Di era digital seperti saat ini, sudah banyak profesional yang tidak mempunyai sebuah name card atau kartu nama. Ada yang memang tidak mau membuatnya karena merasa hal itu sudah tidak begitu penting. Ada pula dikarenakan perusahaan yang tidak mau membuatkan kartu nama untuk semua karyawannya. Hanya karyawan tertentu yang diberikan kartu nama dengan alasan ingin menghemat biaya desain dan cetak kartu nama. Padahal, kalo dipikir-pikir kartu nama merupakan selembar kertas kecil yang simpel, tapi punya fungsi dan manfaat yang penting bagi bisnis kamu. Kamu perlu memilikinya dan karyawan-karyawan lain juga sebaiknya memiliki. Buat kamu yang merasa kartu nama sudah merupakan hal yang tidak penting, berikut ini akan kita bagikan 10 alasan mengapa kamu perlu memiliki kartu nama di era digital.
10 Alasan mengapa kamu perlu memiliki kartu nama di era digital
1. Profil diri
Kartu nama menjadi tanda pengenal yang bisa dipakai saat berkenalan dengan orang baru. Orang yang menerima kartu nama kamu bisa langsung mengetahui beberapa informasi penting mengenai diri kamu, tanpa kamu harus menjabarkannya satu per satu. Seperti nama lengkap kamu, jabatan di perusahaan, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya. Sehingga orang lain bisa dengan mudah mengetahui siapa kamu dan apa status pekerjaan kamu.
2. Kartu nama yang unik dan kreatif dapat membuat percakapan lebih bermakna
Ya, memang untuk membuat kartu nama yang unik dan kreatif lebih memakan biaya. Tetapi, coba sejenak kita pikirkan, kebutuhan apa saja yang tidak terlalu penting untuk ditukar dengan pengeluaran untuk membuat kartu nama yang unik dan kreatif. Percayalah, dengan kartu nama yang unik dan kreatif dapat dipastikan bahwa biaya yang kamu keluarkan akan sepadan dengan pemasukan yang kamu dapatkan jika dapat menarik banyak klien bukan?
3. Menukar informasi secara digital terasa kurang pantas
Membangun koneksi dengan klien merupakan hal yang esensial dalam sebuah perusahaan. Mengirimkan informasi tentang kontak perusahaan melalui email ataupun pesan berbentuk digital memang mudah, tetapi kurang pantas. Dengan saling menatap mata dan berbicara secara langsung face-to-face merupakan cara yang lebih sopan untuk berbicara dengan klien. Dapat diibaratkan dengan dua kepala yang saling menunduk menatap handphone, ini merupakan suatu cara yang tidak akan meninggalkan kesan baik dalam berbicara antar perusahaan dank lien. Maka dari itu, disinilah kartu nama berperan penting.
Baca juga: 10 Tipe Konten yang Dapat Berfungsi untuk Menjaring Leads
4. Identitas perusahaan
Saat kamu bertemu dengan calon pelanggan tentu kamu ingin meninggalkan kesan pertama yang mengesankan. Pastikan kartu nama kamu tidak berkesan murahan dan ala kadarnya. Menampilkan kartu nama yang terlihat profesional secara tidak langsung akan memperkuat citra positif perusahaan Kamu. Kendati tidak mutlak, desain kartu nama bisa menjadi cerminan perusahaan yang kamu wakili. Semakin profesional, tentulah semakin baik. Itu sebabnya, pembuatan kartu nama tidak bisa dilakukan secara sembarang. Melainkan harus merepresentasikan profil perusahaan, pun menampilkan sedikit informasi tentang produk/jasa yang kamu tawarkan.
5. Informasi mengenai bisnis
Kamu perlu menampilkan berbagai informasi mengenai bisnis kamu pada kartu nama, seperti nama perusahaan, logo perusahaan, alamat website, alamat kantor, dan profil singkat bisnis yang dijalankan. Saat orang membaca kartu nama kamu, mereka bisa langsung mengetahui tentang bisnis kamu. Sehingga mereka tidak salah mengingatnya dan sewaktu-waktu bisa menghubungi kamu saat mereka ingin bekerja sama.
6. Menunjukkan profesionalitas
Orang yang memiliki kartu nama terlihat lebih profesional dibandingkan orang yang tidak memilikinya. Makanya, biasanya orang-orang di lingkungan bisnis kerap saling menukarkan kartu nama saat berkenalan. Namun, perhatian pula desainnya agar dapat mewakili usaha yang sedang kamu wakilkan. Kamu juga harus membuat kartu nama yang menarik agar terlihat elegan sebab jika desain kartu nama kamu terlihat biasa-biasa saja, orang lain terkadang kurang memperhatikan dan malas menyimpannya.
7. Menunjukkan bahwa kamu selalu siap untuk berbisnis
Apakah kamu pernah melihat orang yang ingin bertukar kontak info dan menuliskannya di tisu dan memberikannya kepada kamu? Atau juga bagaimana jika handphone kamu kehabisan baterai dan kamu tidak mambawa kartu atau kertas apapun untuk menulis? Untuk sebagian orang langkah tersebut merupakan langkah yang kurang professional dalam berbisnis. Jika kamu bertemu dengan orang yang akan bertukar kontak dan kesusahan mencari pena untuk menulis, dan satu orang yang hanya mengeluarkan kartu nama dan memberikannya, orang mana yang akan kamu pilih untuk berbisnis? Tentu saja orang yang kedua, bukan? Ini merupakan salah satu contoh bawa kartu nama merupakan satu hal penting yang dapat menunjukkan sisi profesionalitas kamu di mata klien.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk Mendukung Bisnis
8. Membuat orang mengingat kamu
Saat kamu bertemu dengan banyak orang di suatu event, kamu pasti tidak akan bisa mengingat semua orang yang kamu temui saat itu. Begitu juga dengan orang lain. Makanya, membagikan kartu nama itu sangat penting saat ingin menambah relasi bisnis. Karena mereka yang menerima kartu nama kamu akan lebih mudah mengingat siapa kamu dan kemungkinan akan mengontak kamu di kemudian hari.
9. Memperluas jaringan
Saling tukar kartu nama membuka kesempatan untuk memperluas jaringan. Apalagi jika lingkungan pekerjaan memungkinkan kamu bertemu banyak orang setiap harinya. Ketika Kamu memberikan sebuah kartu nama kepada seseorang, maka ada kemungkinan kartu nama kamu akan tersebar. Misalnya, ada seseorang yang sudah bertukar kartu nama dengan kamu dan di dalam jejaring mereka ada yang kebetulan membutuhkan bisnis kamu, maka hal itu akan menjadi nilai tambah bagi kamu yang mempunyai kartu nama.
10. Bisa meningkatkan lead generation
Kartu nama bisa membantu kamu memenangkan klien baru. Secara umum, kartu nama dibagikan setelah kamu membuat koneksi dengan seseorang. Kamu juga bisa memberikan kartu nama setelah mempromosikan brand atau produk kamu. Desain kartu nama biasanya hanya satu sisi saja. Manfaatkan sisi lainnya untuk membuat Unique Selling Proposition (USP). Kamu bisa menulis tips, trik, atau hal unik lain yang merepresentasikan bisnismu.