Pernah dengar kata Market Share? Buat yang tidak tau, Market Share adalah Pangsa Pasar dimana persentase dari total penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar atau Market Share dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.
Pengertian Market Share, Tujuan, hingga Cara Meningkatkannya
1. Kata kunci Market Share
Pangsa pasar atau Market Share mewakili persentase industri, atau total penjualan pasar, yang diperoleh oleh perusahaan tertentu selama periode waktu tertentu. Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya.
Baca juga: 9 Tips Sukses Strategi Pemasaran Produk dan Jasa di Era Pandemi
2. Cara mengetahui ukuran pasar
Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut. Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.
Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran. Sebagai contoh, suatu perusahaan yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya adalah minuman, tapi harus lebih fokus. Misalnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan lain sebagainya.
3. Memahami Market Share
Pengertian Market Share perusahaan adalah bagian dari total penjualan dalam kaitannya dengan pasar atau industri tempat perusahaan beroperasi. Untuk menghitung pangsa pasar perusahaan, pertama-tama tentukan periode yang ingin kamu periksa. Ini bisa berupa kuartal fiskal, tahun, atau beberapa tahun. Selanjutnya, hitung total penjualan perusahaan selama periode tersebut. Kemudian, cari tahu total penjualan industri perusahaan tersebut. Terakhir, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya.
4. Jenis-Jenis Market Share
Market share mempunyai dua jenis pangsa dan cirinya tersendiri sebagai berikut:
a) Primary market atau pasar utama
Perusahaan atau pemerintah mengumpulkan uang dengan menerbitkan saham di pasar primer melalui proses IPO. Masalah atau issue dapat ditempatkan melalui penempatan umum atau pribadi. Issue yang bersifat umum berlaku ketika penjatan saham dilakukan untuk lebih dari 200 orang, sedangkan issue yang bersifat pribadi ketika penjatahan dibuat untuk kurang dari 200 orang.
Harga suatu saham dapat didasarkan pada harga tetap atau issue pembangunan buku, harga tetap ditentukan oleh penerbit dan disebutkan di dalam dokumen penawaran, book building adalah tempat harga suatu masalah ditemukan berdasarkan permintaan dari para investor.
b) Secondary market atau pasar sekunder
Saham yang dibeli di pasar primer dapat dijual kembali di pasar sekunder. Pasar sekunder beroperasi melalui over the counterd (OTC) dan pasar pertukaran valuta asing. Pasar OTC adalah pasar informal di mana dua pihak menyepakati suatu tranksaksi tertentu yang akan diselesaikan di masa depan. Pasar yang diperdagangkan di bursa sangat diatur, yang disebut juga sebagai pasar lelang dimana semua tranksaksi terjadi melalui bursa.
5. Tujuan Market Share
Seringnya Market share dikatakan dan dijadikan sebagai sebuah indicator utama daya saing pasar yang mencatat seberapa baik dan berkembangnya kinerja suatu perusahaan terhadap pesaing mereka. Metrik ini juga dilengkapi dengan pengukuran perubahan dalam pendapatan penjualan, membantu para manager untuk mengevaluasi permintaan primer dan selektif pada pasar mereka.
Dengan cara ini memungkinkan mereka untuk menilai banyak hal termasuk pertumbuhan dan penurunan pasar, trend pasar, pelanggan yang membeli maupun pesaing dibidang bisnis yang sama. Secara umum sebuah pertumbuhan penjualan yang didapat dari permintaan primer (total pertumbuhan pasar seluruhnya) akan lebih murah dan juga menguntungkan daripada pasar yang didapat dari mengambil bagian para pesaing yang sama.
Baca juga: Pentingnya Melakukan Diversifikasi Produk Saat Pandemi Corona
6. Keuntungan dari Market Share
Investor dan analis memantau kenaikan dan penurunan pangsa pasar atau Market share dengan hati-hati karena ini dapat menjadi tanda daya saing relatif dari produk atau layanan perusahaan. Seiring pertumbuhan total pasar untuk produk atau layanan, perusahaan yang mempertahankan pangsa pasarnya meningkatkan pendapatan pada tingkat yang sama dengan total pasar. Perusahaan yang menumbuhkan pangsa pasarnya akan meningkatkan pendapatannya lebih cepat daripada para pesaingnya.
Peningkatan pangsa pasar memungkinkan perusahaan mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas. Sebuah perusahaan dapat mencoba memperluas pangsa pasarnya, baik dengan menurunkan harga, menggunakan iklan, atau memperkenalkan produk baru atau produk berbeda. Selain itu juga dapat meningkatkan ukuran pangsa pasarnya dengan menarik audiens atau demografi lain.
7. Dampak Market Share
Perubahan pangsa pasar atau Market Share memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja perusahaan dalam industri yang matang atau siklus dimana terdapat pertumbuhan yang rendah. Sebaliknya, perubahan Market share berdampak lebih kecil pada perusahaan dalam industri yang sedang berkembang.
Dalam industri ini, perusahaan masih dapat meningkatkan penjualan meskipun mereka kehilangan Market share. Untuk perusahaan dalam situasi ini, kinerja saham lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan dan margin dibandingkan faktor lainnya. Dalam industri siklis, persaingan memperebutkan Market Share sangat brutal. Faktor ekonomi memainkan peran yang lebih besar dalam varians penjualan, pendapatan, dan margin, lebih dari faktor lainnya.
8. Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan Market Share?
Perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar atau Market Share-nya dengan menawarkan teknologi inovatif kepada pelanggannya, memperkuat loyalitas pelanggan, mempekerjakan karyawan berbakat, dan memperoleh pesaing.
a) Teknologi baru
Inovasi adalah salah satu metode dimana perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar atau Market Share. Ketika sebuah perusahaan membawa ke pasar teknologi baru yang belum ditawarkan pesaingnya. Konsumen yang ingin memiliki teknologi tersebut membelinya dari perusahaan itu, bahkan jika mereka sebelumnya melakukan bisnis dengan pesaing.
b) Kesetiaan pelanggan
Dengan memperkuat hubungan pelanggan, perusahaan melindungi pangsa pasar atau Market Share mereka yang ada dengan mencegah pelanggan saat ini melompat dari kapal ketika pesaing mengeluarkan penawaran baru yang panas. Perusahaan dapat menumbuhkan pangsa pasar dengan menggunakan taktik sederhana yang sama. Karena pelanggan yang puas sering kali membicarakan pengalaman positif mereka kepada teman dan kerabat yang kemudian menjadi pelanggan baru. Memperoleh pangsa pasar dari mulut ke mulut meningkatkan pendapatan perusahaan tanpa peningkatan biaya pemasaran secara bersamaan.
c) Karyawan Berbakat
Perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi di industrinya hampir selalu memiliki karyawan yang paling terampil dan berdedikasi. Memiliki karyawan terbaik mengurangi biaya yang terkait dengan pergantian karyawan dan pelatihan, dan memungkinkan perusahaan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk fokus pada kompetensi inti mereka. Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif adalah salah satu cara yang terbukti untuk menarik karyawan terbaik.
d) Akuisisi
Terakhir, salah satu metode paling pasti untuk meningkatkan pangsa pasar adalah mengakuisisi pesaing. Dengan demikian, perusahaan mencapai dua hal. Ini memanfaatkan basis pelanggan yang ada dari perusahaan yang baru diakuisisi, dan itu mengurangi jumlah perusahaan yang berjuang untuk sepotong kue yang sama per satu.