Meskipun tidak ada satu cara pasti dalam menciptakan penjualan yang tinggi di bisnis kreatif kamu, ada banyak strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan di bawah ini!
Cara sukses meningkatkan penjualan bisnis
Memastikan penjualan bisnis kamu terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Banyak perusahaan telah mencoba berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis. Selain memiliki ide bisnis kreatif, kamu bisa menyimak 10 tips sukses meningkatkan penjualan bisnis yang perlu kamu ketahui:
1. Fokus pada kualitas produk
Faktor utama yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan penjualan adalah memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual. Meskipun kebanyakan pelanggan lebih tertarik dengan harga promo, namun kualitas produklah yang akan membuat pelanggan kembali ke toko kamu. Selain memastikan kualitas produk selalu terjaga, penting juga bagi pemilik usaha untuk memahami nilai produk yang dijual. Dengan begitu, pelanggan akan lebih percaya pada kualitas produk dan tidak ragu untuk membeli. Hal ini lah yang akan dengan mudah meningkatkan omset penjualan di toko online maupun offline yang kamu punya.
2. Buat pelanggan bahagia
Selain kualitas produk yang baik, pelayanan kepada pelanggan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan omset penjualan di toko. Karena, sebagus apapun produk yang dijual, pelanggan tidak akan kembali apabila pelayanan yang diberikan kurang memuaskan. Selain menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan, pemilik usaha juga harus menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk karyawan yang bekerja di toko. Saat karyawan bekerja dengan senang hati, maka pelayanan yang diberikan juga akan semakin baik dan dapat membantu meningkatkan penjualan di bisnis yang kamu punya.
3. Berikan promo menarik dalam waktu terbatas
Salah satu cara yang meningkatkan penjualan adalah dengan menciptakan urgensi, seperti memberikan promo dalam waktu singkat. Kamu bisa memberikan diskon dalam persentase atau nominal tertentu kepada setiap pelanggan yang melakukan transaksi khusus pada hari berlakunya promo. Kamu juga bisa menawarkan barang gratis dengan pembelian produk tertentu. Cobalah berpikir kreatif dengan menggunakan taktik yang berbeda dan lihat manakah taktik yang berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis kamu dan mana yang tidak.
Baca juga: 10 Tips Membangun Bisnis Event Organizer yang Berhasil
4. Tingkatkan jumlah pesanan
Upselling adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omset penjualan di toko kamu. Upselling adalah menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli. Karena calon pelanggan tersebut sudah berada dalam pola pikir pembelian, sehingga kamu bisa membuat mereka menambah jumlah pesanan. Kegiatan upselling bisa dilakukan dengan menawarkan produk lain sebagai pendamping produk yang dibeli. Dengan begitu, pelanggan yang memang sudah berencana akan membeli produk akan mempertimbangkan penawaran yang diberikan. Agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan, kegiatan upselling harus dilakukan dengan ramah, persuasif, namun tanpa memaksa. Selain dapat meningkatkan penjualan, kegiatan upselling ini juga bisa membantu kamu mengetahui minat yang dimiliki oleh pembeli. Dengan begitu, kamu bisa mengatur strategi baru untuk penjualan di toko yang lebih baik.
5. Bijak atur strategi penjualan
Selain memahami beberapa poin di atas, pemilik usaha juga perlu memahami cara mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang kamu punya. Oleh karena itu, pencatatan dan laporan penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Melalui laporan tersebut, kamu bisa memetakan kelebihan dan kekurangan produk dan layanan di toko, yang bisa dijadikan acuan dalam mengatur strategi bisnis kamu kedepan. Dengan begitu, omset penjualan akan terus meningkat.
6. Membangun kredibilitas merek
Salah satu bentuk membentuk kredibilitas adalah dengan menyediakan layanan pelanggan yang baik. Membangun kredibilitas merek menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Pasalnya tanpa kredibilitas yang baik akan sulit bagi bisnis mencapai kesuksesan. Kamu bisa membangun kredibilitas merek salah satunya dengan menyediakan layanan pelanggan terbaik melalui layanan yang cepat, solutif, dan proaktif terhadap segala bentuk keluhan pelanggan. Apabila kamu tidak dapat membangun kredibilitas ini, maka pengguna yang kecewa dengan pelayananmu akan berbagi pengalaman negatif sehingga mencegah pengguna lainnya untuk menggunakan merekmu.
7. Tawarkan paket uji coba atau gratis
Tawarkan produk uji coba untuk meyakinkan pelanggan. Ketika kamu menawarkan produk untuk meminta calon pengguna berlangganan, akan sulit bagi mereka menerima tawaran itu karena mereka akan berpikir apakah itu setimpal dengan biaya yang dikeluarkan atau tidak. Guna menjawab kebimbangan yang dirasakan oleh calon pengguna tersebut, tak ada salahnya menawarkan produk dengan paket uji coba gratis. Lewat paket ini kamu bisa memberikan pengalaman kepada pengguna tentang produk yang kamu miliki. Membiasakan pengguna untuk mengenal produk dan merasakan manfaatnya. Bila akhirnya benefit dari produk tersebut cukup membantu, tentunya pengguna akan lebih memilih untuk berlangganan.
Baca juga: 15 Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis
8. Manfaatkan email marketing
Email marketing menjadi cara untuk memberitahu tentang produk terbaru atau promo. Cara meningkatkan penjualan yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan email marketing sebaik mungkin. Melalui email marketing ini nantinya kamu bisa mengirim email otomatis, mengirim korespondensi, buletin email dan lainnya. Kamu juga bisa mengirimkan informasi terkait diskon dan penawaran, memberitahu tentang produk baru serta konten yang bermanfaat bagi pelanggan. Dengan tetap terhubung melalui email marketing, diharapkan pelanggan akhirnya tertarik dengan produk dan melakukan konversi.
9. Kolaborasi dengan pihak lain
Masihkan kamu ingat dengan kesuksesan brand makanan cepat saji yang menggandeng salah satu boyband fenomenal dari Korea? Ini merupakan salah satu teknik marketing yang kamu bisa lakukan untuk meningkatkan penjualan. Dengan menjalin kolaborasi bersama pihak lain, usaha kamu akan mendapatkan jenis customer baru dari yang sebelumnya pernah ada. Jika dicermati lebih dalam, hal ini senada dengan poin tentang pentingnya mengikuti issue terkini dan cara mengemasnya sesuai karakter produk kamu.
10. Buktikan dengan testimoni dan review
Biasanya ada konsumen yang tidak mudah percaya dengan kata-kata promosi dari penjual. Untuk itu, kamu bisa memberikan bukti melalui testimoni dan pelanggan lain. Sebab pelanggan akan percaya dengan pembeli yang pernah mencoba produk kamu. Oleh karena itu, setelah melakukan transaksi pembelian, coba untuk menghubungi kembali pelanggan tersebut untuk menanyakan terkait hasil dan kepuasan menggunakan produk kamu.
Baca juga: 12 Istilah dalam Investasi Bisnis yang Wajib Kamu Ketahui!
Meningkatkan penjualan bisnis dengan aplikasi kasir online
Apapun ide bisnis kreatif yang kamu punya, cara meningkatkan omset penjualan yang dilakukan tentunya tidak boleh sembarangan. Selain menjalankan beberapa langkah di atas, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir untuk semakin memudahkan proses meningkatkan penjualan di bisnis kamu. Selain dapat memudahkan proses transaksi di toko, penggunaan aplikasi kasir bisa sangat mempermudah pengelolaan bisnis kreatif yang kamu punya. Mulai dari pengelolaan produk, manajemen pelanggan, hingga manajemen promo bisa jadi lebih mudah jika dikelola melalui aplikasi kasir. Dengan sistem berbasis cloud dan pencatatan real time, aplikasi kasir bisa memudahkan kamu mengelola bisnis kapan saja, dan di mana saja. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti penyajian laporan penjualan yang lengkap dan terperinci.