Bekerja seharusnya menjadi aktivitas yang paling kamu tunggu setiap harinya. Kamu menantikan hari di mana kamu bisa lebih membuka pikiran kamu akan hal-hal baru. Kebahagiaan dalam melakukan rutinitas ini seharusnya bukan datang hanya karena imbalan finansial yang diberikan perusahaan, namun juga kekayaan batin yang kamu peroleh. Membicarakan kepada orang lain tentang aktivitas yang kamu lakukan seharusnya membuat kamu bangga, bukan sekadar membicarakan keluh kesah. Lantas, apakah valid jika dikatakan bekerja dengan bahagia menguntungkan perusahaan? Ada benarnya jika memperhatikan fakta-fakta berikut ini.
Bekerja dengan bahagia menguntungkan perusahaan, Fakta atau Mitos?
a) Mengurangi tingkat stres akan pekerjaannya
Adalah benar jika ketika karyawan bekerja dengan bahagia maka seseorang bisa mengurangi tingkat stres akan pekerjaannya. Masalah stres akan tekanan pekerjaan tentu tidak bisa dihindari dalam dunia kerja. Namun, isu ini bisa dikurangi atau bahkan diatasi bila karyawan bekerja dengan bahagia. Perlu diingat, karyawan menghabiskan lebih banyak waktu setiap harinya di kantor. Bayangkan bila ia melewatinya dengan perasaan tidak bahagia karena tekanan pekerjaan dan lingkungan kerja dari rekan-rekan dan atasannya. Ia akan mengalami stres yang berimbas turunnya performa dan produktivitas dalam tubuh perusahaan.
b) Mendorong karyawan untuk berpikir lebih kreatif
Lebih lanjut, kami menemukan fakta bahwa jika seorang karyawan bekerja dengan bahagia maka akan mendorong mereka untuk berpikir lebih kreatif. Ia akan berusaha dengan maksimal untuk meraih target kerja. Misalnya, engineer yang bahagia akan lebih kreatif dalam melahirkan fitur-fitur baru yang lebih efektif dan efisien untuk digunakan oleh konsumen atau user. Efeknya kemudian tentu juga positif bagi perusahaan.
Baca juga: Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
c) Keputusan yang tepat dan bijaksana akan lebih sering dihasilkan
Seperti hasil penelitian yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, seseorang yang merasa bahagia akan berpikir secara positif dan terbuka. Dengan begitu, para karyawan akan berpikir secara jernih. Tidak peduli tantangan dan masalah apapun yang sedang mereka hadapi, para karyawan akan tetap bersikap tenang. Dari ketenangan yang mereka rasakan, ini akan membantu mereka untuk membuat keputusan yang tepat dan bijaksana.
d) Bagian pemasaran akan semakin bersemangat dalam menjual produk dan layanan jasa
Apabila perusahaan memperlakukan para karyawannya dengan baik dan membuat mereka bahagia, maka karyawan akan merasa dihormati dan dihargai. Dengan begitu, mereka akan semakin bersemangat dalam bekerja dan memberikan kontribusi yang lebih bagi perusahaan. Ini adalah konsep yang sederhana dan coba bayangkan hal ini terjadi di dalam divisi pemasaran. Dengan perlakuan baik yang mereka terima, ini akan mendorong semangat mereka untuk semakin gencar dalam mempromosikan dan menjual produk dan layanan jasa yang perusahaan miliki.
e) Membangun keterikatan dengan rekan kerjanya
Selain itu, kebahagiaan juga akan membangun keterikatan dengan kolega atau rekan kerjanya. Pikiran yang bahagia juga membuat seseorang lebih energik dan muda. Efek lainnya, karyawan yang bahagia akan mengurangi tingkat pengunduran diri. Ini tentu menguntungkan perusahaan dari segi human resource atau Sumber Daya Manusia.
f) Perusahaan akan mendapatkan inovasi baru yang luar biasa.
Penelitian mengatakan bahwa ada keterkaitan yang sangat kuat antara kebahagiaan dan kreativitas. Studi ini menemukan bahwa para karyawan yang merasa bahagia ketika bekerja di perusahaan mereka sekarang, pikiran mereka akan lebih positif dan terbuka. Hasilnya? Para karyawan akan berpikir lebih kreatif dari sebelumnya. Situasi ini terjadi karena semua karyawan merasa ide-ide mereka tidak dibatasi oleh pimpinan perusahaan atau kebijakan-kebijakan yang berlaku di dalam perusahaan. Mereka bebas mengekspresikan diri mereka. Bahkan sekecil apapun ide yang mereka berikan, mereka tetap mendapatkan apresiasi yang baik dari para pemimpin.
Baca juga: 8 Kelebihan Yang Didapatkan Apabila Sewa Ruang Kantor di Uptown
g) Layanan pelanggan yang lebih baik
Apabila karyawan diperlakukan dengan sangat baik oleh perusahaan, mereka akan merasa nyaman, merasa dihormati, dihargai, dan tentunya merasa bahagia. Perasaan seperti ini akan mendorong mereka untuk memperlakukan orang lain, terutama para pelanggan dengan sangat baik. Karyawan akan sangat memahami, seperti apa para pelanggan ingin diperlakukan oleh pelayanan pelanggan dan harapan apa yang dimiliki pelanggan pada perusahaan. Semua kebaikan akan berujung kebaikan juga untuk orang lain di sekitar kita. Jadi, jangan pernah meremehkan kebahagiaan sejati, ya.
h) Jadikan pekerjaan sebagai sumber inspirasi
Bekerja yang membuka inspirasi akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Meskipun kamu harus lembur, kamu harus melakukan banyak hal di luar ekspektasi kamu. Dikejar deadline, tapi jika dalam proses mengejar deadline itu kamu mendapatkan pengalaman baru terkait minat kamu, kenapa tidak? Kamu berhak mendapatkan sesuatu lebih dari pekerjaan kamu di luar reward atau bonus uang yang diberikan perusahaan. Sesuatu yang lebih itu bisa berupa pengalaman baru, perluasan wawasan, koneksi networking dengan dunia luar, dan lain sebagainya.
Bagaimana melahirkan karyawan-karyawan yang bekerja dengan bahagia?
Kami menyarankan agar setiap departemen untuk membangun keterikatan kerja dan suasana kerja yang menyenangkan melalui kegiatan-kegiatan engagement seperti mengadakan acara internal yang menyenangkan di luar pekerjaan untuk membangun keterikatan antar karyawan dan hubungan kerja yang sehat. Contohnya bisa berupa: olahraga bersama, meluangkan waktu di sela pekerjaan untuk menikmati camilan bersama, belajar bahasa Inggris, hingga kegiatan di luar kantor seperti tur museum dan outing. Yang terpenting sejatinya buah dari kegiatan tersebut akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Ingat, karyawan yang bahagia adalah kunci sukses perusahaan.