Ide konten Instagram yang segar sangat dibutuhkan dalam mengelola social media marketing. Tanpa adanya kreativitas dan inovasi membuat konten, audiens bisa bosan dengan isi konten Instagram. Seringkali ini nih yang menjadi tantangan terbesar bagi para content creator di industri kreatif. Lalu, ide konten Instagram apa saja ya yang mampu menarik hati para audiens? Berikut ini adalah 5 jenis ide konten Instagram menarik untuk social media marketing. Siapa tahu bisa kamu jadikan referensi untuk media sosial bisnsimu!
5 Jenis ide konten Instagram menarik untuk social media marketing
1. Konten berupa pertanyaan
Salah satu cara menjaring engagement lebih tinggi dari audiens adalah dengan memberikan konten berupa pertanyaan. Buatlah pertanyaan sederhana yang selama ini bisa menjadi kegelisahan para audiens. Pertanyaan yang unik dan dekat dengan audiens pastinya lebih mudah menarik hati. Namun, jangan lupa juga untuk membalas setiap jawaban yang masuk di komentar. Buat interaksi dengan audiens dengan merespon mereka. Dengan begitu, audiens pun secara tidak langsung dapat semakin dekat dengan akun bisnismu.
2. Modifikasi tren jadi konten bermanfaat
Ide konten Instagram yang biasanya paling disukai audiens adalah membahas hal yang sedang tren. Manfaatkan beberapa momen yang sedang viral di dunia maya. Ciptakan konten menarik dari tren tersebut dengan memerhatikan kesesuaiannya dengan value brand bisnismu. Pastikan juga konten tersebut bermanfaat bagi audiens agar tidak dinilai sekadar mengikuti tren semata. Dengan begitu, audiens bisa mendapat sudut pandang baru atas sebuah berita yang tengah viral. Perlu diingat juga bahwa tidak semua kabar viral harus dijadikan konten ya.
3. Konten “Versus”
Selain konten viral, ada kalanya juga audiens menyukai konten yang bersifat “versus”. Ide konten Instagram ini biasanya berawal dari dua hal berbeda yang sering menjadi masalah bagi audiens. Lewat konten ini, audiens diharapkan dapat menentukan pilihannya dengan pertimbangan tertentu. Usahakan tidak hanya menonjolkan kelebihan salah satu sisi dalam membuat konten “versus” ini. Berikan padangan secara netral pada dua hal sehingga audiens bisa menentukan sendiri mana yang mereka suka.
4. Tips dan Trik yang bermanfaat
Ide konten Instagram berikutnya sangat lazim dibuat oleh para content creator. Dengan memberikan tips dan trik, secara tidak langsung juga mengedukasi audiens. Para followers mendapat nilai lebih dengan mengikuti konten-konten di akun bisnismu. Konten ini juga ampuh sebagai media untuk soft selling produk. Jadi, konten Instagram di akun bisnismu tidak hanya melulu untuk berjualan. Pastikan audiens mendapatkan hal-hal bermanfaat dengan memingkuti akun tersebut.
5. Giveaway
Terakhir, kamu bisa memberikan giveaway secara periodik untuk menyenangkan audiens. Konten ini bukan hanya demi menaikkan engagement, tapi juga memperkuat loyalitas. Tidak ada salahnya kan kamu memberikan hadiah bagi para audiens yang sudah loyal padamu? Namun, perhatikan pula untuk tidak terlalu sering memberikan giveaway. Jangan sampai akun bisnismu justru lebih terkenal karena kerap membagi gratisan bagi audiens.
Fantastic article! I’ll subscribe correct now wth my feedreader software package!