Saat ini, masyarakat yang memiliki perusahaan dan ingin mempromosikan produk bisa loh memanfaatkan sebuah media yang namanya press release. Media yang satu ini, terbukti secara efektif dapat membantu mempromosikan jasa atau produk ke masyarakat luas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media ini sebagai media promosi loh yang nantinya dapat disebarluaskan kepada khalayak banyak melalui media massa seperti koran, televisi, radio, atau situs online dengan tujuan tertentu. Nah gimana? Apakah kamu tertarik untuk mengembangkan usaha kamu menggunakan press release? Berikut ini adalah 10 cara memanfaatkan press release sebagai media promosi. Semoga membantu usaha kamu ya!
Apa itu Press Release?
Sebelum kita membahas tujuan dan manfaat sederhana press release yang benar, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian press release. Secara umum, press release adalah kumpulan informasi tentang produk maupun layanan dari suatu perusahaan yang sengaja dibuat untuk dibagikan kepada publik, baik secara online maupun offline. Sedangkan menurut Soemirat dan Ardianto (2004), Press Release (Siaran Pers) merupakan informasi yang disajikan dalam bentuk berita yang disusun oleh Public Relations (PR) pada suatu perusahaan melalui media massa. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, press release lebih banyak digunakan untuk mempromosikan barang melalui berbagai platform internet, seperti penggunaan platform Blogspot, WordPress, website media online, Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya.
Tujuan dan Manfaat Press Release
Sebelum lanjut membahas mengenai manfaat press release sebagai media promosi, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu mengenai tujuan dan manfaat menggunakan jasa pembuatan press release. Tujuan perusahaan atau organisasi memberikan press release adalah untuk mendapatkan publisitas, promosi, branding, atau pencitraan. Seperti ketika perusahaan akan mengadakan suatu event/policy dan dirasa perlu untuk menyampaikannya kepada masyarakat luas, maka diperlukan sebuah press release.
10 Cara memanfaatkan press release sebagai media promosi
1. Bisa sebagai alat mempromosikan produk
Manfaat press release yang pertama adalah bisa membantu mempromosikan produk, jasa, maupun layanan bisnis kamu. Tujuan utama dari press release adalah menyebarkan informasi kepada masyarakat secara luas, terutama hal-hal yang terkait dengan bisnis. Semakin banyak masyarakat yang mengenal produk atau perusahaan yang kamu miliki, tentu bisnis yang dijalani akan semakin berkembang.
2. Untuk membangun eksposur instan
Sebagai pemilik usaha kecil atau menengah dengan sumber daya terbatas, bagaimana kamu bisa menyebarkan berita tentang perusahaan dan produk kamu dengan cara yang paling efektif, tanpa melanggar bank untuk mencapai target? Dengan mengeluarkan berita melalui press release, kamu dapat membangun kepercayaan dan branding di seluruh bidang yang berbeda. Dengan merangsang wartawan dan media untuk meliput cerita produk kamu, calon pelanggan bisa mengerti dengan konsep yang kamu tawarkan.

10 Cara Memanfaatkan Press Release sebagai Media Promosi
3. Untuk membangun branding
Press release merupakan kumpulan informasi mengenai produk atau jasa yang nantinya dapat disebarluaskan menggunakan media online maupun offline. Dengan memanfaatkan press release, maka kamu dapat dengan mudah membangun branding dan marketing perusahaan atau produk yang dimiliki, juga membuat brand of voice kamu lebih maksimal. Apabila perusahaan dan produk yang dimiliki sudah banyak dikenal oleh masyarakat, tentu tingkat kepercayaan juga akan semakin tinggi. Maka dari itu buatlah perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi agar nantinya lebih mudah menarik konsumen.
Baca juga: 10 Tips untuk Menjangkau Lebih Banyak Konsumen di Berbagai Platform
4. Untuk meningkatkan penjualan
Promosi menggunakan press release memiliki manfaat yang luar biasa, terutama untuk meningkatkan penjualan. Setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat dari penjualan produk atau jasa. Melakukan promosi dengan menggunakan press release menjadi salah satu cara yang sangat efektif. Informasi mengenai produk kamu akan disebarkan ke masyarakat luas akan membuat banyak masyarakat mengetahui tentang apa yang kamu tawarkan.

10 Cara Memanfaatkan Press Release sebagai Media Promosi
5. Untuk meningkatkan efektivitas rencana pemasaran
Statistik terbaru yang diresmikan oleh MarketingProfs menunjukkan bahwa 71% pemasar B2B mengandalkan pemasaran konten atau press release untuk menghasilkan prospek penjualan baru. Ini terdengar menakjubkan sekali bukan? Maka dari itu press release merupakan tambahan pemasaran yang luar biasa dan terjangkau yang harus kamu lakukan sekarang juga.
6. Untuk meningkat traffic ke website
Menurut data yang di share oleh ereleases.com, 80 juta orang di seluruh dunia online setiap hari, mencari wawasan unik dan cerita eksklusif. Angka mengesankan ini menunjukkan betapa pentingnya menggunakan sebuah press release atau cerita dalam sebuah website. Hal ini selain bisa mendorong pelanggan untuk mengerti cerita dibalik produk yang dibangun juga bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kepercayaan produk kamu di mata masyarakat. Meski begitu, setiap press release ini harus bisa mengoptimalkan kata kunci pada setiap artikel yang dibuat.

10 Cara Memanfaatkan Press Release sebagai Media Promosi
7. Mendapat rating tertinggi pada situs pencaharian
Sebuah press release yang diterbitkan oleh beberapa media akan memberi kamu tautan balik yang berharga ke situs web kamu. Selain itu, dengan mengoptimalkan konten press release, kamu dapat meningkatkan visibilitas secara online dan membuat artikel kamu dapat ditelusuri di Internet. Tag yang mengarah ke topik kamu dan serangkaian kata kunci yang relevan, spesifik industri dan perusahaan merupakan elemen yang sangat penting yang harus kamu tambahkan ke salinan kamu untuk mengoptimalkan hal-hal yang sudah kamu jelaskan sebelumnya.
Baca juga: 12 Cara Membuat Artikel SEO Friendly. Beginilah Tips dan Triknya!
8. Untuk meningkatkan kredibilitas bisnis
Menggunakan press release, berarti kamu siap berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menyebarkan press release seluas-luasnya hingga dapat menjangkau setiap lapisan masyarakat. Artinya, kamu bisa bekerja sama dengan jurnalis, media online dan offline, bahkan blogger atau reviewer. Semakin banyak yang mengulas tentang bisnis kamu, jelas kredibilitas bisnis kamu pun akan mengalami peningkatan. Dalam hal ini, kalau kamu bingung harus berkolaborasi dengan media, jurnalis atau reviewer seperti apa, cara terbaik adalah dengan digital marketing agency terpercaya dan yang sudah berpengalaman dalam membantu banyak brand di berbagai kota di Indonesia.

10 Cara Memanfaatkan Press Release sebagai Media Promosi
9. Hubungan yang solid dengan wartawan
Press release juga memungkinkan kamu menciptakan ikatan yang lebih kuat dengan para jurnalis yang mencari cerita bagus untuk dibagikan dengan pembaca mereka. Siaran pers yang ditulis dengan baik akan memungkinkan kamu menarik perhatian beberapa media dan menciptakan situasi win-win dengan para influencer di industri kamu yang perlu meliput fakta menarik agar tetap relevan dan kompetitif di komunitas mereka.
10. Metode efektif untuk menarik investor
Yang terakhir, press release juga menawarkan metode yang paling sederhana dan terjangkau untuk membangun reputasi online kamu dan meningkatkan visibilitas usaha kamu di mata konsumen. Selain membuat barang kamu tampak lebih diminati di mata klien dan pelanggan, press release dapat membantu kamu menarik perhatian para investor dan influencer yang di kemudian hari bisa menjadi sponsor untuk usaha kamu di masa depan.

10 Cara Memanfaatkan Press Release sebagai Media Promosi