Dalam industri marketing, tentunya brand sudah memiliki berbagai program edukasi dalam bentuk konten dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian hingga bisa menarik calon konsumen agar mau membeli dan setidaknya mencoba menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dari banyaknya program edukasi yang bisa dipersiapkan brand, kamu bisa melakukannya melalui sebuah artikel, video, sharing informasi melalui webinar, Instagram Live, dan lain sebagainya. Namun dari semua pilihan tersebut kerap memunculkan pertanyaan baru seperti apakah perlu sebuah brand memberikan produk secara gratis bagi usaha yang baru dijalankan? Produk itu baik yang gratis ataupun berbayar sebenarnya dapat memberikan manfaatnya masing-masing. Berikut ini akan kami bahas 9 manfaat memberikan produk secara gratis bagi usahamu. Semoga ada manfaatnya ya!
9 Manfaat memberikan produk secara gratis bagi usahamu
1. Membangun kepercayaan
Menyajikan konten-konten secara gratis apa pun bentuknya dapat membantu usahamu meningkatkan kredibilitas dan juga meningkatkan kepercayaan publik loh. Alasannya jelas, ketika program berbagi seperti artikel ataupun webinar memiliki kualitas yang baik, maka akan banyak audiens yang menganggap brand kita handal dan memiliki otoritas di industri yang dikelola. Dan hal ini dapat berujung pada meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand atau jasa yang kita jual. Selain itu, ketika sebuah usaha dapat membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang mereka hadapi, maka para calon konsumen akan memiliki ketertarikan pada barang atau jasa yang kita tawarkan dalam jangka yang panjang karena mereka merasa apa yang ditawarkan tersebut dapat membantu mempermudah hidup mereka.
2. Menciptakan perasaan timbal balik
Mengawali bisnis baru dengan membagi produk sampel gratis bukan hal yang merugikan. Biasanya akan muncul timbal balik ketika kita memberikan sampel produk ke konsumen. Apabila konsumen tidak cocok namun tertarik dengan produk kita, konsumen itu akan merekomendasikan produk ke orang lain. Tentu mereka juga merasa beruntung karena telah mendapatkan penghargaan berupa produk yang berkualitas.
3. Membuat audiens menjadi advokat brand
Jika para audiens dan calon pelanggan menemukan nilai penting atau merasa nilai mereka bertambah melalui produk gratis yang kita jalankan, maka dengan senang hati mereka akan membagikan dan mempromosikan konten tersebut. Hal ini akan memberikan manfaat besar bagi usahamu karena dapat memperluas reach dari konten dan juga meningkatkan brand awareness, melebihi jumlah target audiens yang diharapkan. Ketika pelanggan merasa senang dengan produk atau jasa yang ia gunakan, maka dengan begitu mereka juga dapat menjadi advokat terbaik bagi brand.
Baca juga: Memahami 8 Teknik Marketing yang Tepat dalam Sebuah Bisnis
4. Mendapat feedback dan review
Produk sampel yang kita berikan kepada konsumen secara cuma-cuma akan berbuah feedback yang baik untuk kelangsungan bisnis kita. Mereka secara sukarela akan memberi masukan bahkan kita juga mendapatkan testimonial dari penggunaan produk kita, yang bisa kita tampilkan di halaman website kita. Belum lagi kalau ternyata orang yang kita beri sampel adalah blogger, youtuber, vlogger, atau malah selebgram. Jika mereka sukarela dapat menulis review produk kita, dampaknya kita terbantu untuk mempromosikan produk kita secara tidak langsung kepada pembaca atau viewers media mereka. Hargai setiap masukan terhadap produk agar ke depan akan lebih baik dan sempurna sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen dan pasar.
5. Mengetahui produk yang potensial
Berhubungan dengan poin sebelumnya, apabila kita memberikan sampel produk ke konsumen, kita akan mengetahui produk yang diminati banyak orang. Akhirnya kita dapat menyimpulkan dan memprediksi produk yang akan laris di pasaran nantinya. Sehingga terhindar dari kesalahan terlalu banyak bahan baku untuk produk yang ternyata tidak banyak peminatnya. Kita juga bisa mengoptimalkan di produk-produk tertentu berdasarkan sampling program jenis produk yang paling diminati. Dengan sampling program, kita dapat membuat produk yang best seller dengan tetap mengamankan cash flow serta resiko yang rendah.
6. Mendapatkan endorsement produk
Apabila mengirimkan sampel produk spesial ke penulis blog atau selebgram, bisa jadi mereka sangat mengapresiasi kita. Jika beruntung, mereka tak segan menulis review setelah menggunakan produk sampel tadi. Sering juga dilengkapi dengan posting foto dan produk kita di media sosialnya. Tentu, penggemar penulis dan selebgram tadi akan penasaran terhadap produk yang digunakan idolanya. Nama produk pun makin terkenal.
7. Mendorong traffic
Menyajikan konten merupakan cara utama agar brand dapat lebih mudah ditemukan secara online dan untuk meningkatkan traffic. Selain itu, konten-konten tadi juga dapat membantu untuk mengoptimalkan SEO, sehingga bisa berada pada ranking atas pada mesin pencarian dan membuat masyarakat lebih mudah menemukan brand terkait. Dan ketika lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian tersebut membuat semakin banyak masyarakat yang mengenal dan meningkatkan peluang produk atau jasa brand digunakan oleh mereka.
Baca juga: Marketing Afiliasi Adalah? 13 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Afiliasi
8. Mendatangkan leads berkualitas
Manfaat penting lain dari menyajikan program jasa atau produk secara gratis adalah, para audiens atau calon konsumen akan mendapatkan nilai tambah baru, khususnya tentang brand yang kita kelola. Dan semakin mereka mengenal brand maka kualifikasi mereka sebagai leads pun semakin tinggi, dan hal ini akan mempermudah tim sales untuk melakukan pendekatan dan mengajak para audiens tersebut untuk menjadi pelanggan.
9. Membuat audiens lebih mengenal brand
Memberikan edukasi kepada audiens, berarti juga membuat mereka lebih memahami tentang bisnis yang dijalankan oleh brand. Dan seorang calon pelanggan biasanya akan lebih senang untuk menggunakan produk atau jasa ketika mereka sudah mengenal brand dan memahami manfaat yang akan mereka dapatkan. Selain itu, mereka juga akan lebih tertarik ketika brand bisa memberikan nilai-nilai tambah. Karena itu, dengan menjalankan program secara gratis ini akan membuat usaha kamu bisa menyampaikan pesan secara menyeluruh dan mengajak audiens untuk lebih mengenal lebih jauh kepada brand terkait.
Ive to say, I dont know if its the clashing colors or the dangerous grammar, however this weblog is hideous! I mean, I dont need to sound like a know-it-all or something, but might you could have possibly put a little bit more effort into this subject. Its really attention-grabbing, however you dont signify it nicely in any respect, man. Anyway, in my language, there usually are not much good supply like this.