Sebagian besar pebisnis pasti sangat mengimpikan bisnisnya bisa berkembang dengan pesat dan menembus pasar internasional. Namun kerja keras kamu tidak boleh berhenti begitu saja. Kamu harus bisa menemukan strategi pemasaran produk yang lebih tepat dan terarah lagi. Kenapa? karena tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, tentunya bisnis kamu tidak bisa berjalan dengan optimal. Apalagi dijaman sekarang, dimana sebenarnya adalah waktu yang tepat bagi bisnis kamu untuk mulai bersaing dengan para pebisnis internasional dan ternama lainnya. Ditambah dengan melakukan pemasaran produk secara internasional juga sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang kamu bayangkan. Lantas, apa saja strategi pemasaran internasional tersebut? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang strategi pemasaran internasional dibawah ini.
Strategi pemasaran internasional: pengertian dan manfaat untuk bisnis
1. Pastikan kualitas dan mutu produk terjaga
Strategi pemasaran internasional pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum berjualan di luar negeri adalah memasatikan kualitas dan mutu produk terjaga. Sebelum memutuskan untuk memasarkan produk secara internasional ke negara lain, maka terlebih dahulu kamu harus memastikan dengan tepat bahwa produk yang kamu tawarkan ke pasar internasional adalah barang atau jasa dengan kualitas terbaik dan memiliki standar yang terjaga.
2. Buat rencana yang matang
Langkah kedua yang kamu harus miliki dalam memasuki pasar global adalah memiliki rencana yang matang. Ingatlah bahwa pasar yang akan selami adalah pasar yang sangat kompetitif dan ada banyak produk atau layanan yang seperti kamu tawarkan. Dalam hal ini, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan, seperti SDM yang akan menjalankan seluruh rencana ini, kapasitas yang dihadirkan apakah cukup untuk memenuhi permintaan pasar baru, kemasan yang ditawarkan apakah menarik bagi pasar internasional, dan terakhir masalah pemasaran. Apakah perlu untuk ikut pameran dagang atau cukup secara online melalui digital ads.
3. Melakukan riset bisnis
Strategi pemasaran internasional ketiga adalah melakukan riset bisnis. Riset bisnis memiliki peranan yang sangat penting saat kamu memiliki rencana untuk masuk ke dalam pasar internasional. Kamu harus memahami siapa saja yang menjadi target pasar kamu. Sehingga, nantinya kamu bisa memahami berbagai kemungkinan dan juga langkah apa saja yang harus kamu tempuh untuk bisnis kamu di masa depan. Agar bisa memastikan lebih jauh lagi, kamu bisa mempelajari berbagai kelayakan bisnis yang ada di negara target kamu. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa lebih memahami peluang bisnis di masa depan di beberapa negara tersebut.
Baca juga: 10 Tools Content Marketing Paling Bermanfaat untuk Pemasaran
4. Pelajari regulasi dan persyaratan
Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Pribahasa ini cocok untuk kamu yang ingin memasarkan produk kamu secara internasional. Pahamilah seluruh regulasi dan hukum perdagangan internasional dan juga negara tujuan kamu memasarkan produk kamu. Terkadang, satu negara memiliki regulasi yang berbeda satu sama lain. Seperti misalnya produk apa yang boleh diperjual belikan, didistribusikan, pajak, dan yang terakhir mekanisme perdagangan yang akan dijalankan. Mempelajari regulasi dan persyaratan bisa dibilang sangat kompleks, namun mempelajari persyaratan ini termasuk penting. Tidak teliti dalam mendalami persyaratan dapat menimbulkan kerugian di transaksi dan perdagangan yang sudah terlanjur dijalankan,
5. Mulai lakukan pemasaran
Iklan dapat membantu kamu mendapatkan eksposur, tetapi ini bisa menjadi sangat mahal. Pilihan lainnya jika kamu tidak ingin memasang iklan fisik adalah membuat website dengan konten yang diterjemahkan sesuai dengan target pasar kamu. Situs media sosial global seperti Linkedin, Facebook, Instagram, dan Twitter juga dapat loh membantu kamu mempromosikan pesan kamu dengan cepat dan gratis. Meskipun ini tidak memerlukan biaya apapun untuk melakukannya, mereka membutuhkan waktu yang diinvestasikan untuk terus diperbarui. Apa pun yang kamu gunakan, pastikan semua materi pemasaran kamu memiliki detail kontak terbaru untuk perusahaan kamu bersama dengan orang yang bertanggung jawab untuk penjualan pada pasar internasional.
6. Promosi dan iklan melalui media sosial
Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, melakukan promosi dan iklan via medaia sosial merupakan salah satu cara masuk ke pasar internasional. Memasarkan produk ke berbagai media online bisa kamu jadikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat tepat. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di dalam Google Ads ataupun Facebook Ads untuk bisa mengiklankan produk kamu serta menargetkan siapa saja yang melihat iklan kamu secara lebih detail. Kamu juga bisa memilih kota dan negara tujuan penerima iklan serta profesi dan juga perilaku dari setiap orang yang nantinya bisa kamu atur di dalam iklan kamu.
7. Manfaatkan media digital
Hal terakhir yang harus kamu jadikan pertimbangan sebelum memasarkan produk secara internasional di tengah-tengah perkembangan dunia teknologi yang cepat ini adalah mengirimkan profile bisnis atau Press Release ke seluruh teman-teman dari media digital. Selain mengikuti pameran tertentu untuk bisnis kamu, media digital juga bisa membantu proses strategi pemasaran internasional kamu loh dalam hal melakukan langkah awal dari perkenalan produk bisnis. Selain itu, calon pelanggan juga bisa memperoleh informasi lengkap terkait profil perusahaan, jenis bisnis yang kamu tawarkan, hingga produk ataupun jasa yang ingin kamu tawarkan.
Baca juga: 10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui
8. Pilih transportasi logistik yang tepat
Sekarang kamu telah melakukan penjualan dan memastikan bahwa bisnis kamu sudah sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia dan negara tujuan kamu. Langkah selanjutnya adalah kamu harus mengirimkan produk kamu kesana! Pastikan kamu memahami transportasi logistik yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan juga kamu memahami asuransi yang dikenakan oleh perusahan logistik yang kamu pilih, bea cukai, hingga biaya pengemasan yang kamu butuhkan dan metode pengangkutan atau perusahaan ekspedisi yang diperlukan.
9. Metode pembayaran internasional
Pastikan juga pemilik bisnis memiliki rekening bank untuk transaksi internasional demi memudahkan ekspor dan impor luar negeri. Pemilik bisnis dapat menggunakan kartu berlogo MasterCard, kartu debit, PayPal, hingga American Express yang sudah terhubung dengan rekening pribadi atau rekening perusahaan. Sebagai catatan, biaya administrasi tiap bulannya tentu mahal apabila dibandingkan dengan rekening lokal. Karena itu dianjurkan pemilik bisnis memilih satu jenis bank dengan biaya administrasi yang paling rendah. Terakhir, perhatikan juga efisiensi fasilitas, akses, dan keuntungan dari pihak bank.
10. Jalin komunikasi yang baik
Dalam bisnis apapun, komunikasi adalah segalanya. Termasuk jika kamu ingin memasarkan bisnis kamu pada pasar internasional. Pastikan kamu selalu berkomunikasi dengan perwakilan usaha kamu di negara lain dengan baik. Dapatkan juga informasi terkini yang berhubungan dengan bisnis kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bertanya tentang masalah lain yang mungkin bisa berdampak pada bisnis kamu, misalnya masalah politik, geografi, atau tantangan apa yang dihadapi selama ini. Pastikan juga kamu memiliki solusi atas masalah yang terjadi.