Perkembangan teknologi dan pandemi yang menghantam bumi di tahun 2020 tidak hanya memunculkan tantangan baru namun juga banyak peluang baru yang bisa diolah. Dalam hal ini, seharusnya para milenial sebagai generasi penerus bangsa harus mampu melihat peluang dan menjalankannya agar kehidupan mereka menjadi lebih baik. Adapun untuk bisa menunjang tantangan tersebut, The World Economic Forum belum lama ini mengeluarkan sebuah laporan mengenai kebutuhan skill manusia di tahun 2021. Berdasarkan laporan tersebut, kita dapat mengetahui skill apa aja sih yang paling dibutuhkan di tahun 2021. Mau tau apa aja? Berikut ini adalah 10 future skills yang harus dimiliki generasi milenial Indonesia agar mampu melewati revolusi industry 4.0. Yuk simak liputan selengkapnya dibawah ini.
10 Future skills yang harus dimiliki generasi milenial Indonesia
1. Complex Problem Solving
Complex Problem Solving adalah keterampilan paling penting pertama yang harus dimiliki oleh generasi milenial di tahun 2021. Menurut laporan World Economic Forum (WEF), 36% dari semua pekerjaan di seluruh industri akan membutuhkan kemampuan ini sebagai keterampilan utamanya. Complex Problem Solving adalah keterampilan pemecahan masalah yang kompleks atau sebuah kemampuan yang dikembangkan untuk memecahkan masalah baru, masalah yang tidak terdefinisikan dengan jelas, di dunia kerja.
2. Critical Thinking
Future skills kedua yang diperlukan adalah Critical Thinking yaitu kemampuan untuk berpikir jernih dan mendalam tentang suatu masalah dan membuat penilaian logis. Ini adalah semacam pemikiran di mana kamu sendiri menganalisis dan memeriksa dan menghasilkan kesimpulan yang efektif.
3. Creativity
Teknologi dan mesin memang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tapi mereka tidak bisa memberikan sentuhan kreativitas di dalamnya. Oleh karena itu, perusahaan akan lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan yang mempunyai sisi kreatif dan inovatif. Mereka ingin karyawan yang mampu menerapkan ide-ide baru dan berpikir out of the box. Jadi, di tahun 2021 ini, kamu harus bisa mengasah kekreatifitasanmu dengan berlatih untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru.
Baca juga: Masih #Dirumahaja? Yuk Belajar 10 Skill Yang Diperlukan di Dunia Digital
4. People Management
People Management adalah salah satu skill penting yang harus dipelajari para milenial untuk mencapai keberhasilan di tahun 2021. Hal ini karena setiap pemimpin membutuhkan tim untuk mencapai tujuannya. Keberhasilan tim bisa dicapai jika pemimpin memiliki keterampilan dalam manajemen. Terlepas dari profesi dan pekerjaanmu, kamu akan selalu memerlukan keterampilan ini karena hal-hal besar tidak dapat dilakukan sendiri. Kamu perlu mengelola seluruh tim mu dan menjaga kekompakkan dalam tim.
5. Coordinating with Others
Selanjutnya, skill yang dibutuhkan di era mendatang adalah kemampuan berkoordinasi dengan orang lain. Kelihatannya memang sederhana namun ternyata skill ini tidak kalah penting loh. Hal ini dikarenakan pada akhirnya manusia pada akhirnya akan selalu membutuhkan orang lain. Kita tidak bisa menyelesaikan segala sesuatunya sendiri. Jadi, kamu perlu meningkatkan kemampuan berkoordinasi dengan orang lain. Skill ini sendiri meliputi kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan orang lain serta kepekaan terhadap kebutuhan orang lain.
6. Emotional Intelligence
Emotional Intelligence mengacu pada kemampuan untuk mengendalikan dan mengelola emosi sendiri dan kemampuan untuk mengendalikan emosi orang lain juga. Menguasai keterampilan ini sangatlah penting untuk karakter pribadi dan profesional kamu. Sebelum mengendalikan emosi orang lain, kamu harus terlebih dahulu mengendalikan emosimu. Hanya dengan begitu kamu dapat memengaruhi orang lain dan melakukan pekerjaan bersama.
7. Judgement and Decision Making
Skill yang satu ini tidak hanya penting di lingkungan pekerjaan, tetapi juga di kehidupan pribadi. Menilai dan membuat keputusan adalah hal yang tidak mudah. Karena selain dituntut untuk mengambil keputusan yang menguntungkan, kita juga harus bisa mengambil keputusan yang tepat. Untuk menguasai skill ini, kita membutuhkan semua keterampilan lain seperti berpikir kritis, kesabaran, kekuatan pengamatan yang baik dan yang paling penting, keberanian untuk mengambil resiko.
Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Skill Customer Service Usaha Kamu
8. Service Orientation
Orientasi pada layanan diartikan sebagai secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain. Berapa banyak kamu membantu timmu, rekan kerjamu, atasanmu, dan orang-orang di seluruh industri? Seberapa baik kamu dapat membantu orang-orang di tim mu menentukan pula kualitas kepemimpinanmu. Jika kamu tidak menguasai keterampilan ini, lambat laun kamu akan kehilangan kepercayaan dan loyalitas bawahanmu. Seorang pemimpin sejati adalah orang yang membantu timnya tumbuh tanpa meninggalkan siapa pun.
9. Negotiation
Mencapai kesepakatan yang diinginkan tanpa argumen atau perselisihan secara fisik maupun mental adalah kunci dari keterampilan negosiasi. Kebanyakan orang sering gagal membuat kesepakatan yang mereka inginkan karena mereka kurang dalam keterampilan negosiasi. Buat kamu yang ingin meningkatkan skill ini bisa melatihnya melalui pengalaman, meeting, dan percakapan dengan orang-orang yang berada di atas level posisimu.
10. Cognitive Flexibility
Fleksibilitas kognitif adalah skill yang melibatkan banyak hal, yakni kreativitas, penalaran logis, dan sensitivitas terhadap masalah. Menguasai skill ini berarti, kamu mampu menyesuaikan gaya komunikasimu berdasarkan lawan bicara. Seperti kita tahu tiap dividu memiliki pemikiran, ide, tindakan, pendapat, dan emosi yang berbeda. Dengan demikian, setiap orang tidak dapat diperlakukan dan ditangani dengan cara yang sama. Berdasarkan hal tersebut, perekrut tidak ingin pekerja yang berbicara hal yang sama ke semua orang. Mereka mencari orang yang bisa berpikir secara kritis mengenai siapa yang mereka ajak bicara, dengarkan, dan menyesuaikan komunikasimu terhadap orang tersebut.
As a Newbie, I am permanently exploring online for articles that can aid me. Thank you