Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO adalah optimasi mesin pencari yang merupakan faktor terpenting untuk mendapatkan pengunjung website secara organik. Tentunya dengan begini kita sudah tahu kalau makin banyak yang berkunjung ke website toko onlinemu, berarti semakin besar juga kemungkinan mereka untuk membeli produk yang kamu jual. Sesuai namanya, SEO akan mengikuti apa yang sedang menjadi tren pencarian. Makanya tidak mudah untuk kita bisa terus up-to-date dengan tren yang tiap hari bisa berubah. Meski begitu, bukan berarti kamu gak wajib memaksimalkan SEO website toko onlinemu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penjualan lewat SEO. Nah berikut ini kita akan jelaskan manfaat 12 tren SEO di tahun 2022 untuk meningkatkan penjualan. Selamat membaca!
12 tren SEO di tahun 2022 untuk meningkatkan penjualan
1. Ranking SEO bakal dipengaruhi tampilan mobile
Pada tahun 2019 silam, Google sempat mengumumkan kalau pencarian mereka akan fokus ke pencarian mobile. Artinya, Google bakal memprioritaskan website dengan tampilan yang ramah bagi pengguna perangkat mobile untuk berada di daftar teratas hasil pencarian mereka. Wajar aja hal ini terjadi soalnya sebanyak 73 persen pengguna internet akan makin sering berselancar online melalui perangkat handphone di tahun 2025 nanti. Jadi pastikan informasi penting di websitemu langsung muncul di halaman terdepan ya!
2. Konten yang berkualitas akan lebih disukai
Hal ini memang sudah diakui oleh Google sendiri, tapi definisi konten berkualitas bagi Google itu seperti apa, sih? Sebenarnya ada 3 faktor penentu kualitas ini, yaitu profesionalitas, punya otoritas, dan terpercaya. Nah agar 3 faktor ini bisa dipenuhi oleh website milik kamu, coba deh lakukan hal ini: buat persona yang mewakili pelangganmu, lalu cari tahu kebiasaan pelanggan yang berbelanja di tokomu, terakhir buatlah konten yang sesuai dengan kebiasaan pelangganmu tadi. Jika 3 hal tadi sudah dilakukan jangan lupa untuk memasang link ke website yang punya otoritas seperti website resmi pemerintah agar website kamu mengandung informasi yang valid sehingga jadi favorit Google.
3. Konten dengan format panjang datangkan lebih banyak traffic
Sebuah studi dari Semrush berjudul “State of Content Marketing Report” menyebutkan kalau konten tulisan dengan lebih dari 3.000 kata akan mendapatkan traffic 3 kali lipat lebih ramai dan di-share pengguna 4 kali lipat lebih banyak. Tulisan seperti ini juga 3,5 kali lipat lebih banyak mendapatkan backlink atau jadi tautan di website lain dibandingkan tulisan yang hanya terdiri dari 901-2000 kata. Makanya tidak aneh jika kami di Uptown sering membagikan informasi atau tulisan di blog dengan runutan yang panjang agar lebih mudah dideteksi oleh Google.
Baca juga: 10 Strategi Marketing Yang Bisa Bikin Dagangan Laris di Tahun 2022
4. Featured Snippet akan jadi populer
Pernah gak kamu melakukan pencarian di Google yang hasil teratasnya berupa ringkasan yang dikelilingi sebuah kotak? Kalau pernah itulah yang disebut dengan Featured Snippet. Penggunaan fitur ini kiranya terbukti berhasil mencuri traffic dari kompetitor secara signifikan sejak pertama kali muncul di tahun 2017. Nah agar konten websitemu dijadikan featured snippet oleh Google, sebaiknya informasi yang ada di dalamnya harus menjawab lima pertanyaan ini, yaitu siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Manfaatkan 12 Tren SEO di Tahun 2022 Untuk Meningkatkan Penjualan
5. Daftar pencarian lokal bakal bikin makin dikenal
Kita usdah tahu betapa pentingnya SEO lokal untuk meningkatkan traffic Kepopuleran lokal SEO ini jadi bagian dari fenomena ‘pencarian tanpa klik’ yaitu di mana pengguna akan langsung mendapatkan jawaban dari daftar pencarian tapi tidak akan meng-klik lebih lanjut. Hal ini karena mereka hanya membutuhkan info lokasi untuk langsung didatangi. Makanya kamu wajib mendaftarkan toko onlinemu ke Google My Business agar info-info lokal seperti lokasi bisa kamu cantumkan untuk nanti muncul di hasil pencarian.
6. Optimasi gambar yang ada pada halaman
Saat ini, penggunaan keyword bukan hanya terfokus pada satu keyword utama saja namun juga pada keyword keduanya. Hal ini dikarenakan pencarian semantik dan optimasi berdasarkan intensi pengguna akan semakin sering terjadi. Artinya, Google juga akan memberi alternatif pencarian berdasarkan keyword kedua ini. Oleh karena itu, manfaatkan tren SEO 2022 ini dengan terus mengantisipasi keyword kedua yang mungkin bisa dijadikan alternatif oleh pihak Google.
7. Maksimalkan SEO dengan konten video
Kalau websitemu belum punya konten video, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Sebuah prediksi dari Cisco menyebutkan kalau video akan jadi jenis konten yang paling banyak dikonsumsi oleh pengguna internet. Oleh karena itu, optimalkan konten video yang kamu buat dengan nama channel dan deskripsi video yang jelas. Gunakan keyword atau kata kunci yang tepat dengan cara memasukkan keyword yang mau kamu pakai di kolom pencarian. Dengan begitu, kamu akan tahu kombinasi keyword apa yang sering dicari pengguna.
8. Prediksi pencarian akan makin tepat sasaran
Keberadaan Google Discover sejak tahun 2017 menciptakan pencarian jenis baru yaitu pencarian tanpa harus mengetik. Google Discover menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI untuk memprediksi konten apa yang jadi favorit pengguna. Artinya, konten yang ditampilkan Google Discover akan berbeda antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Saat ini, Google Discover udah punya 800 juta pengguna aktif. Untuk bisa tampil di Google Discover, website toko onlinemu harus bisa di-indeks oleh Google. Konten yang ditampilkan akan di-ranking berdasarkan kualitas dan ketertarikan pengguna terhadap konten tersebut.

Manfaatkan 12 Tren SEO di Tahun 2022 Untuk Meningkatkan Penjualan
9. Keyword kedua tidak kalah penting
Saat ini, penggunaan keyword atau kata kunci bukan hanya terfokus pada satu keyword utama tapi juga keyword kedua. Hal ini karena pencarian semantik dan optimisasi berdasarkan intensi pengguna akan semakin sering terjadi. Artinya, Google juga akan memberi alternatif pencarian berdasarkan keyword kedua ini. Manfaatkan tren SEO 2021 ini dengan terus mengantisipasi keyword kedua yang mungkin dijadikan alternatif oleh Google.
Baca juga: 15 Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis
10. AI bakal berpengaruh besar terhadap SEO
Teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan mengubah kebiasaan orang dalam berinteraksi dengan konten yang mereka konsumsi secara online. Google biasa menggunakan suatu algoritma bernama RankBrain untuk menentukan ranking suatu website di hasil pencarian. Salah seorang developer senior Google yang mengembangkan RankBrain, Greg Corrado, mengatakan kalau RankBrain menggunakan sejarah pencarian yang pernah dilakukan seseorang untuk menentukan hasil pencarian selanjutnya. Keberadaan algoritma Google ini membuat websitemu harus berisi informasi yang berguna dan terorganisir dengan baik agar dipilih sebagai hasil pencarian terbaik. Lengkapi website toko onlinemu dengan deskripsi produk yang mendetail dan blog untuk menjaring lebih banyak pengunjung.
11. Voice search akan berpengaruh besar ke hasil pencarian
Keberadaan Siri, Google Assistant, dan Alexa selain mempermudah kehidupan banyak orang ternyata juga punya pengaruh besar terhadap hasil pencarian. Sebuah studi memprediksi kalau 55 persen rumah tangga akan punya perangkat smart speaker di tahun 2022. Artinya, akan ada makin banyak hasil pencarian yang merupakan voice search. Saat menggunakan voice search, orang akan cenderung berkata, “apa yang jadi tren SEO di tahun 2021?” Berbeda dengan pencarian dengan mengetik yang biasanya hanya berupa kata kunci seperti, “tren SEO 2021”. Jadi pastikan konten websitemu bisa menjawab pertanyaan secara verbal.
12. Manfaatkan data dan analitik yang ada
Hal terakhir yang gak kalah penting adalah pengumpulan dan analisa data. Dengan mengetahui apa aja yang sedang jadi tren atau apa yang biasa dibeli pelanggan tokomu, kamu bisa menentukan sendiri strategi SEO apa yang paling tepat buat bisnismu. Cara termudah untuk mengetahui apa yang sedang jadi tren adalah dengan rutin mengecek Google Trends.

Manfaatkan 12 Tren SEO di Tahun 2022 Untuk Meningkatkan Penjualan