Social media selain bisa dimanfaatkan untuk memperluas branding merek, penjualan produk, dan memasarkan jasa, ternyata juga bisa digunakan untuk mencari klien. Namun, hal apa saja yang bisa dikerjakan selagi menggunakan social media? Berikut 20 cara yang bisa kamu lakukan untuk menggaet klien dengan memanfaatkan social media.
Dengan Facebook
1. Bergabunglah dengan beberapa komunitas
Hal yang pertama yang kami rekomendasikan adalah bergabunglah dengan beberapa komunitas atau grup di Facebook yang memiliki calon klien potensial. Akan tetapi janganlah bergabung dengan terlalu banyak grup (maksimal 3 komunitas). Hal ini dikarenakan akan menjadi lebih baik apabila rutin berpartisipasi di sedikit komunitas ketimbang jarang berkomunikasi di lebih banyak komunitas. Hal ini akan membuat usaha kamu dapat lebih cepat dikenali oleh anggota lain dan juga menjalin hubungan dengan usaha yang kamu jalankan.
2. Bergabunglah dengan komunitas yang dipenuhi kompetitor
Saran kedua yang kami rekomendasikan adalah coba bergabung dengan grup Facebook yang sudah dipenuhi oleh kompetitor usaha kamu. Cobalah untuk saling berbagi informasi atau data dengan kompetitor. Selain membuat usaha kamu menjadi terlihat lebih menarik, tentunya akan mendapatkan respons yang lebih banyak dari client kompetitor kamu.
3. Bagi pengalaman melalui fitur Post
Cobalah untuk lebih murah hati dalam membagikan pengalaman ataupun ilmu, terutama jika sudah mengikuti komunitas atau grup tertentu. Hal ini tentunya akan membuat kamu dikenal sebagai seorang ahli, dan ketika anggota lain membutuhkan jasa atau produk maka mereka akan menghubungi kamu.
4. Lebih aktif dan ramah dalam berkomunikasi
Kamu juga perlu lebih aktif dalam memberikan bantuan pada anggota lain di grup meskipun kamu sudah intens membagikan konten. Hal ini perlu dilakukan agar integritas kamu sebagai sebuah pemilik produk atau jasa memiliki nilai kepercayaan yang lebih, layaknya sebuah saudara dalam keluarga.
5. Membuat grup Facebook sendiri
Atau kamu juga bisa memulai grup Facebook usaha kamu. Grup seperti ini biasanya nanti akan dipenuhi oleh orang-orang yang bisa menjadi calon klien kamu.
6. Gunakan Facebook Ad
Langkah terakhir yang bisa dilakukan dalam menggaet calon klien adalah dengan menggunakan Facebook Ad. Iklan berbayar yang dihadirkan oleh perusahaan asal Amerika ini tidak hanya bisa digunakan untuk menjual produk, namun juga untuk memperluas branding usaha kamu. Sebelum menggunakan Facebook Ad, pastikan kamu sudah tau calon customer mana yang kamu incar dan daerah mana yang memiliki potensial terbesar dalam berusaha.
Dengan Instagram
7. Buat foto profil dan bio yang menarik
Hal yang paling dasar dalam mencari klien melalui Instagram adalah membuat foto profil dan bio yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar apa yang terlihat secara visual mencerminkan bisnis yang sedang kamu jalani. Selain itu juga agar dapat memudahkan seseorang ketika ingin membeli produk (dilengkapi kontak pemesanan, nomor telepon hingga alamat website). Untuk membuat bio yang menarik, gunakanlah kalimat yang menarik pelanggan agar ketika mereka pertama kali mengunjungi akun Instagram kamu akan langsung tau dan mau mem-follow.
8. Gunakan Insights untuk mencari tau informasi
Insights di Instagram akan membantu memberi tahu kamu informasi penting tentang Followers dan juga postingan mana saja yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan paling tinggi. Dengan informasi-informasi ini, kamu bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku atau demografis audience kamu. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai dengan calon klien.
9. Gunakan fitur Promote untuk mem-boost postingan
Fitur Promote pada Instagram memperbolehkan kamu untuk menjadikan postingan kamu sebagai ads atau iklan di aplikasi Instagram. Ads tentunya dapat membantu untuk menghubungkan usaha kamu dengan calon pelanggan. Uniknya, fitur Promote ini dapat disesuaikan dengan budget, durasi, dan target audience yang kamu inginkan. Jadi hasil yang diinginkan pun terukur dan tentunya dapat membantu kamu mengembangkan bisnis dengan lebih mudah.
10. Follow akun Instagram lainnya
Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mencari klien di social media adalah dengan mem-follow akun Instagram yang berkaitan atau relevan dengan bisnis kamu. Untuk mendapatkan perhatian dari akun-akun tersebut, kamu bisa memanfaatkan hastags di industri yang kamu jalani atau meninggalkan komentar dengan cara memperkenalkan usaha kamu. Ini merupakan saah satu langkah yang bisa membantu kamu mencari calon klien dengan cepat.
11. Pilih konten yang bertema khusus
Memilih konten dengan tema yang berbeda-beda membantu bisnis kamu menjamin bahwa pelanggan kamu tidak akan bosan dengan konten yang disedikan. Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantu kamu mencapai objektif yang berbeda-beda. Misalnya, akun Instagram sebuah sekolah yang memiliki objektif untuk meningkatkan brand awareness dan mencari murid baru bisa memilih kontes, cerita alumni, dan campus life sebagai tema konten utama.
12. Gunakan Branded Hashtags
Meskipun Instagram adalah social media yang mengutamakan visual, namun ada elemen non-visual yang perlu kamu tambahkan ke dalam akun Instagram, misalnya gaya penulisan dan hashtags. Ini tidak berarti hanya menggunakan nama perusahaan ebagai hashtag, namun kamu juga bisa menambahkan hastags yang berhubungan dengan jenis industri yang dijalankan, tip audience yang cocok dengan usaha kamu, serta lokasi dimana usaha kamu berjalan.
13. Manfaatkan Instagram Story
Instagram Story telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. Ini menjadi bukti bahwa bisnis harus bisa memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan brand-nya. Instagram Story juga bisa menjadi fitur yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian calon klien kamu.
14. Bekerjasama dengan Influencer
Hal terakhir yang bisa dilakukan di Instagram dalam menjaring lebih banyak klien adalah bekerjasama dengan Influencer. Cara ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan karena biasanya ada biaya mahal yang perlu dikeluarkan jika ingin bekerjasama dengan mereka. Meski begitu, cobalah untuk menemukan influencer yang memiliki lebih sedikit follower namun interaksi yang tinggi dengan followernya.
Dengan Twitter
15. Gunakan fitur Search Bar
Dengan bantuan Search Bar, carilah klien potensial yang memang sedang membutuhkan jasa kamu.
16. Hubungi klien potensial setiap minggunya
Hubungi setidaknya 3 klien potensial setiap minggunya dan mulailah membangun hubungan baik dengan mereka.
17. Hubungi kompetitor
Hubungi juga 3 kompetitor yang kamu rasa cocok dengan bisnis kamu setiap minggunya. Katakan kepada mereka betapa kamu mengagumi hal-hal yang mereka telah lakukan dan mulailah menjalin komunikasi dengan baik.
18. Lakukan pertemuan dengan klien ataupun kompetitor
Ketika kamu sudah bisa memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang, apakah itu klien ataupun kompetitor, ajaklah mereka bertemu jika memungkinkan.
19. Update Twitter dengan hasil kerjamu
Kamu bisa menggunakan Twitter tidak hanya untuk mendapatkan klien baru, tapi juga mempertahankan mereka. Setelah kamu selesai mengerjakan proyek dengan klien, lakukan update di Twitter agar follower kamu yang lain juga bisa memberikan dukungan.
20. Gunakan Twitter untuk berinteraksi
Jangan acuhkan orang-orang yang bertanya mengenai proyek atau pekerjaan kamu di Twitter. Gunakan Twitter untuk berinteraksi, siapa tahu di masa depan kamu bisa melakukan kerjasama bisnis dengan mereka.
Dengan Pinterest
21. Bergabunglah dengan grup board
Bergabunglah dengan grup board dan pastikan semua pin yang memiliki tautan ke artikel blog kamu juga memiliki tautan ke halaman jasa atau produk.
22. Tingkatkan follower secara aktif
Tingkatkan follower kamu dengan aktif dan secara konsisten, untuk bisa meningkatkan potensi mendapatkan klien baru.
23. Buat bio profil yang menarik
Tampilkan informasi yang jelas pada bagian bio profil Pinterest kamu. Jangan pasang tautan URL ke domain saja, melainkan langsung ke halaman jasa atau produk.
24. Buat pin yang rapih dan menarik
Buatlah pin atau postingan di Pinterest kamu dengan rapih dan menarik. Desain profil dan pin yang profesional agar bisa menarik minat klien potensial.
Degan layanan Live Video Streaming
25. Buat studi kasus atau Q&A Session
Layanan Live Video Streaming yang disediakan oleh social media Facebook dan Instagram kiranya juga bisa menarik calon klien loh. Hal ini dapat terjadi apabila kamu sering melakukan bedah studi kasus ataupun membuka Q&A Session. Dengan adanya 2 sesi tersebut, dapat dipastikan banyak orang yang akan tertarik dengan topik yang dibahas atau merasa relatable dengan kasus yang disedang diolah. Namun pastikan juga, URL siaran langsung kamu dapat dibagikan ke banyak orang agar dapat dinikmati oleh siapa saja.
trimakasih blog yang membantu, untuk cari furniture jati terpercaya @udjatiagung thank youuu