Jika dilihat 2-3 tahun belakangan social media memiliki peran penting dalam strategi pemasaran, bagi bisnis berskala kecil maupun besar. Tak sekedar berbagi informasi, namun juga ada banyak keuntungan yang didapatkan dalam menggunakan social media. Malahan, banyak UKM di Indonesia yang telah menemukan celah bagaimana memaksimalkan platform ini untuk memberikan kontribusi lebih dalam hal sales maupun branding. Berikut 15 manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dari social media untuk bisnismu:

Manfaat social media untuk bisnis
1. Bisa mencari tau karakter pelanggan
Melalui social media, kamu bisa dengan mudah mencari tau karakter pelanggan kamu loh. Dengan berbagai aplikasi pendukung yang ada, kini kamu bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja calon konsumen, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari social media. Informasi ini tentunya dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Jadi ga ada lagi tuh cerita kamu kesulitan menemukan pelanggan atau produk kamu ga laku.
2. Membantu pencarian target konsumen lebih efektif
Geo-targetting merupakan langkah yang efektif bila kamu ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka. Social media seperti Facebook, Instagram dan Twitter sudah memiliki perangkat pendukung ini loh jadi dijamin bakal membantu kamu dalam menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. Nah buat kamu yang biasa browsing di Instagram, fitur ini bisa diaplikasikan untuk kamu yang sedang berbisnis travel dan tour atau jasa fotografi.

Manfaat social media untuk bisnis
3. Dapat membantu menemukan konsumen baru atau memperluas target pasar
Social media utamanya juga dapat digunakan para pebisnis untuk menemukan konsumen baru atau memperluas target pasar. Jika kamu ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan usaha kamu, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Facebook atau Instagram. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur location yang kami jelaskan sebelumnya agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi usaha kamu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan #hashtags yang terkait dengan bisnis kamu agar dapat ditemukan oleh calon konsumen.
4. Memudahkan dalam memberikan feedback
Social media juga dapat memberikan kamu akses langsung kepada feedback, baik yang bersifat positif maupun negatif loh. Sebagai contoh, jika kamu baru saja meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui social media, maka secara instan kamu pun bisa langsung mengetahui pendapat konsumen mengenai produk baru kamu. Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka me-review produk kamu. Lewat review produk yang buat, kamu dapat menjadi lebih mengerti perspektif konsumen terhadap produk dan melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis yang sedang dijalankan.

Manfaat social media untuk bisnis
5. Mendapatkan insight baru dari kompetitor
Dengan adanya social media, kamu juga bisa mendapatkan insight baru kompetitor loh. Hal ini tentunya menjadi nilai plus bagi usaha kamu karena poin baru ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran. Tentunya tidak dengan apple to apple ya. Kamu harus membuat suatu hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan (mengambil kelebihan dan kekurangan dari kompetitor). Dengan demikian kamu bisa mengembangkan konten yang relevan dengan target pasar yang sedang kamu incar.
6. Dapat meningkatkan pengunjung website dan ranking Search Engine
Salah satu keuntungan terbesar dari social media adalah dapat meningkatkan jumlah pengunjung website. Apabila informasi yang mereka temukan pada website kamu bermanfaat, mereka akan melakukan “share” di social media secara spontan. Meskipun hal ini tidak signifikan namun social media juga bisa membantu meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada Search Engine/ Mesin Pencaharian.

Manfaat social media untuk bisnis
7. Meningkatkan ranking di Search Engine
Salah satu faktor penentu kekuatan SEO sebuah website adalah backlink berkualitas dan traffic, dan dengan social media kamu bisa mendapatkan kedua hal ini sekaligus. Backlink berkualitas adalah ketika link yang menuju ke website kamu berasal dari website dengan kualitas yang baik. Social media pada umumnya tergolong sebagai website dengan kualitas yang sangat-sangat baik, hal ini tentu memberi efek positif bagi aspek SEO website. Sama halnya dengan traffic. Jika konten yang kamu share di social media dinilai menarik oleh pengguna, maka kamu akan mendapatkan banyak traffic dari website yang berkualitas pula.
8. Penyampaian informasi menjadi lebih cepat
Sebelumnya adanya social media, penyampaian informasi yang disebarkan ke masyarakat harus melalui berbagai proses. Kini dengan adanya social media, semua orang bisa membagikan informasi kepada konsumen dengan waktu yang sangat cepat dan lebih mudah. Kamu cukup buka aplikasi dan klik tombol Share pada setiap akun social media yang digunakan. Namun perlu diingat, setiap informasi yang kamu bagikan harus lah sesuai dengan minat dari calon konsumen. Jika tidak, postingan yang dikeluarkan menjadi sia-sia.

Manfaat social media untuk bisnis
9. Social media membantu dalam menghasilkan traffic ke website
Search engine membutuhkan waktu berjam-jam bahkan hari atau minggu agar konten yang baru kamu posting bisa muncul di halaman pencarian. Tidak seperti social media yang bisa menampilkan dengan real time. Apapun yang kamu posting di social media maka akan langsung muncul di timeline follower, sehingga bisa langsung menghasilkan traffic ke website bahkan penjualan. Hal ini tentunya akan efektif jika akun social media kamu memiliki follower yang cukup banyak. Kalaupun tidak, kamu mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan jasa influencer.
10. Membantu konsumen menjangkau usaha
Di sisi sebaliknya, social media ternyata juga mampu memberikan kemudahan bagi konsumen karena mereka bisa menjangkau segalam macam jenis usaha yang ia suka atau sedang dibutuhkan dengan lebih mudah. Di Indonesia sendiri, kata-kata seperti “Lebih praktis” dan “Lebih mudah” menjadi sering kita dengar. Hal ini tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu kelebihan yang didapat dari bermain social media.

Manfaat social media untuk bisnis
11. Untuk mencari informasi dan latar belakang sebuah brand
Begitu pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha mencari informasi sebuah brand di social media. Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk. Konsumen melakukan hal ini untuk mencari tahu reputasi brand kamu di social media, seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi produk terbaru dan hal lainnya. Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan social media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand kamu.
12. Lebih dekat dengan konsumen
Social media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen. Sebagai contoh, social media bisa membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan yang dibangun pun biasanya berkisar diantara: percakapan sebelum trip berlangsung, saat konsumen berada di lokasi wisata, dan tentunya setelah konsumen selesai berwisata dan menggunakan jasa perjalanan wisata. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui social media dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.

Manfaat social media untuk bisnis
13. Meningkatkan Brand Awareness
Social media juga dapat membantu bisnis kamu untuk meningkatkan Brand Awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang mungkin dikeluarkan dan terukur adalah waktu. Pasalnya membangun sebuah brand dengan social media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. Meskipun hampir tidak ada biaya, namun kamu perlu melakukannya secara konsisten. Hal ini perlu dilakukan agar hasilnya organik dan jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan berbayar.
14. Promosi dengan biaya yang minim
Selain meningkatkan Brand Awareness, pemilik usaha juga dapat menggunakan social media untuk media promosi, baik produk maupun jasa. Biaya promosi yang dikeluarkan pun bisa dikatakan dapat sesuai dengan budget yang ada. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk sebuah iklan. Dengan biaya sebanyak Rp 100 ribu pun, kamu sudah bisa mem-promosikan produk kamu ke masyarakat dan yang sesuai dengan target market kamu.

Manfaat social media untuk bisnis
15. Social media untuk mendapatkan update produk terbaru
Menurut studi di ExpertMarket, banyak pemilik bisnis yang tidak mengerti apa yang harus mereka tampilkan di social media. Sementara 71% konsumen mengatakan mengikuti social media untuk info promosi/diskon dan 66% lainnya mengaku untuk mendapatkan update produk terbaru. Sementara hampir setengah dari konsumen terhubung dengan social media hanya untuk berkomunikasi dengan customer service. Sedangkan online review dari konsumen masih memegang peran penting dalam penjualan.