Human Resource Development atau yang biasa dikenal dengan sebutan HRD adalah sebuah posisi atau jabatan yang bertugas untuk bertanggung jawab penuh pada pengembangan sumber daya manusia dalam perusahaan mulai dari persiapan dalam perekrutan karyawan, wawancara kerja, hingga mengatur kontrak kerja. Padahal, ada banyak peran HRD lain selain ketiga hal tersebut. Termasuk kalau mendapatkan masalah saat sudah bekerja, ada tugas lain yang harus dilakukan seorang HRD. Salah satu jenis bantuan yang bisa didapatkan adalah bantuan pengembangan diri. Semisal, kalau mengalami masalah dalam urusan pekerja, maka kamu bisa meminta bantuan HRD untuk membantu. Begitu pula dengan hal-hal lainnya yang menyangkut kinerja kerja kamu di kantor. Lalu apa saja tugas dan tanggung jawab HRD yang umum dalam perusahaan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
Tugas dan tanggung jawab HRD yang umum dalam perusahaan
1. Mengawasi perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan
Kesehatan dan keselamatan karyawan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Dengan adanya jaminan kesehatan maupun keselamatan, dapat dipastikan, karyawan akan bekerja dengan lebih baik, sehingga hasil kinerjanya pun akan lebih maksimal. Dalam hal ini, HRD juga memegang peran signifikan dalam pengawasan perlengkapan untuk jaminan kesehatan dan keselematan tersebut. Pihak HRD harus mampu mengawasi, terutama di bagian perlengkapannya, agar tidak disalahgunakan dan menyebabkan sebuah kecelakaan kerja.
2. Memberikan orientasi
Kebanyakan perusahaan tidak menyediakan orientasi yang lengkap bagi karyawannya. Padahal ini adalah langkah dasar dalam membantu karyawan baru menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaannya serta dalam rangka memperkenalkan tugas dan tanggungjawab pekerjaannya. Hal ini tentunya tidak mudah dilakukan namun perlu dilaksanakan seorang HRD agar setiap fungsi departemen dan hubungan antar posisi dapat berjalan lancar dalam sebuah perusahaan.
Baca juga: Menjadi Lebih Efisien di Kantor dengan Menerapkan 10 Kebiasaan Ini
3. Menciptakan kondisi kerja yang aman dan kondusif
Menciptakan dan membuat kondisi kerja yang kondusif sehingga karyawan menyukai lingkungan tempat kerja mereka adalah tanggungjawab HRD, memotivasi karyawan yang tidak berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah juga termasuk tugas HRD. HRD harus memiliki sistem untuk menyediakan manfaat finansial mau pun non finansial bagi karyawan perusahaan, kesejahteraan karyawan akan sangat mendukung kepuasan dalam bekerja. Oleh sebab itu, pekerjaan HRD menuntut seseorang untuk mampu menciptakan kondisi kerja yang aman dan kondusif sekecil apapun itu.
4. Membantumu menyelesaikan masalah dengan rekan kerja
Seringkali karyawan merasa enggan atau takut untuk menyampaikan sesuatu pada atasan. Nah, kalau mengalami hal seperti ini, kamu bisa meminta bantuan HRD untuk menyampaikannya. Seandainya punya masalah dengan atasan atau rekan kerja, kamu juga bisa meminta bantuan untuk menyelesaikannya. Umumnya, dalam hal ini pihak HRD akan menjadi mediator atau penghubung dalam menyelesaikan masalah. Jika masalah yang terjadi berhubungan dengan status kerja karyawan, HRD juga bisa menyelesaikannya.
5. Bantuan HRD untuk masalah pelecahan dan diskriminasi
Karyawan di kantor terdiri berbagai macam karakter dan berasal dari beragam latar belakang. Oleh karenanya, masalah-masalah terkait kedua hal tersebut bisa terjadi. Salah satunya yaitu pelecahan seksual. Jika ini terjadi padamu, kamu bisa meminta bantuan HRD untuk menyelesaikannya. Kamu juga bisa meminta bantuan jika mengalami diskriminasi. Tidak hanya diskriminasi agama atau ras saja, tapi kamu juga diskriminasi gender ataupun usia. Dengan mengetahui berbagai bantuan yang bisa kamu dapatkan dari HRD, kamu tidak akan merasa sendirian jika mendapatkan masalah di kantor.
Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Ruang Kantor Murah Di Jakarta
6. Meningkatkan skill
Salah satu tugas HRD adalah mengembangkan kemampuan karyawan. Oleh karenanya, menjalankan program-program pelatihan menjadi tanggung jawab dari HRD. Jika ingin meningkatkan kemampuan lainnya tapi tidak tahu apa yang ingin dilakukan, kamu juga bisa meminta bantuan HRD. Kemampuan ini bisa berupa hard skill ataupun soft skill. Jadi tidak ada salahnya kamu menghubungi pihak HRD jika langkah ini memang perlu dilakukan.
7. Memberikan rekomendasi pengangkatan jabatan dan kompensasi
Pihak HRD memiliki hak khusus untuk merekomendasikan seorang karyawan untuk naik jabatan maupun pemberian kompensasi bagi karyawan yang pantas diberi reward berbentuk kompensasi. Rekomendasi ini diberikan oleh HRD atas dasar kinerja yang diperlihatkan oleh karyawan tersebut. Semakin baik kinerja yang ditunjukkan, maka kesempatannya untuk memperoleh rekomendasi akan semakin besar. Maka dari itu, jika kamu ingin segera dipromosikan, pastikan kinerjamu stabil dan terus berkembang ya!
I had this content bookmarked some time ago but my notebook crashed. I have since gotten a new one and it took me a while to locate this! I also really like the template though.