Mengembangkan sayap pemasaran sampai ke dunia digital memang satu langkah yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan kalian bisa mempromosikan produk kalian di berbagai media yang tersebar di internet, mulai dari website, media sosial, hingga marketplace. Seperti halnya pasar tradisional yang riuh oleh beragamnya penjual dan pembeli, marketplace kini pun sudah berubah menjadi media jualan online yang banyak dikunjungi. Semakin bervariasi produk yang ditawarkan, konsumen pun pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu di depan laya hanya untuk sekadar window shopping.
Namun bergabung di ranah marketplace bukanlah semudah yang dipikirkan. Saking banyaknya penjual yang menawarkan produk sama dengan yang kalian punya, maka kemungkinan produk kamu tidak tampil di halaman paling atas juga sangatlah besar. Apabila sudah begini, produk kalian bisa sulit dilihat konsumen. Banyaknya saingan antar penjual demi menaikkan kredibilitas toko maupun produknya, membuat bisnis makin sulit dilakukan. Untuk itu, kami akan bagikan 10 hal terkait strategi pemasaran di marketplace yang perlu diketahui supaya lebih dikenal dan menarik perhatian konsumen. Selamat membaca!
10 Hal terkait strategi pemasaran di marketplace yang perlu diketahui
1. Siapkan produk yang mau kamu jual
Jauh sebelum kalian bergabung di marketplace, lebih dulu kalian tentukan jenis produk apa saja yang ingin kalian jual di situs jual beli online itu. Misalnya kalian membuka usaha penjualan alat outdoor dan camping, kalian sudah harus menyiapkan variasi produknya. Selain itu, yang perlu kalian perhatikan adalah ketersediaan stok. Jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama hingga mengakibatkan pembatalan order, karena hal itu bisa menurunkan rating toko kalian. Untuk kalian ketahui, bisnis online sangat dipengaruhi oleh rating dan review konsumen. Semakin responsif maka kredibilitas toko kalian kian meningkat.
2. Kenali target pasar yang kamu incar
Dalam strategi pemasaran di marketplace, setelah kalian menentukan jenis produk yang ingin kalian jual, kenali juga target market. Sebelum kalian membuat target market, lebih dahulu kalian lakukan segmentasi pasar. Siapa saja yang masuk dalam target market kalian, itulah yang mesti kalian sasar. Sebagai contoh produk kalian peralatan camping, target pasarnya yaitu; muda-mudi usia 17-36 tahun, tinggal di tempat yang bisa dijangkau kurir seluruh Indonesia, dan punya hobi petualangan. Setelah mengetahui siapa target market kalian, barulah kalian menerapkan strategi dalam menghadapi konsumen. Bagaimana kalian harus bersikap, memakai bahasa kekinian, dan tahu waktu yang tepat jam berapa saja calon konsumen berkunjung.

10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui
3. Ketahui keunggulan dan kelemahan pesaing
Menjadi pemain baru di marketplace, tentu kalian akan berhadapan dengan banyaknya pesaing yang sudah lebih dulu menjual produk serupa dan punya pengalaman hebat di bidang bisnis. Terkait strategi pemasaran di marketplace, pelajari dulu kekuatan para pesaing supaya usaha kamu memiliki daya saing. Tak ada salahnya kalian sekali waktu membeli produk pesaing guna mencari tahu kualitas produk dan seperti apa pelayanan yang diberikan pada konsumen. Belajar dari keunggulan pesaing, kalian mestinya bisa merumuskan teknik pemasaran sendiri yang unik dan juga menarik.
Baca juga: Jenis-Jenis Pajak Penghasilan Bagi Badan Usaha Yang Perlu Diketahui
4. Kenali marketplace yang digunakan
Sebelum kalian bergabung di sebuah marketplace dengan membangun toko online, pelajari dulu beberapa pilihan marketplace. Tujuannya yaitu agar produk kalian sesuai dengan audiens yang berkunjung ke masing-masing marketplace. Untuk kalian ketahui, tiap marketplace punya ciri dan keunikan sendiri. Bisa jadi satu marketplace lebih dikenal karena fashion-nya dibanding marketplace lain yang lebih banyak jualan barang elektronik. Ini penting supaya kalian tak salah pasar dalam menyasar konsumen. Setelah menetapkan satu marketplace yang cocok dengan produk kalian, coba pelajari dulu aturan mainnya. Meskipun punya satu benang merah yang sama; buka toko dan promosi produk, tiap marketplace punya spesifikasi dan fitur sendiri.

10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui
5. Pelajari algoritma marketplace
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa setiap marketplace memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu pun harus memperhatikan algoritma saat memasang iklan produk di marketplace. Tidak jarang ada produk yang sama dari sisi spesifikasi dan harga, tapi berbeda kemudahan pencarian di marketplace. Nah, kamu wajib memperhatikan penamaan barang, deskripsi, serta foto yang ditampilkan.
6. Berikan jaminan kenyamanan berbelanja
Memberi kenyamanan pada konsumen dalam belanja online bisa kalian artikan seperti memberi kemudahan transaksi pembayaran, proses pengiriman, dan pengembalian barang yang rusak. Tak lupa juga komunikasi yang bagus juga sebagai bentuk kenyamanan yang lain. Konsumen senang jika transaksi pembayaran dan jasa pengirimannya punya lebih dari satu pilihan sehingga memungkinkan memilih yang lebih murah dan cepat. Selain itu, pelayanan ketika barang rusak jadi kenyamanan berbelanja yang jarang ditawarkan.

10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui
7. Kemas produk semenarik dan seringkas mungkin
Tak jarang dalam belanja online, produk yang kalian beli memang berkualitas, tapi begitu sampai di tangan, kemasan yang dibuat tak rapi dan rawan dicuri. Sedangkan konsumen seharusnya dibuat senang dengan packaging yang menawan.
Membuat kemasan produk yang menarik tentu ada caranya. Tinggal kalian kreasikan sendiri mau dibuat seperti apa. Misal mengusung tema vintage dan rustic atau kemasan dengan hiasan gambar bunga-bungaan dan tulisan. Intinya, lewat imajinasi kreatif kalian, buat kemasan yang punya pesan tertentu.
Baca juga: Mau Wirausaha? Ketahui Dulu 10 Fakta Menjadi Seorang Pebisnis
8. Jual dengan strategi limited edition
Setiap orang tentu ingin mendapatkan rasa atau kesan mewah di dalam produk yang akan dibeli. Maka dari itu, kamu bisa melakukan strategi dengan menjual produk secara limited edition atau edisi terbatas. Secara sederhana, kamu dapat membuat sebuah produk dengan batas jumlah tertentu saja. Semakin sedikit jumlah produk yang kamu tawarkan, semakin banyak konsumen yang akan mengantri untuk mendapatkan produk tersebut. Biasanya, strategi promosi ini sering digunakan oleh para pebisnis yang menjual produk fashion. Namun, selain sekedar membuat produk dengan jumlah yang terbatas, kualitas dari produk yang kamu jual harus tetap unggul sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli lagi.

10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui
9. Jual dengan harga promo
Menjual dengan harga miring dan promo tentu berbeda. Jika kamu menjual dengan harga miring tanpa embel-embel promo, bahkan harga yang jauh dari pasaran, walau barang yang kamu jual asli dan bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan, konsumen tidak akan datang atau datang tapi sedikit. Hal ini dikarenakan konsumen ragu dengan kualitas barang yang dijual lebih murah jauh dibawah toko yang lain.
Oleh sebab itu tulislah promo untuk menarik hati pelanggan tanpa memberikan efek ragu kepada mereka. Selain itu, ingat bahwa ada banyak toko online di marketplace tersebut menjual produk yang sama dengan toko online kamu. Artinya, persaingan toko online dalam satu marketplace juga sangat ketat. Maka, membuat penawaran menarik dengan memberlakukan promo akan menarik banyak konsumen karena harga yang lebih murah.
10. Tambahkan gambar dan testimoni
Tentu menjual produk dengan memperlihatkan gambar adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik toko online di marketplace. Selain itu, dengan menampilkan beberapa testimoni dari beberapa konsumen juga penting. Hal ini bertujuan untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka percaya dengan produk serta pelayanan toko online kamu. Jadi, mulailah buka toko online kamu karena membuat toko online tidak membutuhkan biaya apapun dikarenakan membuka akun adalah gratis di setiap marketplace. Kamu hanya perlu melakukan beberapa tips diatas agar bisa berjualan laris.

10 Hal Terkait Strategi Pemasaran di Marketplace Yang Perlu Diketahui