari gangguan kantor seperti rapat sepele, panggilan telepon yang tidak penting, serta rekan kerja pengganggu. Ketika bekerja dari rumah, kamu lebih baik dalam mengatur jadwal kerja serta fokus bekerja sesuai tingkat semangatmu.
6. Meningkatkan kemampuan teamwork-mu
Walaupun kerja remote, kamu masih bisa loh bekerja bersama teman-temanmu. Ajaklah teman-teman kerjamu untuk bekerja secara remote, terutama di tempat agak terbuka. Misalnya: di kafe yang punya taman atau tempat outdoor di dalamnya. Menurut penelitian, kerja remote di area agak terbuka bersama teman-temanmu bisa meningkatkan nilai kejujuran; kebersamaan; dan niat baik. Ketiga hal tersebut secara langsung akan meningkatkan kemampuan teamwork-mu.
7. Fokus menguasai teknologi
Bekerja secara remote membuat kamu harus menguasai teknologi dengan baik. Karena hanya dari sinilah media komunikasi yang bisa dijalankan dengan pihak perusahaan. Jangan sampai ada kesalahan informasi yang membuat fatal pekerjaan. Jadi fokus untuk menguasai teknologi sangat penting kamu lakukan.
8. Tidak perlu pergi ke kantor
Pastinya kamu tidak akan direpotkan untuk menerobos kemacetan jalanan. Kebisingan dan udara kotor yang ditemukan ketika pergi ke kantor. Juga waktu untuk bekerja pun lebih fleksibel. Tapi bukan berarti kamu tidak mengedepankan kedispilinan dan tanggung jawab. Hanya di sini kamu akan sangat leluasa membuat jadwal sendiri dan mengaturnya sesuai dengan kondisi yang ada. Jadi pekerjaan tidak terhambat dan perhatian terhadap keluarga masih bisa kamu berikan.
9. Pengeluaran lebih hemat
Saat bekerja di kantor banyak pengeluaran yang harus diperhitungkan. Dari mulai ongkos perjalanan sampai baju untuk bekerja menjadi pengeluaran yang tidak boleh terlupakan. Bahkan akan banyak kebutuhan mendadak yang tidak di sadari kengganggu perencanaan finansial kamu. Tapi jika kamu bekerja secara remote berarti hanya fokus kepada pekerjaan saja. Uang yang di keluarkan hanya sebatas koneksi internet dan listrik. Di luar itu, penghasilan bisa lebih banyak untuk di tabung.
Baca juga: Mengetahui Perbedaan Antara Full Remote Work dan Work From Home
10. Peluang karier lebih luas
Jika kamu masih berpikir bahwa mencari kerja itu sulit sepertinya kamu belum tahu dengan keberadaan remote working. Karena pekerjaan ini memberikan kesempatan luas bagi mereka yang belum menemukan pekerjaan atau ingin bekerja sesuai passion. Bahkan bisa jadi bekerja secara remote menjadi pilihan utama kamu untuk mendapatkan penghasilan dan menyalurkan kemampuan. Termasuk memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk menemukan talent yang menjanjikan dan berkualitas seperti kamu. Tanpa mengenal ruang dan juga waktu kamu bisa berselancar menemukan perusahaan yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki. Jadi jangan lewatkan kesempatan emas ini.
11. Punya waktu lebih banyak dengan keluarga
Selama ini, kita sering mengabaikan waktu bersama keluarga dan tidak menerapkan work life balance dalam kehidupan kita. Padahal, apabila kita tidak menerapkan kehidupan yang seimbang, maka akan berbahaya sekali. Biasanya bekerja di kantor akan menyita banyak waktu seseorang. Maka waktu yang dihabiskan sehari-hari hanya berkutat di pekerjaan tanpa bisa memperhatikan keluarga. Dengan bekerja secara remote, seseorang dapat tetap dekat dengan keluarga.
12. Kepuasan bekerja
Perusahaan dapat meningkatkan tingkat kepuasan pekerjanya dengan menerapkan kebijakan bekerja jarak jauh. Lewat kebijakan ini, pekerja bisa lebih leluasa dalam mempergunakan waktunya dan mencari tempat terbaiknya untuk tetap produktif dan menghasilkan hasil pekerjaan yang efektif. Tingginya tingkat kepuasan pekerja juga bisa meningkatkan angka retensi pekerja dan meningkatkan angka produktivitas yang dimiliki pekerja.