Strategi pemasaran produk di dalam bisnis menjadi hal yang paling penting dan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Sebab, strategi pemasaran yang digunakan oleh sebuah perusahaan harus bisa membuat produk yang ditawarkan menjadi dikenal banyak orang, yang nantinya akan berdampak pada penjualan produk itu sendiri. Dengan berkembangnya dunia digital, maka strategi pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini pun menjadi pemasaran online atau digital marketing. Namun masalahnya, tidak semua produk cocok dipasarkan secara online karena banyak juga produk yang lebih cocok jika dipasarkan dengan cara konvensional. Nah agar kamu bisa bekerja secara maksimal dan efisien, berikut ini akan kami bagikan 15 jenis strategi pemasaran efektif yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu!
Apa itu strategi pemasaran?
Sebelum mengetahui berbagai strategi pemasaran lebih jauh, kamu perlu mengetahui definisi strategi pemasaran atau sering juga disebut marketing strategy. Strategi marketing adalah keseluruhan usaha dari sebuah bisnis untuk menjangkau target customer yang dianggap prospektif, lalu mengubah mereka untuk menjadi customer tetap untuk jasa maupun produk sebuah bisnis.
Selain strategi marketing atau marketing strategy, kamu juga bisa menjumpai istilah marketing plan. Apa perbedaannya? Secara singkat, marketing plan merupakan bagian dari strategi marketing yang meliputi dokumen aktivitas pemasaran secara rinci dan berisi jadwal dari inisiatif pemasaran yang akan dilaksanakan. Idealnya, strategi marketing harus bersifat jangka panjang dibandingkan dengan marketing plan.
Hal ini karena strategi pemasaran mencakup gambaran besar dari pesan yang ingin disampaikan, sementara marketing plan menggambarkan detail kebutuhan untuk melaksanakan strategi yang ada. Agar bisa memilih strategi pemasaran yang paling efektif, perusahaan harus melihat aspek terpenting yang menunjang bisnisnya. Produk tertentu mungkin perlu dipasarkan dengan cara konvensional, tapi ada pula produk yang lebih efektif bila dipromosikan secara digital.
Baca juga: 10 Tools Content Marketing Paling Bermanfaat untuk Pemasaran
15 Jenis strategi pemasaran efektif yang perlu kamu ketahui
1. Iklan berbayar
Iklan berbayar atau paid advertising sudah dilakukan sejak abad ke-18. Bedanya, pebisnis zaman dulu mengiklankan produknya secara berbayar di surat kabar. Seiring perkembangan zaman, muncullah iklan di televisi sejak tahun 1941 di Amerika Serikat. Kini, iklan berbayar bisa juga dilakukan di internet dengan metode paid per click (PPC). Biayanya juga lebih murah bila dibandingkan dengan metode tradisional tadi. Selain itu, iklan berbayar di internet juga mampu menjangkau audiens yang lebih luas lagi.
2. Pemasaran transaksional
Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan terbesar sekalipun adalah memenuhi target penjualan. Namun, keberadaan strategi pemasaran transaksional ternyata cukup efektif mengatasi masalah ini. Perusahaan yang menggunakan strategi ini mampu menarik konsumen melalui kupon belanja, diskon, promosi, dan acara-acara besar. Akhirnya, konsumen tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.
3. Pemasaran media sosial
Kita semua pasti setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya. Contohnya berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook adalah salah satu cara memasarkan produk lewat internet. Biasanya untuk kamu yang punya usaha online atau bisnis online akan sering melakukan pemasaran lewat media sosial. Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik pemasaran di media sosial.
Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi. Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual. Dalam pemasaran media sosial, kamu juga dapat berkolaborasi dengan influencer. Ini adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen.

15 Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Ketahui
4. Pemasaran interaktif
Strategi pemasaran interaktif melibatkan partisipasi konsumen dalam proses pemasaran itu sendiri. Contoh, perusahaan dapat mencantumkan nama konsumen atau kustomisasi lainnya pada produk edisi terbatas. Metode ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai suatu produk atau layanan. Dengan begitu, permintaan konsumen atas produk atau layanan tersebut akan meningkat.
5. Pemasaran konten
Pemasaran konten atau content marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat berbagai konten yang menarik perhatian audiens. Konten ini bisa berupa blog, video, infografik, gambar-gambar, bahkan sampai podcast dan buku. Pemasaran konten ini perlu dikonsepkan sebaik mungkin agar tepat sasaran dan pesan marketingmu tersampaikan. Perlu ada konsistensi dan isi yang relevan sesuai target market bisnismu. Pemasaran konten juga akan membuat lebih dekat dengan audiens.
6. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah proses memperoleh traffic dari hasil pencarian organik, editorial, maupun bebas pada mesin pencari. Strategi ini berkaitan erat dengan pemasaran konten, bahkan turut menentukan apakah suatu konten dapat dikatakan berkualitas. Konten yang memenuhi SEO akan menempati posisi atas pada hasil pencarian. Jika konten tersebut naik dengan pesat, perusahaan akan mendapatkan traffic yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan brand awarenes sehingga jumlah konsumen turut bertambah.

15 Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Ketahui
7. Search Engine Marketing (SEM)
Internet, siapa yang tidak menggunakan internet? Siapa yang tidak kenal dengan Google? Search Engine Marketing (SEM) adalah jenis strategi pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian atau Google. Artinya kamu harus membuat website terlebih dahulu. Bukankah aktifitas menggunakan mesin pencari atau Google banyak dilakukan orang-orang? Inilah kesempatanmu untuk mengenalkan bisnismu melalui website yang otomatis terhubung ke Google. Dengan strategi SEM, kamu dapat meningkatan audiens yang mengunjungi website mu ketika menggunakan Google untuk mencari informasi.
8. Earned media (public relation)
Earned media merupakan publikasi yang bisa didapatkan dengan berbagai cara yang cenderung mudah, seperti; testimoni media sosial, pembicaraan dari mulut ke mulut atau bisa disebut word of mouth, membicarakan produk melalui televisi atau radio, dan sebagainya. Hal yang perlu kamu garis bawahi, earned media adalah media yang diperoleh secara cuma-cuma atau organik. Maka dari itu, earned media juga dapat disebut sebagai “media gratis”.
9. Inbound marketing
Inbound marketing adalah strategi sebuah bisnis untuk menarik konsumen dengan membuat konten yang bernilai dan pengalaman yang disesuaikan dengan konsumen. Metode dari inbound marketing adalah mengembangkan bisnis dengan membangun hubungan jangka panjang baik dengan konsumen, calon konsumen dan pelanggan. Sehingga, sebuah produk dan jasa akan terus bersama-sama dengan konsumen dalam setiap perjalanan mereka. Bagi strategi inbound marketing, pesan yang disampaikan kepada konsumen sangat penting karena harus relevan dan tepat. Tidak seperti strategi pemasaran yang cenderung membosankan dan mengganggu konsumen.

15 Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Ketahui
10. Telemarketing
Jenis strategi pemasaran ini mungkin sudah tidak asing bagimu, walaupun begitu pemasaran dengan cara telemarketing masih dianggap efektif oleh beberapa perusahaan. Pemasaran ini menggunakan metode pemasaran langsung dimana seorang tenaga penjual menawarkan produk atau layanan melalui sambungan telepon atau konferensi web sesuai kesepakatan dengan calon pelanggan. Contoh strategi pemasaran telemarketing adalah penawaran kartu kredit kepada nasabah, atau saat telemarketer perusahaan telekomunikasi menawarkan layanan kartu simcard pasca bayar.
11. Email Marketing
Email Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Perusahaan akan mengirim email dengan isinya seperti promo, penawaran produk, update produk terbaru, dan sebagainya untuk menjalin komunikasi lebih dekat dan personal melalui inbox email ke konsumenmu. Strategi ini membutuhkan database email dari para pelangganmu. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan subscriber website yang meminta data email, pelatihan dengan pendaftaran melalui email, dan berbagai cara lainnya. Namun perlu diketahui, agar Email Marketing ini tidak terkesan spam, kamu juga perlu merancang isi dari Email Marketing tersebut.
Baca juga: Ini Dia 10 Teknik Content Marketing Paling Populer Tahun 2021
12. Program referral
Mungkin kamu sudah sering mendengar strategi pemasaran yang satu ini atau pernah menggunakannya. Program referral adalah strategi yang sangat memerlukan peran dari konsumen dan calon konsumen. Yaitu, dengan mendorong mereka untuk memberi tahu orang sekitar mereka tentang produk atau jasa tertentu. Banyak perusahaan besar yang sukses mengaplikasikan strategi pemasaran ini, seperti perusahaan penyewaan penginapan, Airbnb. Perusahaan rintisan ini berhasil meningkatkan jumlah booking sebanyak 25% dan terus meningkat hingga 300% pada versi aplikasi 2.0.

15 Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Ketahui
13. Conversational marketing
Seperti namanya, conversational marketing merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan conversation atau percakapan. Percakapan berlangsung secara real time melalui berbagai media seperti chatbot atau live chat. Dengan strategi ini, konsumen atau calon konsumen dapat secara langsung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, bertanya dan melakukan transaksi secara cepat. Conversational marketing akan sangat efektif khususnya bagi bisnis B2C, karena akan meningkatkan kualitas customer service sebuah bisnis dan juga dapat menjaga konsumen agar tetap berada dalam alur pembelian.
14. Call to Action Marketing
Call to Action Marketing adalah strategi pemasaran dengan membuat pernyataan yang dikonsep untuk mendapatkan respon langsung dari audiens untuk melakukan sesuatu yang diminta dari call to action tersebut. Seperti halnya kalimat, “Dapatkan informasi lengkapnya di sini.” Atau kamu pun sering menemukan yang seperti ini: “Tonton video ini.” “Dapatkan sekarang juga, karena promo hanya berlaku sampai hari ini.” “Jangan lupa like, comment, dan share ya.” Dan berbagai kata-kata lainnya yang membuat audiensmu bereaksi dan berinteraksi atau mengundang audiensmu untuk mengenal lebih dalam bisnismu.
15. Diversity Marketing
Terakhir adalah diversity marketing, yaitu memasarkan produk kepada banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Praktek diversity marketing ini pun berbeda demi menjangkau konsumen dari daerah tertentu. Strategi diversity marketing ini lebih sering dilakukan oleh international brand yang bisnisnya sudah mendunia. Nah dari macam-macam strategi pemasaran di atas, mana yang bakal kamu pilih untuk bisnismu?

15 Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Ketahui