Jika kamu saat ini adalah pemilik bisnis kuliner, pastinya kamu sedang membutuhkan berbagai pendukung promosi demi peningkatan penjualan. Memang saat ini ada banyak strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk menjangkau pelanggan. Namun, promosi online yang tepat sasaran pastinya lebih menjanjikan keuntungan. Maka dari itu diperlukan cara yang lebih efisien dan efektif seperti menggandeng food vlogger kenamaan agar pengembangan bisnis mengarah ke jalur yang lebih baik. Nah berikut ini kita akan bagikan 10 food vlogger Indonesia yang bisa membantu promosi bisnis kuliner kalian. Siapa tau, jumlah pengikut mereka yang ratusan atau bahkan jutaan bisa menjadi calon customer produk kamu. Langsung disimak ya!
10 Food vlogger Indonesia yang bisa membantu promosi bisnis kuliner
1. Farida Nurhan
Farida Nurhan adalah seorang wanita yang dulunya pernah bekerja sebagai seorang TKI. Saat pulang ke Indonesia, ia mendirikan bisnis properti dan berhasil menuai kesuksesan. Di tengah kesibukannya menjadi seorang ibu dan menjalankan bisnis properti, kegemarannya dalam memasak aneka makanan dengan cita rasa pedas membuatnya membangun channel YouTube hingga kini sudah memiliki 3 juta lebih subscribers. Selain aktivitas memasak makanan yang ditampilkan dalam video di akun YouTube, Farida Nurhan juga sering mengulas makanan yang dirilis oleh para artis. Tak jarang, ia berkolaborasi dengan food vlogger lain di channel-nya.
2. Magdalena
Melalui channel YouTube yang bernama Mgdalenaf, Magdalena berhasil menjadi seorang food vlogger dan memiliki subscribers sebanyak 3,45 juta. Kalau kamu pecinta makanan pedas atau pebisnis kuliner dengan berbagai menu makanan pedas, kamu bisa banget berkunjung ke akun YouTube Mgdalenaf untuk menemukan banyak inspirasi makanan pedas favorit. Karena memiliki jumlah subscribers yang banyak, Magdalena bahkan sering kali melakukan endorse untuk mencoba aneka makanan dari toko makanan online. Penasaran? Kamu bisa melihat ulasannya langsung di sana!
3. Kent & Grat
Pemilik channel Kent & Grat adalah pasangan kekasih yang tampil bersama dalam channel YouTube bernama Kent & Grat. Mereka biasanya melakukan review makanan karena memang keduanya sama-sama memiliki hobi makan. Namun, tak hanya membahas tentang makanan, di akun YouTube tersebut kamu juga akan menemukan konten lain yang berkaitan dengan vlog prank ataupun challenge. Hingga hari ini di tahun 2021, akun Youtube Kent & Grat sudah memiliki subscribers sebanyak 2,23 juta.
Baca juga: Kelebihan Setiap Platform Media Sosial untuk Kampanye Video Marketing
4. Nex Carlos
Nex Carlos, food vlogger yang senang membuat konten makanan dari berbagai daerah ini pernah viral dan trending di YouTube gara-gara aksi review nasi telor di Pontianak. Dirinya termasuk pembuat konten makanan yang sering membuat ngiler para penontonnya karena sensasi makanan yang ia lahap. Nex Carlos pun mengaku harus lebih sering checkup ke dokter supaya tubuhnya tetap fit, terutama ketika sering menyantap makanan pedas dan berkolesterol. Hal itu ia lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit karena beragam makanan yang disantapnya. Selama menjadi food vlogger, ia sudah menjelajahi hampir seluruh provinsi di Indonesia dan kini sudah memiliki lebih dari 3,91 juta subscribers.
5. Gerry Girianza
Kegemarannya memasak dan mencicipi aneka kuliner menjadi salah satu alasan mengapa Gerry Girianza membuat channel YouTube dengan nama yang sama. Pria berambut panjang yang juga berprofesi sebagai chef sejauh ini juga sudah memiliki subscribers sebanyak 1,05 juta. Di channel YouTubenya, ia tidak hanya membagikan ulasan kuliner namun juga memberikan informasi dan tips memasak ala Gerry Girianza hingga rangkuman perjalanan selama mengelilingi Indonesia.
6. Boengkoes Network
Selanjutnya, ada nama Boengkoes Network yang juga merupakan food vlogger sukses. Akun YouTube Boengkoes Network sebenarnya bukan akun personal, melainkan milik beberapa orang yang tergabung dalam satu tim. Walau Boengkoes Network belum lama ada di deretan para food influencer, channel ini sudah memiliki subscribers sebanyak 682 ribu orang. Banyak jenis makanan yang diulas akun YouTube ini, termasuk makanan atau kuliner milik artis.
7. Jwestbros
Channel ini terbangun dari persahabatan Andy Gracia dan Victor Sam. Nama JWestBros sendiri punya filosofi yang cukup unik, yakni gabungan dari asal mereka masing-masing, Jakarta Barat dan Jawa Barat (West Jakarta dan West Java). Adapun, channel mereka ini mereka fokuskan pada food review, mulai dari makanan biasa sampai yang ekstrem, dari yang kaki lima hingga bintang lima, dalam negeri hingga luar negeri, ataupun makanan yang sedang viral. Akun dengan subscribers 520 ribu ini juga punya kualitas video yang sangat baik dan elegan, mulai dari pengambilan gambar hingga editing yang tentunya bikin kita semua betah nonton berlama-lama.
Baca juga: Memahami 8 Teknik Marketing yang Tepat dalam Sebuah Bisnis
8. William Gozali
Belakangan ini, William Gozali atau yang sering disapa Willgoz menjadi salah satu food vlogger terpopuler di YouTube. Sebagai lulusan kompetisi memasak sekelas Master Chef, Willgoz memang punya modal banyak. Dia juga berbagi resep dengan publik melalui saluran YouTube-nya. Dengan kepribadian khusus dan resep yang bertanggung jawab, Willgoz mendapatkan popularitas. Ia juga pandai membaca kebutuhan pasar dengan terus mengupdate resep yang banyak diperbincangkan di media sosial. Tonton channelnya jika kamu memang tertarik untuk menempatkan produk kamu di channel YouTube miliknya!
9. Anak Kuliner
Akun YouTube ke-9 yang kami rekomendasikan dan bisa membantu promosi bisnis kuliner kamu adalah channel milik Anak Kuliner. Di channel ini, kamu ga cuma akan terbantu dengan tren terbaru di dunia kuliner namun juga bakal menemukan banyak review, mulai dari review kuliner jajanan alastreet food hingga review usaha kuliner milik artis yang biasanya memang bikin penasaran. Dengan berbagai konten menarik, kini channel Anak Kuliner telah mendapatkan subscribers sebanyak 918 ribu orang. Cara pembawaan yang santai juga menjadi kelebihan dari channel ini.
10. Ria SW
Nama food vlogger terakhir yang kami rekomendasikan adalah YouTuber dengan nama Ria SW. Meski sekarang dikabarkan sedang hiatus atau vakum, YouTuber dengan subscribers melebihi angka 3 juta tersebut kiranya punya gaya mengulas makanan yang sangat menghibur dan juga ringan. Selain itu, Ria SW juga sering membahas makanan Korea yang menjadi favoritnya, mulai dari membandingkan cita rasa apakah sama dengan yang ada di Korea atau tidak hingga ornamen-ornamen lain yang menambah nilai orisinil. Menarik sekali bukan? Nah bagi kamu yang sedang menjalankan usaha kuliner dengan konsep Korea, bisa langsung menonton channel Ria SW di YouTube sekarang! Selamat menonton.