Di era digital, content marketing adalah salah satu strategi yang dipercaya efektif menarik pelanggan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa strategi ini akan mengalami perkembangan lebih dari 16% pada akhir tahun 2021 atau 3x lebih efektif menghasilkan leads dibanding dengan pemasaran secara konvensional. Maka tak heran, konten marketing semakin banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dan perusahaan. Mungkin hal tersebut juga yang membawamu ke halaman ini. Tapi manakah teknik pemasaran konten yang paling oke? Di artikel ini, kamu akan mempelajari 10 teknik content marketing paling populer di tahun 2021, manfaatnya bagi bisnis, hingga bagaimana contoh penerapannya dalam menyukseskan kegiatan pemasaran yang kamu lakukan. Mari kita mulai!
10 Teknik content marketing paling populer di tahun 2021
1. Latihan personalisasi
Ini adalah strategi marketing yang memungkinkanmu mengirimkan konten yang relevan pada setiap audiensmu. Dengan latihan personalisasi, kamu bisa mendesain landing page yang bertarget, tombol CTA, dan masih banyak lagi. Untuk melakukan teknik pemasaran konten ini, kamu harus menyegmentasikan target audiensmu dulu. Jika sudah tahu jenis audiens yang akan menikmati kontenmu, barulah kamu bisa menyesuaikan konten kamu dengan selera mereka.
2. Memancing audiens untuk bergabung dalam promosi
Membuat audiens kamu bergabung dalam promosi dapat membantu meningkatkan brand kamu dengan sedikit atau tanpa biaya. Ini paling banyak digunakan dalam kampanye yang ditampilkan pada platform media sosial populer seperti Instagram dan Facebook. Content Marketing yang dibuat pengguna, lebih mempengaruhi konsumen daripada bentuk pemasaran lainnya. Karena 55% lebih mempercayai UGC (User-Generated Content). Caranya, mintalah pelanggan kamu untuk berbagi cerita menyenangkan, sambil memanfaatkan produk kamu, sering kali kisah-kisah ini dibuat dalam bentuk gambar dan konten video.
3. Bandingkan strategimu dengan konten pesaing
Perhatikan apa yang digunakan kompetitor dalam strategi pemasaran konten mereka. Dengan begitu kamu berkesempatan untuk membuat konten lebih baik dari milik pesaingmu. Selain itu, kamu juga jadi tahu beberapa info tentang kelebihan yang ditawarkan para rival. Kamu bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka. Buatlah daftar pesaingmu untuk melakukan teknik content marketing ini. Kalau ingin cara praktis, kamu bisa melakukan pencarian di Google dengan mengetikkan keyword utama dari topik atau niche-mu dan lihatlah situs apa yang muncul di urutan teratas mesin pencari dan telitilah satu per satu.
Baca juga: Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Online
4. Perhatikan judulmu
Coba deh perhatikan apakah headline kontenmu sudah eye-catching. Nggak peduli sebagus apa kontenmu, nggak bakalan ada yang meng-kliknya kalau judulnya terlihat kurang menarik. Jadi, setiap kali bikin konten, pastikan kamu memberi perhatian khusus pada headline. Judul merupakan faktor penentu utama dalam membangkitkan minat audiens untuk membaca, mendengarkan atau menonton kontenmu.
5. Masukkan elemen visual
Kehadiran elemen visual dalam sebuah konten bisa sangat menentukan apakah orang akan meng-klik-nya atau tidak. Tidak heran kalau menambahkan lebih banyak elemen visual dalam konten menjadi salah satu teknik content marketing terbaik. Foto, infografis atau video bisa menyampaikan informasi berharga kepada target audiensmu dengan cara yang lebih menarik. Tapi tetap nggak boleh asal-asalan. Pastikan setiap elemen visual yang kamu sertakan itu benar-benar relevan dengan targetmu. Selain itu, perhatikan juga kualitas elemen visual yang akan kamu tambahkan. Hindari gambar yang nge-blur, pixelated atau konten visual yang jelek.
6. Buat konten yang beresonansi dengan audiens kamu
Terkadang selama proses konten marketing, merek kamu tidak harus menjadi fokus utama. Subjek dapat dipusatkan di sekitar elemen yang akan beresonansi dengan audiens. Humor sering menjadi pilihan utama bagi sebagian besar merek, seperti halnya dengan merek Velcro. Perusahaan ini membuat video viral ringan dua bagian tentang persaingan dan merek dagang. Audiens menyukai video dan membantu meningkatkan kedudukan perusahaan sebagai nama household.
7. Ceritakan kisah yang menarik
Salah satu tren content marketing populer adalah penggunaan cerita. Orang-orang tertarik pada cerita yang menarik dan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, mengetahui hal ini. Kunjungan ke blog perusahaan akan membuat kamu terbenam dalam cerita mulai dari karyawan hingga merek itu sendiri. Akan menunjukkan bahwa menceritakan kisah-kisah yang menarik dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan koneksi kamu dengan audiens kamu.
Baca juga: 9 Tips Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa di Era Pandemi
8. Diskusikan masalah
Terkadang mendiskusikan masalah yang memengaruhi masyarakat umum atau menciptakan kesadaran akan hal itu bisa menjadi cara yang efektif untuk memasarkan konten kamu. Merek Superdrug mengambil rute ini sambil mencoba menciptakan kesadaran tentang masalah citra tubuh. Perusahaan ini memiliki 18 desainer wanita dari berbagai negara, untuk photoshop gambar model yang sesuai dengan persepsi umum kecantikan mereka. Produk akhir berbeda satu sama lain dan menetapkan fakta bahwa tidak ada yang namanya templat tubuh yang ideal. Setelah ini, merek menerbitkan temuannya di Buzzfeed dan Huffington Post. Ceritanya menjadi viral dan mendapat fitur di merek media terkemuka seperti New York Times. Statistik lalu lintas berdiri di lebih dari 700.000 tampilan dalam lima hari, satu juta saham, dan lebih dari tiga juta tampilan pada pos asli.
9. Manfaatkan kekuatan influencer marketing
Sejauh ini, kita cuma membahas teknik content marketing yang berfokus pada proses pembuatan konten. Padahal ada satu rahasia yang nggak kalah efektif untu meningkatkan brand awareness, visibilitas dan penjualan, lho. Jawabannya adalah influencer marketing. Pemasaran influencer adalah teknik yang bagus untuk memastikan bahwa kontenmu menjangkau target dengan cepat. Penting banget mengkhususkan waktu untuk menemukan influencer yang tepat di niche-mu. Berkolaborasilah dengan influencer yang punya value yang sama dengan brand-mu. Jadi, promosinya nggak akan terlihat tipu-tipu.
10. Fokus pada SEO lokal
Rahasia terakhir dalam teknik content marketing terbaik tahun 2021 adalah SEO lokal. Apakah kamu sudah memanfaatkan SEO lokal? Kalau belum, sekaranglah saatnya. Pasalnya, sebanyak 46% dari semua hasil pencarian di Google adalah hal-hal yang berkaitan dengan informasi lokal, guys. Dan nggak kurang dari 69% pengguna mencari bisnis lokal setidaknya sekali dalam satu bulan, lho. Nah, sudah tahu, kan, kenapa penting banget untuk menyesuaikan konten dan judulmu agar sinkron dengan pencarian internet lokal para audiens-mu?
Hello 🙂 Your method of describing the whole thing in this paragraph is genuinely fastidious, every one be able to simply be aware of it, Thanks a lot.