TikTok menguasai ranah media sosial belakangan ini. Tak heran, banyak pemasar yang mulai mencari ide konten TikTok sebagai strategi marketing. Menurut data dari Hootsuite, aplikasi asal Tiongkok ini berhasil meraih 800 juta pengguna aktif per bulan. Data tersebut bahkan mengalahkan media sosial lainnya, seperti LinkedIn, Twitter, Snapchat, hingga Pinterest. Melihat data tersebut, tentu saja hasrat untuk merancang strategi social media marketing di TikTok menjadi sangat tinggi. Nah, di sini kita akan mengulas 10 ide konten TikTok untuk promosi bisnis online kamu agar penjualan kamu bisa lebih maksimal dan masuk FYP. Semoga membantu ya!
FYP itu apa sih?
FYP (For Your Page) adalah halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok. Pada halaman tersebut ada banyak sekali video rekomendasi untuk kamu lihat. Maka dari itu banyak akun-akun TikTok yang menginginkan videonya berhasil masuk ke FYP user TikTok seluruh dunia.
Balik lagi ke topik awal, seperti judul artikel ini maka kita akan bahas ada konten tiktok menarik apa saja sih yang bisa jadi inspirasi ketika kamu ingin berkarya di TikTok dan pastinya memiliki banyak viewers dan likers! Yuk simak kebawah apa saja konten TikTok menarik yang bisa bawa kamu terus-terusan masuk FYP!
10 Ide konten TikTok untuk promosi bisnis online kamu!
1. Menggunakan hashtag challenge
Konten challenge di TikTok merupakan konten yang sangat viral saat ini. Konten ini berupa tantangan khusus yang dilakukan oleh para pengguna TikTok. Cara ini bisa kita gunakan untuk mempromosikan binsis, di mana kita bisa menggunakan salah satu produk dalam challenge tersebut. Tidak perlu melakukan challenge baru, bisa juga dengan melakukan reka ulang atau membuat konten dari challenge yang sudah ada. Beberapa challenge yang populer di TikTok di antaranya adalah Pass the Brush Challenge, Fridge Challenge, Any Song Challenge, dan masih banyak lagi.
2. Edukasi
Jika kamu membuka Tiktok sekarang juga akan besar kemungkinan kamu akan menemukan konten edukasi di FYP (For You Page) kamu. Memang, ide konten Tiktok edukasi adalah salah satu tema yang mesti dicoba setidaknya sekali dan lihatlah perbandingan engagementnya dengan tema konten TikTok kamu yang lain. Coba buatlah konten video edukasi yang berhubungan dengan bisnis yang sedang kamu jalani. Sebagai contoh, jika bisnis kamu adalah kuliner pasta, kamu bisa memberikan konten edukasi tentang “berbagai jenis pasta yang ada di dunia“. Buatlah dengan menggunakan lagu latar yang sedang tren dan jangan lupa gunakan hashtag #samasamabelajar dan #FYP.
3. Tutorial
Jika produk yang kamu jual adalah sesuatu yang sudah lumrah digunakan banyak orang seperti skincare atau make up, tentu kamu harus atur strategi konten apa lagi yang harus dibuat. Nah, kamu bisa membuat variasi ide konten TikTok kamu dengan memasukkan konten tutorial. Cari hal yang sedang tren di dunia skincare dan make up. Misalnya, “tutorial skincare routine wajah glowing artis korea“. Dari situ, kamu bisa meniru step skincare apa saja yang digunakan artis Korea tersebut. Karena sepopuler apapun itu, pasti di luar sana ada banyak orang yang penasaran dan belum tahu cara melakukannya.
Baca juga: 5 Jenis Ide Konten Instagram Menarik untuk Social Media Marketing
4. DIY – Life Hacks
Kamu suka banget bikin sesuatu dengan hasil kerja tangan sendiri? Pas banget kalau gitu buat konten TikTok menarik satu ini! Bukan hanya bisa dinikmati sendiri hasilnya, tapi kamu juga bisa berbagi prosesnya loh dengan para user dan followers kamu di TikTok! Lakukan saja dengan konsisten, apalagi dengan isi video yang jelas dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam sekejap tentunya kamu bisa mengumpulkan like yang banyak.
5. Produk
Setelah membuat ide konten TikTok yang menyinggung edukasi, tutorial atau bahkan life hacks, jangan ketinggalan untuk membuat konten tentang produk itu sendiri. Kamu pasti sering lihat kan video tutorial untuk membuat foto produk yang menarik dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti cermin, gambar awan di layar laptop, bahkan wadah transparan yang diisi air. Nah, kamu bisa mempraktekkan ide konten TikTok tersebut untuk kebutuhan konten kamu sendiri.
6. Behind the scene
Setelah kamu membuat konten produk yang ciamik, kamu juga bisa lho menarik engagement followers kamu dengan menggunakan ide konten TikTok behind the scene. Tidak perlu membuat video yang sulit, cukup buat video sederhana di bawah satu menit dan tunjukkan bahwa bahan-bahan yang kamu gunakan semuanya berkualitas dan terjamin keamanannya, jika produk yang kamu jual adalah berupa makanan atau skincare misalnya. Bahkan jika yang kamu jual adalah jasa fotografi, kamu bisa lho membuka sedikit “rahasia dapur” kamu dan jadikan kontenmu bisa membuat kagum para audiens.
7. Testimoni
Sudah tidak perlu diragukan lagi kalau konten testimoni adalah salah satu ide konten Tiktok yang mesti kamu realisasikan. Rasanya, dimana pun platformnya, konten testimoni dari sebuah produk yang dijual akan selalu dicari oleh mereka para calon pembeli. Selain menggunakan konten yang menampilkan testimoni secara biasa, kamu juga bisa membuat konten testimoni dengan melakukan duet atau stitch.
Baca juga: 15 Manfaat Positif Social Media untuk Bisnis
8. Story Telling
Konten dengan tema story telling mungkin sudah sering kamu jumpai di YouTube. Namun kamu juga bisa loh mencoba membuat konten TikTok yang menarik satu ini untuk para followers kamu di TikTok. Mungkin bisa dibuat lebih singkat agar mudah dipahami. Mengingat bahwa durasi video di TikTok tidak bisa terlalu panjang, maka kamu bisa membaginya dalam beberapa part di TikTok. Konten story telling menarik di TikTok ini bisa tentang apa saja ya, sesuaikan saja dengan apa yang kamu suka agar berbagi kisahnya pun tidak merasa terbebani.
9. Humor receh
Sadar gak sih kamu kalau konten receh itu sebenarnya punya manfaat yang sangat besar saat ini di media sosial? Tidak sedikit orang bahkan perusahaan yang ingin memperkenalkan brand mereka menggunakan konten dengan jenis humor receh ini, dan hasilnya bisa menarik engagement yang banyak loh! So, kalau kamu tertarik membuat konten-konten jenis ini, tentu seru banget bisa jadi hiburan serta manfaat bagi orang lain. Cobain deh bikin konten yang menarik ini di TikTok kamu!
10. Bekerjasama dengan influencer
Langkah terakhir dan yang paling tak bisa dipungkiri, peranan influencer dalam social media marketing memang sangat membantu brand untuk meningkatkan strategi marketing. Nah, hal tersebut juga dapat kamu lakukan di TikTok. Carilah influencer TikTok yang sekiranya sudah memiliki banyak followers. Setelah itu, ajak mereka kerja sama dalam berbagai bentuk, seperti mempromosikan brand-mu di akun mereka atau mengizinkan akun TikTok-mu diambil alih oleh sang influencer. Dengan strategi seperti itu, kamu dapat meraih audiens yang luas.
I am always browsing online for posts that can facilitate me. Thank you!