Salah satu aset perusahaan yang sangat penting dipertahankan selama bisnis berlangsung adalah public image. Maka tidak heran, jika banyak perusahaan yang akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga hal ini. Terlebih, perusahaan perlu membangun dan memelihara hubungan dengan masyarakat atau publik dengan baik dari segala sisi, mulai dari keamanan, kenyamanan, hingga customer service. Adapun salah satu cara terbaik untuk bisa menjaga public image ini dimulai melalui kegiatan public relation. Nah buat kamu yang belum paham fungsi public relation dalam perusahaan, berikut ini akan kami bagikan 10 fungsi public relation dalam perusahaan yang sangat penting. Semoga membantu!
10 Fungsi public relation dalam perusahaan yang sangat penting
1. Konseling
Fungsi public relations bagi perusahaan juga merupakan salah satu konseling yang dapat memberikan dan menyediakan berbagai saran kepada pihak internal managemen. Biasanya, PR memberikan saran yang berhubungan dengan berbagai kebijakan, relasi, dan komunikasi antara perusahaan dengan publik.
2. Research
PR memiliki tujuan untuk memberikan pengertian serta memberikan pengaruh terhadap tindakan publik. Maka dari itu perusahaan membutuhkan data-data yang ada mengenai publiknya. PR disini memiliki fungsi sebagai tim research sehingga dapat mengumpulkan data-data penting dari publik yang kemudian dapat di implementasikan ke dalam strategi PR. Sehingga ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan tersebut.
3. Internal Relations
Membangun relasi yang baik tak hanya dilakukan dengan publik diluar perusahaan, untuk in-house Public Relations juga dapat berfungsi sebagai agen yang menginformasikan dan memotivasi karyawan serta memberikan respon terhadap setiap masalah perusahaan dengan karyawannya.
Baca juga: 7 Manfaat Culture Branding Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi
4. Media Relations
Berkomunikasi dengan publik secara luas merupakan hal penting. Salah satu cara berkomunikasi dengan publik adalah melalui media, sehingga menjalin hubungan baik dengan media merupakan hal penting bagi perusahaan. PR disini memiliki tugas untuk menjalin hubungan dan menjaga hubungan tersebut tetap baik sehingga media dapat bersedia bekerjasama membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dari perusahaan kepada publik secara luas.
5. Public Affairs
Public Affairs merupakan fungsi public relation dalam perusahaan yang terkait dengan bagaimana membangun keterlibatan secara aktif (melobi) dengan pemerintah dalam berbagai kebijakan publik. Melobi sendiri menurut Kotler adalah kegiatan yang berhubungan dengan legislator dan pejabat pemerintah dalam mempromosikan atau menolak undang-undang atau peraturan.
6. Manajemen isu
Mengelola isu yang berkembang di masyarakat terkait dengan perusahaan, merupakan fungsi seorang public relation. Dalam fungsinya tersebut public relations melakukan identifikasi dan evaluasi atas berbagai isu yang sekiranya akan berdampak terhadap perusahaan. Hal ini juga kerap disebut dengan Manajemen Krisis.
7. Financial Relations
Para penanam modal merupakan aset penting bagi perusahaan, maka hubungan dengan para investor perlu dijalin dengan baik. PR bertugas untuk menjaga serta menciptakan kepercayaan investor dengan berbagai cara.
Baca juga: Cari Ide untuk Memasarkan Usaha Kecil Kamu? 10 Hal Ini Bisa Membantu
8. Multicultural Relations
Perusahaan selain berdiri sebagai lembaga komersial, tentu juga berdiri sebagai lembaga yang harus tanggap terhadap lingkungannya. Untuk itulah Public Relations bagi perusahaan juga memiliki fungsi dalam menjalin hubungan dengan individu-individu dari berbagai kelompok golongan dan budaya.
9. Special Event
PR bertugas untuk membuat agenda acara-acara spesial untuk perusahaan. Acara ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian publik sehingga awareness bisa ditingkatkan dan kemudian diharapkan dapat memberikan pengaruh dan juga meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan. Acara-acara yang diselenggarakan oleh PR ini harus disesuaikan dengan target audience serta tujuannya.
10. Marketing Communications
Fungsi Public Relations untuk memadukan aktifitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra publik yang positif. Tidak hanya untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap perusahana, namun juga untuk meningkatkan penjualan produk.