Virtual Office adalah sebuah jasa sewa alamat kantor dimana klien menyewa alamat guna penggunaan surat dan penerimaan tamu. Klien yang menyewa kantor virtual ini tidak akan memiliki lokasi fisik, tapi memiliki alamat terdaftar yang tetap. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang selalu berpindah-pindah, namun tetap ingin memiliki alamat resmi untuk urusan surat-menyurat mereka. Salah satu platform penyedia jasa sewa Virtual Office, Meeting Room, Ruang Kantor, maupun Co-working Space, Uptown Serviced Office, mengklaim bahwa para pengguna yang sekarang menggunakan Virtual Office masih di dominasi oleh UMKM hingga startup yang masih dalam tahap yang sangat dini. Oleh karena itu, segmen startup dianggap memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan tren Virtual Office.
Virtual Office untungkan UMKM dan Startup
Virtual Office diklaim telah dipercaya oleh UMKM dan Startup untuk dijadikan andalan dalam kebutuhan ruang kerja sementara dalam membangun usaha kecil maupun menengah. Sejak beberapa waktu belakangan, peranan UMKM dan Startup pada perekonomian nasional terhitung cukup besar, yakni mencapai lebih dari 90% dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 97%. Sedangkan, keberadaan Virtual Office diklaim telah berubah menjadi tren baru yang akan meningkat pesat 5 tahun ke depan. Ini karena konsep tersebut memungkinkan usaha-usaha seperti UMKM dan Startup untuk dapat beroperasi dengan biaya yang jauh lebih ringan.
Tips memilih harga sewa ruang kantor dan virtual office di Jakarta
Berikut ini beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu sebelum sewa kantor jenis Virtual Office:
a) Kelengkapan berkas kantor
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menyewa kantor Virtual Office adalah kelengkapan berkas kantor perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa beberapa perusahaan penyedia layanan kantor virtual membutuhkan adanya alamat gedung kantor yang komplit dan memiliki ruang kantor secara fisik untuk melengkapi berkas perizinan berdirinya sebuah perusahaan atau perkantoran. Salah satu syarat kelengkapan tersebut adalah dokumen resmi kepemilikan atau tanda kerjasama penggunaan gedung sebagai pusat usaha. Oleh karena itulah berkas yang dimiliki gedung tersebut harus lengkap sehingga bisa memudahkan segala urusan administrasi perkantoran khususnya dalam bidang perpajakan.
Baca juga: Sewa Virtual Office Murah di Jakarta, Mulai dari Rp 13.000/hari
b) Pelayanan yang diberikan
Setelah meneliti berkas yang ada, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jenis pelayanan apa saja yang nantinya akan diterima oleh pihak penyewa. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menyewa Virtual Office karena beberapa perusahaan sering menggunakan alamat dan nomer telepon gedung yang disewa untuk berkomunikasi dengan klien. Sehingga dibutuhkan pelayanan komunikasi yang bisa menyambungkan klien dengan penyewa. Selain itu, saat mengadakan meeting atau rapat tentunya membutuhkan tenaga untuk mengurus segala keperluan yang dibutuhkan, mulai dari makan, minum, dan perlengkapan rapat. Hal ini juga termasuk ke dalam pelayanan yang diberikan oleh pihak penyewa Virtual Office.
c) Jangka waktu sewa
Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu yang disewakan. Waktu juga berpengaruh pada harga yang diberikan oleh pihak penyedia karena dibutuhkan perhatian dan kecermatan saat menyewanya. Pada perusahaan yang menjamin harga murah pada umumnya memberikan keterbatasan waktu pada penyewa sehingga jika tidak dicermati maka akan mengganggu proses kerja, seperti waktu penggunaan Meeting Room yang sangat terbatas.
d) Cari tau konsep kantor virtual = sesuai dengan perusahaan
Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah mengetahui konsep dari perusahaan penyedia kantor virtual tersebut. Konsep ini akan menjadi acuan utama untuk bidang bisnis yang sedang kamu jalankan. Pilihlah Virtual Office yang mengusung konsep sejalan dengan bisnis kamu sehingga akan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Kamu bisa melihat konsep Virtual Office dari segi pelayanan, pimpinan perusahaan, serta sistem kepegawaian.
e) Pegawai dapat beradaptasi dengan konsep Virtual Office
Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memilih harga sewa ruang kantor Virtual Office adalah para pegawai yang nantinya akan bekerja sama dengan kamu dapatkah beradaptasi dengan konsep kantor virtual? Karena tidak semua pegawai bisa langsung beradaptasi dengan mudah karena memang konsep kantor virtual ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kamu perlu kebijakan dan aturan yang tepat. Bagi beberapa orang yang terbiasa bekerja di kantor konvensional (fisik) tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan konsep kantor virtual. Namun, bisa juga mereka tidak sanggup untuk melakukannya. Jika tidak, kamu bisa saja kehilangan pegawai kamu.
Baca juga: Virtual Office Jakarta Terbaik. Bisa Buat PT & CV Murah dan Mudah
f) Apakah sering menyelenggarakan event bisnis?
Penyedia Virtual Office harus memiliki kemampuan dan kapasitas yang dapat membantu berkembangnya bisnis kamu. Ada beberapa penyedia Virtual Office yang sering mengadakan event bagi para klien nya, seperti Uptown Serviced Office. Event yang diadakan ditempat ini ada yang berbayar dan ada pula yang gratis, dan tentunya dengan tema acara yang beragam. Misalnya event untuk pembuatan website untuk pemula, belajar digital marketing, pelaporan pajak perusahaan bagi pemula, karir setelah kuliah, kelas melukis dan lainnya. Selain itu tujuan diadakannya seminar adalah agar pegawai kamu bisa berinteraksi dengan para pengusaha lainnya sehingga memperluas networking dan jiwa entrepreneurship.
g) Security deposit. Ada atau tidak?
Ada beberapa penyedia Virtual Office di Jakarta yang meminta security deposit sebagai jaminan masa sewa. Biasanya bernilai 10 sampai 20% dari pembayaran sewa Virtual Office. Biasanya biaya ini diminta sebagai jaminan kerusakan atau kehilangan, tanda jadi dan lain sebagainya. Meski begitu, agak tidak relevan apabila layanan Virtual Office dikenakan security deposit karena konsep layanan sewa kantor jenis ini tidak berbentuk fisik; jadi tidak mungkin terjadi pengrusakan atau barang hilang. Security deposit lazimnya hanya diberlakukan dalam sewa ruangan kantor yang berbentuk fisik.
h) Dapat membantu dalam hal layanan legalitas?
Penggunaan Virtual Office adalah sebagai alamat legalitas bisnis kamu. Tapi apakah bisnis kamu telah memiliki entitas usaha? Apabila belum, tentu saja kamu lebih baik memiliki entitas usaha karena lebih menguntungkan dari sisi perpajakan. Maka dari itu lebih baik menggunakan entitas badan daripada menggunakan entitas pribadi dalam berbisnis. Apabila kamu tidak sempat dan tidak mau ambil pusing dalam pengurusan legalitas, kamu bisa meminta kepada penyedia layanan Virtual Office, seperti Uptown Serviced Office, dalam hal mengurus pendirian entitas badan kamu, baik itu PT atau CV.
i) Bisa PKP atau tidak?
Yang terakhir dan perlu diperhatikan adalah pemberi layanan Virtual Office di Jakarta bisa memberikan bantuan PKP atau tidak? Karena sampai dengan awal tahun 2018 kemarin, ada beberapa kantor pajak yang tidak memberikan PKP terhadap permohonan PKP dari pengguna Virtual Office. Setiap permohonan PKP tersebut langsung di tolak (tidak sampai dengan dilakukannya survey PKP). Kamu bisa bertanya kepada penyedia layanan Virtual Office dan meminta konfirmasi atas PKP ini. Pastikan juga apakah kamu dikenakan biaya tambahan atau tidak.
Baca juga: Apa itu Virtual Office dan Apa Saja Keuntungannya?
Uptown Serviced Office menyediakan sewa Virtual Office di Jakarta Selatan
Uptown Serviced Office menyediakan layanan Virtual Office di Jakarta yang terjangkau terutama bagi para pengusaha startup atau rintisan dengan harga mulai dari Rp 15.000 per hari atau Rp 2 juta an per tahun (harga promosi). Harga yang kami tawarkan saat ini cukuplah menarik karena berlaku sampai akhir bulan Agustus 2019! Selain harga yang terjangkau, fasilitas yang kami tawarkan tentu saja juga lengkap. Yang dapat membantu produktivitas bisnis kamu seperti di bawah ini:
- Tidak ada security deposit
- Bisa membantu proses PKP (sesuai rekues)
- Rutin menyelenggarakan acara setiap bulannya
- Tersedia juga layanan legalitas
- Bisa membantu dalam hal pendirian PT atau CV
- Dapat akses ke Meeting Room, Pantry, Lounge Area, hingga Co-working Space
- Penerimaan surat dan telepon
- Loker
dan masih banyak lagi
It is incredibly, very user-friendly and user friendly. Great job for the fabulous site. http://www.piano.m106.com