Menjelang liburan Idul Fitri sering sekali ditemukan banyak profesional di Jakarta yang memilih untuk pindah kerja ke perusahaan yang baru. Saat proses ini terjadi pasti banyak yang merasa deg-degan bukan? Pastinya. Merasa butuh penyesuaian? Tentu sudah jelas. Tapi apapun bakal dilakukan demi mencapai cita-cita yang sudah dirancang, bukan? Jadi gak usah terlalu khawatir dengan perubahan mendadak seperti ini. Apalagi memang harus ada perubahan signifikan dalam hidup setiap orang ketika melangkah ke hal yang baru. Beruntunglah bagi kita yang bisa menghadapi tantangan baru tersebut agar menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, biar gak keteteran dan cepat betah di kantor baru, berikut ini kita akan bagikan tips 10 cara membangun rasa percaya diri di tempat kerja. Semoga ilmunya berguna ya!
10 Cara membangun rasa percaya diri di tempat kerja
1. Pakai outfit yang nyaman dan membuatmu merasa cantik atau keren
Pakaian adalah elemen paling dasar dan yang paling pertama bisa merepresentasikan karakter yang kamu punya. Oleh karena itu, pilihlah outfit yang paling menggambarkan karakter kamu di hari pertama kamu bekerja di kantor baru. Ini akan membuat kamu bersemangat berangkat kerja dan mengurasi rasa gugup saat harus berhadapan dengan orang-orang baru. Selama kamu merasa nyaman, keren, atau cantik, isi kepala kamu juga bisa tergambarkan dengan positif.
2. Fokus pada pekerjaan
Kemudian, kamu sebaiknya fokus pada diri sendiri dan tugas yang akan kamu lakukan pada hari itu. Selain itu, kamu juga harus menghindari obrolan ringan (gosip) di sekitar kantor, dan jangan terguncang dengan obrolan ringan. Saat kamu bekerja dengan baik, kepercayaan diri kamu pada diri sendiri akan muncul. Kemudian, pekerjaan kamu akan selesai dengan baik dan dihargai oleh atasan dan tim kantor kamu.
3. Identifikasi kelebihan dan kekurangan
Coba kenali dirimu dengan jujur, cari tahu apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu. Tidak ada orang lain yang mengetahui kemampuanmu kecuali dirimu sendiri. Beberapa penyebab yang membuat orang kurang percaya diri adalah karena tidak menyadari kelebihan mereka dan malah terlalu fokus terhadap kekurangannya. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih kesulitan untuk mengidentifikasi hal tersebut, berikut beberapa langkah yang dapat kamu terapkan: lakukan tes mandiri, bagi dalam beberapa konteks misalnya kebijaksanaan, kegigihan, kreativitas, penyesuaian diri, dan aktivitas pekerjaan, lalu beri nilai seberapa dekat kesesuaian dengan konteks tersebut. Terakhir, jika kamu kurang yakin, konsultasikan dengan orang terdekat atau ahli.
Baca juga: 10 Skill Kerja yang Harus Dikuasai Para Generasi Digital
4. Awali dengan berinteraksi dalam skala lingkungan yang kecil
Cepat betah di kantor baru pasti tetap perlu waktu tertentu. Jadi gak usah buru-buru pengen akrab sana-sini. Kenali dulu teman-teman yang berada dalam 1 divisi dengan kamu atau paling gak yang kelak akan banyak bersinggungan sama pekerjaanmu. Dari situ lingkup pergaulanmu juga akan meluas kok. Justru dengan mulai berinteraksi dalam skala kecil, kamu akan lebih fokus mengenal lingkungan kerjamu yang baru.
5. Ikuti aktivitas perusahaan
Tentunya tindakan konkret harus dilakukan untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Misalnya mengikuti acara yang diselenggarakan oleh perusahaan. Sebagian besar perusahaan biasanya menyelenggarakan acara untuk membantu meningkatkan kohesi antar karyawan. Kegiatannya sendiri akan berbeda, seperti bersepeda, golf, sepak bola atau keluar jalan – jalan. Dalam hal ini, kamu akan bisa bersosialisasi dengan karyawan lain. Jadikan kolega kamu semakin banyak. Ini akan membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri kamu cepat atau lambat.
6. Gunakan jeda saat berkomunikasi
Selain penampilan dan karakter, aspek lain yang juga menjadi faktor awal yang dinilai orang saat berinteraksi sama kita adalah gaya bicara. Jadi kalau kamu ingin terlihat percaya diri, hindari penggunaan nada bicara yang terlalu pelan atau terlalu cepat. Tempatkan jeda pada setiap akhir kalimat yang kamu ucapkan sebagai tanda kamu telah menghargai lawan bicaramu. Dengan begitu kamu juga memberi kesempatan pada mereka untuk memproses pembicaraan yang kalian lakukan.
7. Be Present!
Tugas baru dan lingkungan baru memang challenging banget, ya? Tapi bukan berarti kamu gak bisa, kok. Agar kamu gak merasa kaget dan kelimpungan, usahakan hadir dalam setiap kesempatan yang kamu punya. Bukan cuma fisik, tapi pikiran juga. Ini akan membantu kamu merasa percaya diri dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru.
Baca juga: Berikut Ini 10 Tips Agar Kamu Bisa Lolos Psikotes Kerja
8. Berbagi pengalaman
Kamu adalah sosok yang punya banyak prestasi. Gak ada salahnya membicarakan hal ini untuk menunjukkan bahwa kamu juga punya posisi tawar yang setara dengan orang-orang lama di kantor barumu. Asal gak dilakukan secara sombong dan berlebihan, ini bisa jadi waktu yang tepat untuk melatih kepercayaan diri di tempat baru.
9. Selalu perbarui informasi
Cobalah untuk tetap memperbarui informasi, khususnya mengenai hal yang berkaitan dengan pekerjaan mu. Jangan sampai melewatkan informasi yang ada di depan matamu. Ketika merasa kurang mengerti terhadap sesuatu hal, jangan ragu untuk menanyakan ke rekanmu. Pada saat kamu memiliki informasi yang cukup dan ada rekan kerjamu yang menanyakan informasi, maka jawabanmu akan membantunya. Memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri.
10. Lakukan hal yang membuatmu bahagia
Menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu senang dapat membuatmu memiliki pemikiran yang positif. Kamu bisa menyelipkan hal-hal kecil yang membuatmu senang dalam aktivitas sehari-harimu, misalnya membaca buku, menonton film, memasak, atau hal lainnya. Pemikiran yang positif tersebut merupakan salah satu cara agar rasa percaya diri kamu tumbuh dan bisa diaplikasikan dalam dunia kantor dan pekerjaan sehari-hari.
Thank you for an additional wonderful post. Where else could anybody get that type of data in this kind of a ideal way of writing? I have a presentation next week, and I am around the look for such data.