Menata ruang kerja kantor terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja. Bukan tanpa alasan, sepertiga waktu dari para karyawan adalah di kantor sehingga sangat penting berada dalam ruangan yang nyaman agar bisa bekerja lebih maksimal. Namun, memiliki ruang kerja yang nyaman bukanlah sesuatu yang mudah. Tak jarang kenyamanan ini harus didapat melalui berbagai proses kreatif, seperti mendekorasi ruangan hingga mendapatkan furnitur atau barang-barang yang tepat. Nah, agar kamu tidak kesulitan membuat ruang kerja kantor yang nyaman, kami akan bagikan 16 tips cara yang mudah dan dapat dilakukan sekarang. Simak dibawah ini!
16 Cara membuat ruang kerja kantor nyaman
1. Rapikan alat tulis di meja
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merapikan alat-alat tulis (seperti pulpen, pensil, penggaris, lem, sticky notes, dan lain sebagainya) di sebuah kotak penyimpanan khusus agar tampak lebih rapih dan mudah dicari. Selain hasilnya dapat lebih enak dipandang, terkadang cara ini juga dapat membuat seseorang lebih tenang dalam bekerja. Oleh karenanya, segera masukan list daftar belanja kamu ketika akan menata ruangan kerja dengan nyaman.
2. Siapkan tempat duduk yang nyaman
Kursi kerja adalah hal penting untuk kenyamanan kamu di kantor karena ditempat itulah kamu paling banyak menghabiskan waktu. Oleh karena itu, modifikasi tempat duduk menjadi tempat duduk ternyaman yang mendukung suasana kerja. Contoh yang bisa dilakukan adalah menambahkan bantal kursi di bangku kamu atau juga kamu bisa menambahkan selimut bulu pada permukaan kursi sehingga bagian bokong tidak terlalu pegal akibat dudukan yang keras. Jika perlu dan memungkinkan, coba kamu ganti bangku kerja yang lama dengan kursi baru yang lebih nyaman. Berpikirlah kreatif dan wujudkan ide-ide kamu dalam mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
3. Tambahkan tanaman hidup
Jika kamu bekerja di kubikel dalam ruangan tertutup, cobalah tambahkan tanaman hidup sebagai hiasan di meja kamu. Tidak perlu yang besar-besar dan rumit merawatnya, cobalah sukulen, kaktus, atau bambu Cina untuk diletakkan di ujung meja. Tumbuhan seperti sukulen dan kaktus memang memiliki berbagai jenis spesies dan warna yang menarik, sehingga dapat mencerahkan meja kerja kamu. Apalagi tumbuhan tersebut tidak perlu disiram terlalu banyak dan dapat tumbuh baik di ruang tertutup pun. Tumbuhan yang ada di meja juga dapat memberikan energi positif bagi orang yang memandangnya, dan membuat meja kerja kamu semakin terlihat hidup.
Baca juga: Sewa Ruang Kerja dan Meeting Room Dengan Mudah di Uptown
4. Siapkan papan di sebelah sisi meja kerja
Untuk menata ruang kerja kantor menjadi lebih efisien, cobalah letakkan satu buah papan yang memiliki magnet atau paku kecil untuk menempelkan berbagai kertas. Nantinya papan ini akan berisikan mengenai segala hal yang harus kamu kerjakan, jadwal rapat, serta berbagai hal penting lainnya. Kamu juga bisa menggunakan sticky notes untuk menempelkan kertas-kertas yang bertuliskan berbagai macam hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika suatu pekerjaan sudah selesai, kamu tinggal mencabut sticky note tersebut sehingga hanya hal yang belum selesailah yang ada di papan.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
5. Tempatkan layar komputer setinggi mata
Salah satu hal yang seringkali membuat leher sakit adalah posisi komputer yang lebih rendah dari posisi mata ketika kamu duduk. Akibatnya, sepanjang hari kamu terus-menerus melihat komputer dengan menunduk. Cobalah untuk meninggikan tempat laptop sampai layar sejajar dengan mata kamu. Jika memang meja yang terdapat dalam fasilitas kantor cukup rendah, cobalah untuk menggunakan keyboard bluetooth yang terpisah dari laptop untuk tetap bisa mengetik dengan posisi tangan rileks namun juga leher yang tidak kaku. Layar laptop atau komputer juga sebaiknya diatur agar sedikit miring ke belakang sekitar 10-15 derajat, sehingga mata kamu tidak terlalu lelah untuk menatap layar laptop.
6. Tambahkan foto keluarga di meja
Agar bekerja menjadi lebih semangat, cobalah untuk menambahkan foto keluarga di meja kerja. Aturlah sedemikian rupa sehingga foto tersebut berada di posisi yang selalu kamu lihat namun tidak mengganggu pekerjaan. Jika ruang kerja kamu adalah sebuah kubikel, pasanglah foto keluarga dan berbagai foto yang membuat kamu semangat di sekeliling dindingnya. Tambahkan aksesoris tambahan seperti lukisan, kartu pos, atau apa pun yang berwarna cerah sehingga kubikel kamu terlihat memberikan energi positif dan semangat.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
7. Lapisi keyboard dengan warna menarik
Meng-upgrade keyboard laptop atau komputer pun bisa menjadi bagian dari cara menata ruang kerja kantor yang nyaman. Saat ini untuk meng-upgrade keyboard pun tidak terlalu sulit karena sudah banyak sekali penjual di toko aksesoris komputer yang menjualnya. Uniknya lapisan keyboard tersebut bisa disesuaikan dengan warna yang kamu sukai. Bila kamu penggemar animasi pun, beberapa toko aksesoris sudah menjualnya jadi bisa disesuaikan dengan kepribadian kamu.
8. Letakkan posisi telepon di tempat yang sesuai
Di setiap ruangan ataupun di setiap meja kantor pastinya memiliki sebuah telepon untuk berkomunikasi antar divisi. Karena itu simpanlah telepon yang sering kamu gunakan di tempat yang sesuai. Yaitu yang tidak terllau jauh dari ruangan atau meja kerja kamu. Karena bila disimpan di tempat yang tidak sesuai akan menganggu kenyamanan ketika kamu berkomunikasi.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
9. Siapkan camilan sehat
Sumber produktivitas mungkin tersembunyi di dalam perut karyawan. Sebuah studi dari British Journal of Health Psychology pada tahun 2015 menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki peningkatan kadar kreativitas, keingintahuan, serta kesehatan. Menyediakan camilan atau makanan sehat di kantor dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.
Baca juga: Uptown – Ruang Kerja Berkonsep Hybrid dari Salim Group
10. Pilih furniture yang sesuai dengan ruangan kerja
Cara menata ruang kerja kantor yang nyaman selanjutnya adalah memilih furniture yang sesuai dengan ruangan. Hal ini tergolong wajib karena banyak orang yang memilih furniture bukan karena kebutuhan melainkan karena merasa perlu untuk membelinya. Padahal furnitur yang dibeli tidaklah nyaman atau menyatu dengan bentuk ruang kerja yang ia tempati. Oleh karena itu, pilihkan furniture yang sesuai dengan ruangan kerja agar kamu merasa nyaman dan terasa luas.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
11. Pasang wallpaper
Rata-rata disetiap kantor cat dinding yang mendominasi adalah warna putih atau pun warna kaku lainnya yang terkadang membuat jenuh. Jika kamu ingin ruang kerja tampil beda bisa menambahkan wallpaper yang menarik dan bergambar namun masih dalam batas yang wajar atau diperkenankan oleh pihak penyewa. Dengan adanya tampilan yang berbeda pada dinding ruang kerja biasanya akan membuat fresh dan semangat dalam berkerja. Cara menata ruang kerja dengan memasang wallpaper ini sudah banyak dilakukan di beberapa tempat kerja. Dengan begitu ruangan kerja tak terlihat kaku.
12. Tambahkan cermin berukuran sedang
Ruangan kerja yang kecil dapat membuat rasa penat datang lebih cepat. Oleh karenanya, cobalah tempatkan cermin berukuran sedang di samping meja jika kamu merasa kubikel kerja kamu terlalu sempit. Dengan cermin di bagian samping, secara tidak langsung akan memberikan efek meluaskan, karena pandangan kamu pun menjadi lebih luas saat menatap cermin, tidak terpaku ke dinding kosong yang seringkali membuat jenuh.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
13. Siapkan jendela atau pencahayaan yang baik
Pencahayaan menjadi salah satu poin dekorasi yang sangat penting. Untuk kamu yang merasa ruang kerja kurang memiliki pencahayaan dari luar secara sempurna, dan lampu di dalam ruangan pun tidak banyak membantu, cobalah untuk memasang lampu kecil di samping meja sehingga ruangan kerja terasa lebih hangat dan nyaman. Meja dengan pencahayaan cukup juga membuat kamu tidak mudah mengantuk, sehingga bisa lebih produktif lagi dalam menyelesaikan pekerjaan.
Baca juga: 8 Kelebihan Yang Didapatkan Apabila Sewa Ruang Kantor di Uptown
14. Siapkan ruang pribadi
Tak sedikit menganggap jika ruangan kerja terbuka bisa mendekatkan hubungan antarkaryawan. Namun, sebuah studi tahun 2011 mengungkapkan sebaliknya. Ruang kantor dengan tipe tersebut juga seringkali mengurangi produktivitas, kreativitas, dan kepuasan kerja. Hal ini bisa dimaklumi karena konsentrasi karyawan bisa terpecah akibat suara-suara dari aktivitas karyawan lain dalam ruangan terbuka. Untuk itu, cobalah untuk menyediakan beberapa ruang pribadi yang bisa digunakan karyawan sesuai dengan kebutuhannya. Siapa tau produktivitas karyawan bisa meningkat karena hal ini.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
15. Siapkan ruang istirahat
Beristirahat sejenak di tengah-tengah kesibukan ternyata terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sebuah studi membuktikan bahwa seseorang yang mengambil rehat sejenak di antara pekerjaan mereka dapat berkinerja lebih baik dibandingkan dengan mereka yang bekerja tanpa henti. Agar sesi rehat dapat berjalan optimal, kamu dapat menyediakan sebuah ruangan khusus untuk istirahat. Tidak perlu terlalu mewah, cukup sediakan beberapa beanbag atau bantal dengan bentuk yang nyaman dijamin karyawan dapat istirahat dengan baik sebelum mereka kembali bekerja.
16. Sediakan udara bersih bagi karyawan
Setiap perusahaan perlu memperhatikan kualitas udara yang ada di dalam kantor. Selain agar karyawan lebih sehat, ternyata ada dampak positif lain yang bisa didapatkan. Apakah itu? Menurut sebuah studi dari A National Research Council of Canada, hal ini ternyata ini ada kaitannya dengan kepuasan pekerja terhadap perusahaan terhadap tingginya angka karbon dioksida serta polutan lain di udara. Faktanya, buruknya kualitas udara dapat mengurangi produktivitas karyawan hingga 9% — sebuah angka yang cukup besar, terutama jika melihat sangat mudahnya untuk memperbaiki permasalahan ini. Adapun, kualitas udara dapat dengan mudah diperbaiki, sesimpel dengan cara membuka jendela pada ruangan atau berinvestasi pada sebuah alat air purifier.

Catat! 16 Cara Membuat Ruang Kerja Kantor Nyaman
But yeah Many thanks for taking the time to chat about this, I consider strongly about it and in actuality like learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your website with more information? It is extremely helpful for me.