Skill atau kemampuan adalah hal yang harus dimiliki semua orang untuk bertahan hidup. Apalagi di masa-masa sekarang, dimana dunia bergerak sangat cepat dan selalu ada terjadi perubahan di dalamnya. Sebagai manusia, kita pun pasti selalu dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru termasuk perubahan-perubahan yang ada. Begitupun di tempat kerja, jika manusia tidak memiliki skill atau kemampuan yang baik untuk menyesuaikan diri, lambat laun manusia akan digantikan oleh artificial intelligence atau robot. Nah agar hal ini tidak terjadi pada kamu, berikut ini akan kami share 12 kemampuan penting agar bisa menaikkan karir kamu di masa depan. Para milenial atau gen Y harus memahami setidaknya 12 skill ini. Yuk disimak!
12 Kemampuan penting agar bisa menaikkan karir kamu di masa depan
1. Komunikasi
Seperti kita tahu, komunikasi merupakan fondasi penting yang digunakan untuk membina, memelihara hubungan kerja yang baik, antara sesama staf maupun atasan. Dengan komunikasi, kita juga dapat menciptakan lingkungan pekerjaan yang lebih terarah, jelas, dan terstruktur. Dengan skill komunikasi yang baik, pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan dan menghasilkan output yang lebih baik lagi. Lalu seperti sih komunikasi yang baik itu?
Yang terpenting, berbicara dengan kalimat yang jelas. Ketika berbicara, jangan pakai kalimat yang membuat orang bingung atau kalimat bermakna ganda. Kedua, kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik. Jangan sampai kamu memotong pembicaraan karena kamu sudah tidak sabar membalas pembicaraan kolegamu. Ketiga, berpikir terbuka. Hal ini akan membantu kamu untuk memahami permasalahan lebih luas. Usahakan jangan menaruh prasangka atau asumsi terlalu awal agar pesan yang disampaikan kepadamu tidak bias oleh pikiranmu sendiri.
2. Berinteraksi dengan orang lain
Skill dalam membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain (interpersonal) ini sangat bergantung pada skill komunikasimu. Setiap harinya kamu berinteraksi dengan rekan kerja, bos, bawahan, costumer, supplier, atau siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Kemampuan membangun hubungan ini akan membuat pekerjaan kamu berjalan dengan baik. Kemampuan membangun hubungan ini menjadi pondasi dalam membangun kerjasana tim, membangun networking, mengambil hati konsumen, dan akan disukai oleh banyak orang.
3. Jujur dan mampu menerima kritik
Sekarang ini, kejujuran menjadi hal yang langka. Kenapa begitu? karena manusia mungkin lupa akan integritasnya dan juga terlalu acuh akan tindakan yang dilakukannya sehari hari. Maka dari itu tidak aneh bila kamu sering menemukan orang yang sukses dan uang yang banyak tapi sering tidak jujur dan membohongi masyarakat lewat postingan di sosial medianya. Oleh karena itu kejujuran dan integritas harus tetap dipegang agar karier ke depannya tidak tersandung. Selain itu, kadang sebagian orang merasa sudah melakukan langkah yang benar sehingga mereka tidak terima jika ada yang mengkritik. Mereka akan menganggap disalahkan, padahal kritik tersebut dapat membangun karier ke depannya.
4. Berpikir kritis
Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir yang digunakan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada. Berpikir kritis mencakup terbentuknya penilaian yang logis dan masuk akal sebagai landasan yang kuat untuk melakukan sebuah tindakan, sehingga kamu tidak langsung menerima penilaian begitu saja tanpa berpikir panjang. Dalam berpikir kritis, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi yang baik untuk mencerna sebuah informasi yang didapat dari observasi, pengalaman, atau komunikasi. Selanjutnya, identifikasi apakah ada inkonsistensi dalam argumen yang dinyatakan, jika ada coba pecahkan masalah tersebut secara sistematis dan ukur seberapa relevan atau pentingnya argumen tersebut.
Baca juga: 10 Life Skill yang Wajib Dimiliki Di Dunia Kerja Pada Tahun 2022
5. Mengembangkan jaringan
Orang-orang yang kamu kenal, terutama yang bekerja dalam bidangmu saat ini, berperan besar dalam pengembangan karirmu. Mereka dapat memberikan pengetahuan yang kamu butuhkan mengenai jalur karirmu dan tantangan yang akan kamu hadapi. Mulailah membangun networking demi pengembangan karir saat ini dengan menghadiri konferensi yang mempertemukanmu dengan banyak orang baru. Tunjukkan pula kemampuan yang kamu miliki. Semakin banyak yang menyadari potensi pada dirimu, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan kesempatan bekerja di tempat baru.
6. Jangan takut berinisiatif
Belajar untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab akan membantumu memiliki kemampuan skill kerja yang lebih baik. Inisiatif untuk menyampaikan ide-ide dalam pemecahan masalah dapat membuat kemampuanmu semakin dihargai. Selain itu, orang lain akan lebih mudah menerima kamu sebagai pemimpin di masa depan. Hal ini karena kamu sudah memiliki rekam jejak dalam membantu tim menyelesaikan masalah. Dengan memberanikan diri dalam mengambil inisiatif juga bisa membuatmu mendapatkan banyak pelajaran baru.
7. Bertanggung jawab
Jika membahas skill yang diperlukan untuk menaikkan karir, maka tidak akan lepas dengan namanya dengan tanggung jawab. Tentunya jika ingin meningkatkan kemampuan dan jabatan, kamu harus selalu bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan. Mulai dari pekerjaan utama hingga dengan inisiatif yang coba kamu ambil. Tanggung jawab bukanlah hal yang dapat muncul secara sendirinya. Kamu perlu menumbuhkan kejujuran, empati, dan menghargai orang lain. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu bisa mengembangkan nilai pribadi dan profesionalitas dalam bekerja. Selain itu, dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik akan meningkatkan kepercayaan rekan kerja dan atasan mu.
8. Mengevaluasi diri
Evaluasi diri merupakan aspek yang penting dalam pengembangan karir. Selain membantumu meningkatkan skill, kamu juga akan semakin memahami keunggulan dan kekuranganmu serta peran yang kamu miliki dalam perusahaan tersebut. Feedback dari orang lain juga sama pentingnya untuk mengetahui seberapa efektif kamu dalam bekerja. Cobalah meminta masukan dari rekan kerja atau Supervisor di tempatmu bekerja. Tanyakan juga momen apa yang membuat kamu bekerja lebih efektif dari biasanya.
Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Menguasai Skill Public Speaking
9. Pemecah masalah
Permasalahan pasti akan selalu terjadi di mana pun kamu berada, termasuk di tempat kerja. Seorang karyawan harus dituntut untuk bisa memecahkan permasalahan secara efektif dan cepat, baik secara individu maupun bersama kelompok. Untuk dapat memecahkan masalah, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi permasalahan yang ada. Selanjutnya, cari sebanyak-banyaknya informasi mengenai permasalahan yang ada, seperti apa penyebab masalah ini terjadi dan kenapa masalah ini hanya terjadi di waktu-waktu tertentu.
Jika kamu sudah mengevaluasi semua pertimbangan baik buruknya, maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah implementasikan solusi. Jangan lupa setelah melakukan implementasi, kamu juga harus mengukur keefektifan solusi tersebut ketika sudah dijalankan. Kemampuan pemecahan masalah memang terasa sulit untuk dilakukan pada awalnya, coba latih dirimu sedikit demi sedikit dengan memecahkan masalah ringan yang ada di sekitarmu.
10. Skill negosiasi
Kemampuan selanjutnya yang harus dimiliki oleh generasi muda berikutnya adalah skill negosiasi. Negosiasi memiliki arti dua pihak atau lebih yang memiliki tujuan yang berbeda mendiskusikan masalah mereka untuk mencari jalan keluar. Dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari keterampilan ini sangatlah dibutuhkan contohnya dalam kesepakatan penjualan, pembelian, kontrak hukum, sampai menyelesaikan konflik. Skill ini sama pentingnya dengan skill memecahkan masalah karena dengan skill negosiasi kamu dapat menyelesaikan beberapa masalah yang muncul di kemudian hari. Lebih lanjut, skill negosiasi juga penting dalam penyelesaian kehidupan sehari-hari.
11. Adaptasi
Keterampilan yang juga sangat penting bagi generasi muda yang ingin menaikkan karirnya adalah memiliki kemampuan beradaptasi. Ketika kamu masih fresh graduate dan baru pertama kali masuk ke dunia pekerjaan, kamu harus beradaptasi dengan berbagai jenis pekerjaan, lingkungan, dan kepribadian baru. Keterampilan beradaptasi sangat berguna untuk dapat mudah bersosialisasi di lingkungan baru dan kemampuan untuk dapat bertahan di kantor.
12. Kemampuan untuk terus mau belajar
Di zaman modern saat ini, akses untuk belajar apapun sangat terbuka luas. Tinggal apakah kamu memiliki kemauan untuk belajar secara terus menerus. Skill belajar ini dapat terus diasah dengan membaca buku, berita-berita, mengikuti seminar, dan lain-lain. Pembelajaran ini sebagai upaya agar tidak ketinggalan informasi. Informasi yang didapatkan pun harus dapat diseleksi, dicerna, dan diolah menjadi informasi yang menguntungkan bagi kamu maupun perusahaan tempat kamu bekerja. Dengan meningkatnya pengetahuan kamu, maka kompetensi kamu juga akan meningkat, begitu juga dengan peningkatan karier kamu.