Waralaba atau franchise adalah jenis usaha yang paling sering kita temui dimana-mana. Ketika suatu usaha baru menjadi sangat berkembang, maka peluang waralaba untuk para pebisnis kecil lainnya sangat terbuka lebar, sehingga secara tidak langsung bisnis tersebut akan semakin berkembang dan maju dengan lebih mudah. Sebelum membahas waralaba atau franchise lebih jauh, yuk kita pahami pengertian waralaba terlebih dahulu.
Pengertian Waralaba
Definisi waralaba atau franchise adalah jenis lisensi yang diperoleh dari pihak tertentu sebagai pemegang waralaba untuk memungkinkan mereka memiliki akses ke dalam pengetahuan, proses, dan merek (brand) dagang yang dipunyai oleh pemilik waralaba atau perusahaan induk, yang kemudian memungkinkan pihak tersebut untuk menjual produk atau layanan jasa dalam bisnis yang dilakukan. Dengan kata lain, bisnis waralaba atau franchise ini akan memberikan peluang yang besar bagi kita untuk dapat membeli model-model bisnis yang ada dan meraih kesuksesan bisnis yang sama sesuai dengan rekam jejak yang sudah terbukti sebelumnya.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
Contoh bisnis waralaba
Beberapa contoh waralaba atau contoh franchise di Indonesia biasanya diliputi oleh restoran cepat saji. Selain itu, biasanya restoran cepat saji ini berasal dari Amerika Serikat sebagai negara pertama tempat waralaba berkembang, yang kemudian masuk menjadi waralaba di Indonesia. Kabar baiknya, sudah banyak restoran cepat saji, produk makanan, waralaba minuman atau layanan jasa merek lokal sebagai hasil anak bangsa yang sukses menjadi waralaba atau franchise Indonesia yang sangat terkenal. Hal ini telah membuat daftar waralaba 2020 di Indonesia menjadi semakin meningkat.
Nah untuk kalian yang ingin memiliki bisnis waralaba, kami akan share ini 15 pertimbangan penting dalam memilih usaha waralaba. Kelebihan dan kekurangan dalam jenis usaha ini agar kamu dapat memastikan bahwa keputusan yang kamu ambil adalah keputusan yang paling terbaik untuk situasi keuangan kamu sekarang.
15 Pertimbangan penting dalam memilih usaha waralaba
1. Jenis usaha dan potensi pasarnya
Apapun jenis waralaba yang akan kamu jadikan sebagai pilihan, pastikan kamu mengenalnya dengan baik sejak awal dan bisa melihat potensi pasar yang ada untuk usaha tersebut. Hal ini akan sangat berhubungan dengan lokasi usaha yang akan kamu pilih, sebab setiap lokasi tentu saja akan memiliki potensi usaha yang berbeda-beda. Luangkan waktu kamu untuk menggali berbagai informasi terkait dengan waralaba yang kamu inginkan, termasuk meninjau lokasi di mana kelak kamu akan mendirikan usaha tersebut.
2. Lokasi usaha
Berhubungan dengan nama dagang dan poin pertama, nantinya jika kamu sudah memutuskan untuk memilih lokasi dagang, agaknya calon konsumen yang menjadi target, juga harus dilakukan survey, apakah mereka mengenal waralaba atau nama merk tersebut atau tidak. Jika tidak sudah pasti percuma, sama halnya memulai bisnis sendiri dari nol, dengan membangun brand.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
3. Besaran modal yang dibutuhkan
Waralaba hadir dalam berbagai skala. Mulai dari yang berukuran besar hingga yang hanya skala terkecil sekalipun ada. Artinya, kamu akan sangat leluasa untuk memilih waralaba yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Hindari untuk mengambil waralaba yang mahal dan membutuhkan modal besar, terutama jika ini akan menjadi bisnis waralaba pertama kamu. Jika memungkinkan, memulai waralaba dalam skala kecil terlebih dahulu adalah pilihan yang bijak. Selain memudahkan kamu dalam mengelola usaha tersebut, skala yang kecil seperti ini tentu akan berbanding lurus dengan resiko yang juga kecil di dalam bisnis yang kamu jalankan.
Baca juga: Kembali Bekerja setelah Bisnis Gagal, Gimana Cara Merintis Karir Lagi?
4. Tenaga kerja dan keahlian yang dibutuhkan
Cermati juga keahlian apa yang akan dibutuhkan dalam waralaba yang kamu minati, sebab hal ini akan secara langsung berpengaruh pada keberhasilan kamu dalam bisnis tersebut. Pastikan usaha waralaba yang kamu pilih benar-benar kamu pahami dengan baik sejak awal. Penting untuk memastikan bahwa semua kebutuhan keahlian di dalam usaha ini bisa kamu penuhi dengan tepat, baik itu dengan mengerjakannya seorang diri ataupun dengan mempekerjakan seseorang yang mampu dan tepat.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
5. Reputasi franchisor
Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya terkait franchisor, mulai dari awal dia mendirikan usaha, reputasi, jumlah mitra yang dimiliki. Kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan dengan mendatangi outlet mitra franchisor sembari melihat respon pasar terhadap produk tersebut atau mewawancarai penjaga outlet untuk mendapatkan informasi kendala yang dihadapi, perkiraan omset yang didapat saat ramai atau sepi pembeli dll. Informasi yang kamu dapatkan merupakan bahan pertimbangan dalam menentukan apakah bisnis tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu lama atau tidak.
6. Apa kamu siap menjalankan semua prosedur?
Ada begitu banyak pengusaha dan pebisnis yang hebat dan jago dalam menjalankan bisnis, namun apakah mereka yakin dan mampu untuk menjalankan semua prosedur waralaba yang ada? Beberapa prosedur yang perlu kita jalani adalah memperoleh investasi untuk pembiayaan modal waralaba, menegosiasikan persyaratan sewa dalam waralaba, memilih wilayah atau menemukan lokasi yang tepat, mencari kontraktor yang handal untuk menyelesaikan pembangunan tempat bisnis dengan tepat waktu dan sesuai anggaran, dan lain sebagainya. Tidak semua pebisnis bisa dan mampu untuk melakukan hal-hal rumit seperti itu. Jadi, pastikan sebelum kita memutuskan untuk membangun waralaba, kita benar-benar mau dan bisa untuk melakukan semua itu.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
7. Sanggupkah kamu mengikuti sistem yang ada?
Ketika kita sudah memutuskan dan membeli suatu bisnis waralaba, itu artinya kita sudah membeli suatu sistem secara keseluruhan. Hal ini logis karena kita tidak membangun suatu bisnis dari awal secara mandiri, melainkan kita sedang menjalankan sistem waralaba yang sudah ada dari sebelumnya. Jadi, apakah diri kamu sudah sanggup untuk mengikuti dan menerapkan semua sistem waralaba yang pemilik perusahaan induk tetapkan?
Baca juga: 11 Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis untuk Mendongkrak Penjualan
8. Harus berhati-hati dalam menjaga citra perusahaan
Tidak hanya menjalankan sistem yang ada, kamu juga harus berhati-hati dalam menjaga citra perusahaan yang sudah terbentuk dari produk dan layanan jasa milik perusahaan induk. Misalnya, minuman kopi segar merek X sudah sangat terkenal dengan wangi kopi robustanya dan penyajiannya yang sangat apik. Jika kamu berniat untuk membuka waralaba dari kedai kopi X, maka kamu harus menjaga segala kesan baik yang melekat pada produk kopi tersebut. Jika tidak, maka ini akan menjadi bumerang bagi pemilik usaha karena pelanggan akan meninggalkan waralaba kamu.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
9. Apakah kamu dapat menggunakan modal bisnis dengan bijak?
Biasanya, bank atau pemberi pinjaman investasi akan jauh lebih percaya dan nyaman untuk membiayai pembelian bisnis waralaba. Terlebih lagi, jika bisnis waralaba yang dipilih memang benar-benar memiliki rekam jejak kesuksesan yang sudah terbukti dan masih sangat populer sampai sekarang. Nah, poin plus ini tetap harus menjadi bahan pertimbangan bagi kamu, karena kamu perlu benar-benar yakin untuk menggunakan modal bisnis yang dipinjamkan dengan sebaik mungkin dan membuktikan pengembalian investasi yang cepat serta menguntungkan.
10. Apakah kamu siap menerima dukungan lainnya?
Waralaba yang dilakukan dengan pemilik perusahaan induk yang baik akan membawa kita pada posisi yang bagus. Kita akan menerima banyak dukungan tambahan yang diberikan secara berkelanjutan. Misalnya, ketika kita menghadapi suatu masalah saat menjalankan bisnis waralaba, kita bisa saja meminta pertolongan dari perusahaan induk atau pengusaha waralaba lainnya. Bahkan, bagi perusahaan induk yang sudah mapan bisa saja mengirimkan staf mereka ke lokasi waralaba untuk memberikan pelatihan dan konsultasi jika memang diperlukan. Yang menjadi pertanyaannya, sudahkah kamu siap menerima dukungan-dukungan ini?

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
11. Apakah siap mengikuti jalur kesuksesan bisnis yang sudah ada?
Waralaba memang memiliki peluang kesuksesan yang lebih tinggi daripada jenis bisnis lainnya. Namun, siapkah kamu untuk mengikuti jalur kesuksesan yang sama? Sebagian pebisnis merasa jauh lebih nyaman untuk menciptakan jalur kesuksesan dari ide-ide cemerlang dan inovasi yang mereka miliki sendiri, daripada mengikuti apa yang sudah ada. Jadi, apakah kamu sudah siap mengikuti semua jalur kesuksesan yang sudah disediakan?
12. Menjalani setiap pelatihan
Pelatihan menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam dunia waralaba karena ini bertujuan untuk menjaga keseragaman dari waralaba itu sendiri. Oleh karena itu, perusahaan induk akan mengadakan beberapa program pelatihan secara rutin yang biasanya diadakan di kantor pusat mereka. Nah, apakah rekan pembaca siap menjalani semua pelatihan yang diberikan?

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba
13. Apakah kamu siap mengikuti template pemasaran yang sudah ditentukan?
Waralaba juga biasanya mengharuskan kita untuk menghabiskan sejumlah uang tertentu untuk pemasaran yang dilakukan secara lokal. Seringkali perusahaan induk memiliki garis besar atau panduan yang harus diikuti oleh kita, terutama dalam template materi pemasaran (marketing). Jadi, coba tanyakan pada diri sendiri sebelum memulai waralaba, apakah saya mau mengikuti template pemasaran yang sudah ditentukan?
14. Wilayah eksklusif dalam waralaba
Dalam bisnis waralaba, biasanya kita juga akan membeli wilayah eksklusif dimana wilayah tersebut telah dilindungi untuk mendirikan bisnis di bawah perusahaan induk yang kita pilih. Pada konteks wilayah eksklusif ini, waralaba hanya boleh dibuka dalam jumlah tertentu di wilayah geografis tertentu. Oleh karena itu, biasanya kita akan mendapatkan hak untuk mendirikan suatu waralaba dalam wilayah tertentu yang tidak boleh didirikan oleh pebisnis waralaba lainnya. Pertanyaannya, apakah rekan pembaca sudah siap dengan wilayah eksklusif yang mungkin sudah ditentukan oleh pengusaha induk?
15. Memperluas sistem waralaba
Jika kamu sudah sukses dalam mendirikan suatu waralaba, peluang lain akan terbuka lebar bagi rekan pembaca yaitu, memiliki kesempatan untuk mendirikan waralaba di lokasi lain. Ini artinya rekan pembaca harus bersiap-siap untuk menyisihkan modal waralaba untuk cabang lainnya dan mempersiapkan segala hal yang diperlukan.

15 Pertimbangan Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba