Berbisnis adalah salah satu cara untuk memiliki penghasilan. Meski bisa dikatakan tidak pasti dan tetap, penghasilan yang didapatkan dalam berbisnis kiranya bisa membantu seseorang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun lagi-lagi, proses melakukan bisnis memanglah terasa lama dan penuh lika-liku, sehingga salah satu cara yang perlu dilakukan dalam mempercepatnya adalah melakukan kegiatan promosi. Lantas, apa sih yang harus dilakukan? Kira-kira apa saja ya manfaat yang didapat dari melakukan kegiatan promosi? Berikut ini akan kami jelaskan 10 manfaat dari promosi ketika kamu mulai berbisnis. Selamat membaca.
Pengertian promosi
Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat promosi ada baiknya mengenali terlebih dahulu arti dari promosi itu sendiri. Promosi memiliki arti meningkatkan atau mengembangkan yang diambil dari kata bahasa Inggris yaitu promote. Kegiatan ini merupakan salah satu variabel dalam marketing yang sudah pasti digunakan perusahaan-perusahaan untuk bisa mendapatkan konsumen dengan mengadakan komunikasi dengan pasar perusahaan tersebut. Ini adalah salah satu kegiatan yang dilakukan satu kali saja namun perlu dilakukan secara rutin karena nantinya promosi ini bisa menimbulkan rangkaian kegiatan lain dari perusahaan. Selain itu, promosi juga bisa membuat kesadaran calon konsumen, memberitahukan, serta membujuk calon konsumen sampai membeli produk yang sedang ditawarkan.
10 Manfaat dari promosi ketika kamu mulai berbisnis
1. Mengetahui produk yang diinginkan konsumen
Bagi para pebisnis terutama yang masih pemula sangat penting untuk mengetahui pentingnya kegiatan promosi. Tanpa promosi tentu saja bisnis tidak bisa berjalan karena tidak konsumen atau orang yang akan mengenal produk yang dijual dari bisnis itu sendiri. Banyak manfaat dari promosi yang mengharuskan semua pelaku bisnis menguasai cara melakukan promosi dengan baik. Berikut ini adalah manfaat pertama yang didapatkan dari kegiatan promosi, yaitu pebisnis bisa mengetahui produk yang sedang diinginkan dan dibutuhkan para calon konsumen. Dengan begitu, pebisnis tidak perlu bingung mencari tau dan membuat sebuah produk yang nantinya malah tidak laku dipasaran.
2. Membangun jembatan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan
Menghubungi pelanggan satu per satu untuk menjelaskan setiap produk atau jasa yang ditawarkan, seperti yang umumnya dilakukan dalam bisnis konvensional dengan model door-to-door, merupakan aktivitas yang cukup berat. Dengan melakukan promosi, kamu bisa mempersingkat tantangan tersebut dan membentuk semacam jembatan komunikasi bisnis kepada pelangganmu. Kegiatan promosi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ingin kamu pasarkan, membuat identitas bisnis diketahui oleh pelanggan secara massal, hingga menyampaikan berbagai informasi terkait bisnismu kepada pelanggan dengan biaya yang relatif jauh lebih murah dibanding cara-cara konvensional. Komunikasi bisnis yang terbangun inilah nantinya yang akan mempermudahmu dalam memperbesar margin keuntungan.
3. Membangun branding
Selain untuk mengenalkan produk, promosi bisa juga digunakan untuk membangun branding. Setiap perusahaan pasti ingin memiliki branding tersendiri. Ada yang mau dilihat sebagai perusahaan yang gaul. Ada juga yang mau dilihat sebagai perusahaan yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Tidak ada yang salah dari tujuan membangun branding. Dalam praktiknya, branding yang dibangun tentu bisa dicapai dengan melakukan promosi. Promosi yang dijalankan dan diciptakan sendiri akan memperlihatkan bagaimana branding yang kamu inginkan. Tentu saja untuk poin ini, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika sembarangan, maka proses membangun branding bisnis kamu bisa gagal.
Baca juga: 15 Manfaat Virtual Office untuk Para Pebisnis dengan Modal Minim
4. Menjadi sarana edukasi
Sebenarnya promosi juga bisa digunakan menjadi sarana edukasi. Apa maksud dari poin ini? Ketika bisnis kamu melakukan promosi, maka konsumen akan tahu bagaimana keunggulan produk kamu, apa yang membedakan produk yang ditawarkan dengan kompetitor, serta manfaat yang bisa dirasakan. Itulah yang perlu diberitahukan kepada konsumen lewat promosi yang baik.
5. Menjaga tingkat retensi dan loyalitas pelanggan setia
Di antara banyak hal, tingkat retensi dan loyalitas merupakan salah satu elemen penting untuk memastikan bisnis dapat tetap berjalan, bahkan dikembangkan lebih maju lagi. Sedikit berbeda dengan tingkat loyalitas yang menjelaskan tentang pilihan pelanggan untuk melakukan transaksi di tempat usahamu dibanding bisnis kompetitor, tingkat retensi menjelaskan keinginan pelanggan untuk bertahan dan terus kembali melakukan transaksi pada bisnismu. Salah satu manfaat promosi adalah memastikan pelanggan merasa puas dan diperhatikan olehmu sehingga untuk jangka panjang mereka akan kembali dan kembali lagi bertransaksi pada bisnis yang tengah kamu upayakan. Kata kuncinya di sini adalah bagaimana menyusun program promosi yang bisa membuat pelanggan puas dan merasa diperhatikan.
6. Mendatangkan pelanggan baru dari pelanggan yang sudah ada
Manfaat promosi yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mendatangkan pelanggan-pelanggan baru untuk bertransaksi pada bisnismu. Program promosi yang telah direncanakan dengan matang dan diimplementasikan secara tepat akan memiliki kekuatan words of mouth yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran bisnis. Dengan ini, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan usaha serta biaya yang terlalu besar dalam menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya karena pelanggan sendiri juga akan didorong untuk mempromosikan bisnis tersebut kepada calon-calon pelanggan baru. Sehingga, dalam jangka panjang, bisnis akan berkembang dengan sendirinya dengan citra yang positif di mata pelanggan.
7. Menciptakan perbedaan dengan brand lain
Manfaat promosi yang ketujuh adalah kamu bisa menciptakan perbedaan dengan brand lain. Ketika kita memberikan promosi, baik itu untuk produk baru atau lama, hal tersebut akan membuat orang melirik barang dagangan kita. Mereka juga akan membandingkan harga dan kualitas dari produk yang kita miliki dengan brand saingan. Nah, berhubung brand kita sedang ada promo, jika pelanggan merasa diuntungkan, maka mereka akan memilih dan membeli produk kita. Ini yang dinamakan kekuatan dari promosi.
Baca juga: 10 Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online
8. Menciptakan kesempatan penjualan lain
Dilansir dari situs mando.co.uk, manfaat promosi lainnya adalah kamu sebagai pebisnis juga bisa menciptakan kesempatan lain atau yang dinamakan dengan cross sell dan juga upsell. Dengan melakukan promosi maka secara tidak langsung kamu juga akan mendorong penjualan produk lain dari brand milik kamu. Misalkan saja kamu akan memberikan voucher belanja untuk pembelian selanjutnya. Maka mau tak mau jika pelanggan ingin mendapatkan diskon untuk berbelanja, mereka akan menggunakan voucher tersebut untuk belanja berikutnya. Inilah yang dinamakan upsell.
9. Menciptakan alasan untuk membeli
Manfaat promosi untuk penjualan yang lainnya adalah bisa menciptakan alasan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan pada saat promosi. Metode ini sebenarnya adalah metode lama dan kami sudah sering melihatnya digunakan pada e-commerce. Misalkan saja pada tanggal 9 September akan ada diskon 9%. Jadi hanya pada hari itu saja diskon bisa dinikmati oleh pelanggan. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk segera membeli pada hari tersebut karena selain tanggal itu, diskon sudah tidak berlaku. Jadi alasan untuk membeli adalah karena sedang ada promo diskon yang berlaku.
10. Meningkatkan penjualan
Manfaat promosi terakhir adalah untuk meningkatkan penjualan. Sudah bukan rahasia lagi kalau promosi memiliki pengaruh besar dalam tingkat penjualan. Oleh karena itu, kamu harus mengadakan setidaknya 2-3 kali promosi setiap bulannya. Dengan begitu, penjualan bulanan bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi. Promosi yang dilakukan bisa dengan memberikan diskon hingga memberikan gratis produk untuk pembelian dengan harga tertentu.
Jika sudah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan promosi tentu sudah terlihat dengan jelas kalau kegiatan ini tidak bisa ditinggalkan dalam melakukan bisnis. Setiap pelaku bisnis perlu mempelajari cara promosi yang baik dan benar. Dalam promosi sendiri ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dengan menentukan target pasar lalu menentukan juga alat promosi yang sesuai dengan target tersebut. Strategi promosi yang baik dan benar perlu dibuat dengan melakukan beragam survey. Jika cara promosi benar, tujuan dari promosi tercapai, tentu bisnis bisa berjalan dengan lancar.
Great text. I like your web design also. continue your good work.