Jumlah transaksi terutama transaksi bisnis online menjelang hari raya cenderung meningkat. Customer umumnya bakal berbondong-bondong belanja berbagai keperluan untuk hari raya; mulai dari barang-barang yang mereka sukai ataupun hadiah untuk teman dan kerabat. Maka dari itu, hal ini jelas bisa menjadi kesempatan bagi para bisnis untuk menjangkau calon pembeli dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi. Nah salah satu hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas konten marketing guna menarik customer dan meningkatkan traffic hingga konversi. Apalagi kini lebih dari setengah customer mengandalkan media sosial untuk mencari inspirasi dan ide untuk hadiah. Buat kamu yang bingung ingin menunjukan konten apa menjelang hari raya, berikut ini kami akan bagikan 10 ide konten marketing agar bisa meningkatkan engangement di hari raya. Selamat mencoba!
Tingkatkan engangement di hari raya dengan 10 ide konten marketing ini
1. Tema khusus
Khusus selama momen hari raya, kamu bisa membuat tema khusus misalnya menggunakan warna hijau dan emas untuk konten di media sosial, tampilan website, ataupun profil toko di marketplace dengan gambar ketupat atau mesjid menjelang hari Idul Fitri. Ini akan membuat konten hari rayamu lebih mencolok sehingga lebih mudah menarik perhatian calon pembeli.
2. Update logo
Hal kecil lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengupdate logomu dengan menambahkan atribut-atribut spesial hari raya. Misalnya menjelang Natal, kamu bisa mengupdate logomu dengan menambahkan topi Santa, menambahkan ikon ketupat pada logo menjelang Idul Fitri, lalu juga bisa memberikan gambar shio tertentu menjelang hari raya Imlek, dan lain sebagainya. Yang pasti sesuaikan dengan hari raya yang terdekat pada saat itu.
3. Ide atau rekomendasi hadiah
Memberikan hadiah merupakan tradisi hari raya. Untuk itu, kamu juga bisa membagikan konten berupa kumpulan ide atau rekomendasi hadiah dan mengaitkannya dengan produk yang kamu jual. Ini akan membantu meningkatkan awareness para calon customer terhadap produkmu, apalagi jika kamu baru saja meluncurkan produk spesial untuk hari raya. Yuk dicoba!
Baca juga: Cara Mudah Berbisnis! 10 Cara Melakukan Guerilla Marketing
4. DIY atau Tips & Trik
Konten DIY atau tips & trik merupakan salah satu tipe konten yang paling digemari oleh banyak orang. Kamu bisa membagikan tips & trik seputar hari raya, misalnya seperti cara membungkus kado, berpakaian yang asik saat lebaran, atau se-sederhana membagikan video tips cara bersilaturahmi yang aman di masa pandemi COVID-19. Lewat konten demikian, kamu bisa secara tidak langsung mempromosikan produkmu di antara tips-tips tersebut.
5. Playlist
Minat dan tingkat penggunaan layanan streaming musik dan film/series terus meningkat pada 5 tahun belakangan ini. Berkat tren tersebut, kamu bisa loh membuatkan sebuah playlist khusus untuk para calon customermu. Misalnya menjelang akhir tahun, kamu bisa merekomendasikan lagu atau film yang cocok untuk ditonton. Lalu pada menjelang hari raya Idul Fitri, kamu juga bisa merekomendasikan film-film yang pesannya menyentuh hati dan bisa ditonton oleh satu keluarga.
6. Kontes atau Giveaway
Kamu juga bisa mengadakan kontes atau giveaway di media sosial loh dengan syarat-syarat tertentu. Misalnya untuk meningkatkan awareness dan engagement, kamu bisa memberikan hadiah tertentu dengan syarat mengikuti akun media sosial bisnis kamu terlebih dahulu, lalu memberikan like, dan meninggalkan komentar. Sebagai timbal baliknya, kamu bisa memberikan voucher promo, potongan, atau hadiah produk untuk pembelian dengan jumlah tertentu sehingga orang-orang terdorong untuk berpartisipasi dan membeli produk.
7. Konten interaktif
Untuk mendorong engagement dengan customer atau calon customer, kamu bisa membuat konten interaktif misalnya seperti kuis sederhana, this or that, tebak-tebakan, challenge, menanyakan komentar pengikut, dan konten-konten lainnya. Ajak juga pengikutmu untuk men-tag teman mereka sehingga tingkat awareness brand-mu semakin tinggi.
Baca juga: 10 Cara Membangun Digital Branding untuk Bisnis Kamu
8. Promo spesial
Jangan lupa juga untuk membagikan konten terkait promo spesial hari raya yang akan kamu adakan. Buat tampilan konten semenarik mungkin sehingga bisa menangkap perhatian orang yang melihatnya. Berikan informasi yang jelas seperti periode promo, syarat promo, serta cara melakukan pembelian. Iklankan postingan promomu di berbagai platform untuk mengoptimalkan penjualan. Bagi para pebisnis yang ingin masuk ke jalur distribusi online, pastikan operasional brands kamu berjalan mulus pada saat penawaran ini.
9. Video bertemakan Hari Raya
Konten berbasis visual seperti foto dan video cenderung lebih mudah menarik perhatian orang. Oleh karena itu, kamu dapat membuat video bertemakan hari raya. Gunakan teknik storytelling untuk menggugah emosi penonton. Sertakan produk pada video dan tambahkan CTA di akhir video untuk mengajak orang mengambil tindakan selanjutnya, misalnya mengunjungi website atau melakukan pembelian. Setelah video dibagikan, kamu bisa mengiklankannya di berbagai platform seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.
10. Ucapan terima kasih
Terakhir dan paling penting, momen hari raya seperti Lebaran, akhir tahun, Natal, dan apapun itu adalah momen yang tepat untuk kamu menunjukkan apresiasi kepada customer. Maka dari itu bagikanlah konten berupa ucapan terima kasih, lebih baik lagi jika disertakan dengan promo atau bonus spesial bagi pelanggan setia. Dengan cara ini, customer akan merasa dihargai dan diperhatikan. Kamu juga bisa meng-highlight beberapa customer-mu pada konten sebagai testimoni atas nilai atau manfaat produkmu. Selamat mencoba ya!
If you are in the search engine business stay search engine neutral, or create multiple sites for different search engines. Have you considered promoting your blog? add it to SEO Directory right now 🙂 http://www.links.m106.com