Hampir mustahil jika kamu tidak pernah bekerja sama dalam sebuah tim. Di mana pun kamu berada, pasti selalu ada kesempatan yang membuat kamu harus bermitra dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Begitu juga dalam lingkungan kerja. Setiap hari kamu pasti bersinggungan dengan rekan kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas. Meski ada sebagian pekerjaan yang dapat kamu selesaikan sendiri, sebagian lainnya justru membutuhkan koordinasi tim agar bisa mencapai hasil yang optimal. Maka dari itu, manfaat dari teamwork bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga demi keberhasilan perusahaan. Apalagi, kolaborasi tengah menjadi tren dalam dunia kerja. Lantas, apa saja sih manfaat teamwork bagi seorang karyawan? Berikut ini akan kami bagikan 10 manfaat teamwork bagi keberhasilan perusahaan. Selamat mencoba!
10 Manfaat teamwork bagi keberhasilan perusahaan
1. Menumbuhkan keinginan belajar
Ketika bekerja bersama dalam sebuah tim, sesi brainstorming akan memperkaya perspektif kamu tentang suatu hal. Kerja sama tim akan memfasilitasi setiap anggota untuk berbagi pengetahuan dan mempelajari keterampilan baru. Dengan kata lain, berkolaborasi dalam sebuah proyek bisa menciptakan antusiasme tiap individual dalam belajar dan menambah wawasan setiap anggota tim.
2. Saling melengkapi kelebihan dan kekurangan
Teamwork akan mendukung kelebihan sekaligus mengisi kekurangan tiap anggota. Walaupun kamu unggul dalam berpikir kreatif, tetapi rekan kerja lain lebih piawai merencanakan dan mengatur segala sesuatu. Sebuah tim bisa bekerja dengan maksimal karena setiap individu berusaha mengerahkan keahlian masing-masing. Oleh karena itu, kombinasikan kelebihan masing-masing supaya terbentuk tim yang solid dan kuat.
3. Bisa menghasilkan ide yang lebih kreatif
Manfaat selanjutnya dari sebuah kinerja teamwork adalah bisa menghasilkan ide yang lebih kreatif. Tidak dapat dipungkiri, kreativitas adalah salah satu hal yang dikedepankan di dunia pekerjaan, khususnya di industri kreatif. Ide-ide yang kreatif harus selalu dibutuhkan dan jika kamu bisa menghasilkan ide kreatif sendirian, tentu saja itu adalah suatu hal yang bagus. Namun ada masanya, ide kreatif yang biasanya muncul di dalam pemikiran kamu tidak mampu muncul. Di sanalah fungsi teamwork memberikan manfaat besar. Ketika kamu sedang bingung, maka kamu bisa meminta bantuan dari orang lain. Dari sana, maka kamu bisa mendapatkan ide-ide baru yang kreatif dan tetap produktif di dalam pekerjaan kamu.
Baca juga: 10 Keuntungan Memilih Virtual Office, Solusi Selama Pandemi COVID-19
4. Belajar membangun rasa percaya
Mengandalkan orang lain berarti kamu belajar membangun rasa percaya. Bekerja dalam tim juga akan membentuk hubungan yang kuat dengan rekan kerja. Berbeda pendapat, selisih paham, adu argumen adalah hal biasa. Hal itu menunjukkan bagaimana dinamika tim ketika berproses bersama. Komunikasi terbuka adalah kunci terpenting dalam teamwork, terutama dalam upaya memberikan solusi yang efektif untuk menyelesaikan tugas tim.
5. Beban pekerjaan bisa menjadi lebih ringan
Selain bisa menghasilkan ide yang lebih kreatif dan membangun rasa kepercayaan, teamwork juga bisa membuat beban pekerjaan yang ada menjadi lebih ringan. Pekerjaan yang berat pastinya menyulitkan kamu, bukan? Di sanalah fungsi teamwork menjadi satu hal yang sangat penting ada di dalam sebuah tim. Pekerjaan yang berat ketika dikerjakan sendirian, bisa menjadi lebih ringan jika dikerjakan bersama-sama dengan rekan kerja lainnya. Dengan hal itu, akhirnya pekerjaan dengan beban yang berat bisa terselesaikan dalam tepat waktu dan bisa menghasilkan suatu hasil yang maksimal juga.
6. Melatih keterampilan resolusi konflik
Kepribadian, latar belakang, pemikiran, dan kebiasaan kerja tiap individu pasti berbeda. Ada kalanya perbedaan itu menyulut konflik. Momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk belajar dan menerapkan resolusi konflik. Kelak keterampilan resolusi konflik ini akan berguna saat kamu menduduki posisi sebagai manajer.
7. Mendorong pengambilan risiko secara sehat
Bekerja dalam tim berarti berbagi peran sesuai kemampuan masing-masing. Kesuksesan yang diraih tak lepas dari kekompakan tim, tetapi kegagalan juga tanggung jawab semua anggota. Itulah mengapa teamwork justru mendorong kamu untuk lebih berani mengambil risiko karena tahu rekan kamu akan selalu mendukung apapun yang terjadi. Gagasan paling berisiko biasanya gagasan terbaik. Jadi, jangan ragu berpikir out of the box, ya!
Baca juga: 10 Cara Memilih Investor Saat Usaha Kamu Ingin Berkembang
8. Jika ada masalah, lebih bisa mendapatkan jalan keluar dengan cepat
Di dalam pekerjaan, masalah adalah sebuah hal yang lumrah. Ada masalah yang besar dan ada pula yang kecil. Setiap karyawan yang terkena masalah pun juga berbeda-beda, ada yang mampu menyelesaikan masalah dengan baik, tapi ada juga yang tidak mampu menyelesaikan dengan baik juga. Namun jika masalah itu muncul, teamwork yang baik bisa membuat masalah yang ada menjadi terselesaikan dengan cepat dan tepat. Hal ini terjadi karena semua orang yang ada di dalamnya mau masalah itu cepat selesai. Teamwork menjadi jawaban paling tepat jika ingin mendapatkan jalan keluar dari masalah yang ada dengan cepat.
9. Memperkuat rasa kepemilikan terhadap perusahaan
Kerja tim mendorong karyawan merasa bangga pada kontribusi masing-masing. Mengatasi tantangan dan menuntaskan proyek bersama membuat tiap teamwork pun turut berdampak pada perusahaan. Karyawan yang memiliki ‘keterikatan’ dengan perusahaan, cenderung memiliki masa kerja yang lebih panjang. Teamwork membuka peluang bagi karyawan untuk terlibat aktif sehingga mereka mengusahakan yang terbaik demi memajukan perusahaan.
10. Mampu memajukan perusahaan
Tidak ada perusahaan yang hanya mau bergerak di satu posisi saja. Semuanya pasti ingin memiliki bisnis yang lebih maju lagi dibandingkan sebelumnya. Itu juga yang menjadi tujuan di dalam setiap pekerjaan yang dilakukan para karyawan. Namun jika tidak ada teamwork yang baik di dalam perusahaan tersebut, maka usaha untuk memajukan perusahaan akan menjadi lebih sulit lagi. Belum lagi beban berat pekerjaan yang ada bisa malah makin membuat perusahaan kesulitan berkembang sesuai apa yang diinginkan selama ini. Maka dari itu, teamwork yang baik dan tepat di dalam masing-masing tim atau divisi bisa membuat perusahaan menjadi maju dan membuat perusahaan bisa mencapai target yang selama ini ingin dicapai.