Persaingan bisnis memang harus disiasati dengan cara yang tepat agar kamu bisa memenangkannya. Hal ini karena tidak sedikit bisnis yang gulung tikar karena kalah dalam persaingan pasar. Agar bisnis kamu tidak mengalami hal serupa, sudah saatnya kamu menerapkan strategi blue ocean untuk memperbesar peluang kesuksesan bisnis. Apa itu strategi blue ocean? Buat kamu yang belum tau, berikut ini akan kami jelaskan dan cara melakukannya agar kamu bisa menonjolkan usahamu. Simak ulasannya dibawah ini.
Mengenal definisi strategi Blue Ocean
Secara harfiah, strategi blue ocean dapat didefinisikan sebagai upaya membuka pangsa pasar baru demi meminimalkan persaingan dengan kompetitor sejenis. Strategi ini pertama kali dikemukakan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne pada tahun 2005 dalam penelitiannya berjudul “value innovation: a leap into the blue ocean”. Dalam penelitian tersebut menjelaskan blue ocean strategy adalah cara strategi perusahaan yang menciptakan pasar yang tidak terbantahkan ruang yang membuat kompetisi tidak relevan. Dengan mengandalkan studi pada 150 perusahaan dalam 30 industri lebih dari 100 tahun dan beralasan adanya dua jenis pasar yakni red ocean dan blue ocean.
Di Indonesia sendiri, penerapan strategi ini baru mulai terlihat saat pendiri Go-Jek Nadiem Makarim menciptakan aturan pasar sendiri serta membuat kompetisi sendiri dan membuat blue ocean menjadi strategi bisnis paling ampuh diterapkan saat itu. Keberhasilan penerapan Blue Ocean yang dicetus oleh Nadiem Makarim sangat memberikan dampak besar bagi perekonomian Indonesia. Selang dua tahun berikutnya barulah pada tahun 2012 munculnya pesaing baru Go-Jek yaitu Grab yang dicetus oleh Anthony Tan asal Malaysia.
Baca juga: Strategi Memulai Bisnis Yang Legal Melalui Virtual Office
7 Prinsip strategi Blue Ocean
Adapun beberapa kerangka pemikiran yang dijadikan prinsip dalam melakukan strategi ini diantaranya sebagai berikut:
Prinsip 1: Mempelajari kondisi pasar terlebih dahulu
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan strategi blue ocean adalah mempelajari kondisi pasar terlebih dahulu. Poin penting ini pernah sukses dipraktikkan oleh perusahaan teknologi raksasa, Apple. Melalui riset mendalam, Apple berhasil menciptakan kelas ponsel pintar yang eksklusif dan berbeda dibandingkan jenis ponsel pintar lainnya. Itulah sebabnya para pengguna produknya tergolong setia dan tidak mudah beralih ke produk lainnya. Kalau kamu berhasil menerapkan strategi ini pada bisnismu, maka kamu akan lebih leluasa mengatur harga produk. Sebab bisnis kamu berbeda dengan bisnis lain, maka masyarakat tidak punya kesempatan untuk memilih produk kompetitor.
Prinsip 2: Menetapkan segmen pasar
Setelah mengetahui kondisi pasar, kamu harus dapat menetapkan batasan-batasan pasar sehingga kamu mengetahui target pasar yang sesuai dengan produk yang kamu akan kembangkan nanti. Kamu bisa mempelajari produk pesaing saat ini dan mencari kesulitan apa yang mereka alami sehingga kesulitan tersebut menjadi poin penting inovasi yang akan kita kembangkan nanti.
Prinsip 3 : Mulailah membuat kanvas strategi
Membuat kanvas strategy bukan membuat besaran angka atau statistik dalam strategy melainkan kamu harus membuat gambaran secara besar atau luas sehingga akan mudah dalam membaca strategy yang akan dikembangkan. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis kanvas strategy seperti kanvas peta pioneer-migrator-settler (dikenal dengan peta P-M-S).
Prinsip 4: Menciptakan konsep unik agar orang semakin penasaran
Konsep bisnis yang unik memang senantiasa membuat banyak orang penasaran. Kamu tentu masih ingat popularitas keripik singkong super pedas aneka level yang dulu sangat tersohor. Saat itu, belum ada produk serupa yang menjadi kompetitornya. Sang pebisnis keripik singkong juga membatasi jumlah penjualan produknya, hanya beredar di tempat-tempat tertentu secara random dengan informasi terbatas. Cara unik ini jelas membuat semakin banyak orang penasaran ingin mencicipinya. Setelah produk kuliner tersebut memiliki banyak kompetitor, popularitasnya agak menurun. Terutama setelah dipasarkan di berbagai minimarket ternama
Prinsip 5 : Membuat tingkatan konsumen
Membuat tingkatan konsumen kamu bisa dilakukan dengan pembagian 3 tingkatan konsumen seperti tingkatan pertama itu untuk konsumen yang hanya sementara menggunakan produk yang ditawarkan pasar saat ini karena kebutuhan mendesak sambil mencari solusi yang lebih baik. Tingkatan kedua ditujukan untuk konsumen yang menolak tidak menggunakan produk. Dan tingkatan ketiga ditujukan konsumen yang tidak dianggap sebagai konsumen potensial.
Baca juga: Peran Virtual Office di Jakarta Dalam Membangun Citra Bisnis
Prinsip 6 : Mengatasi rintangan eksekusi strategi
Dalam melakukan eksekusi strategy pastikan akan menghadapi banyak rintangan seperti sumber daya yang terbatas, rintangan dari kepentingan diluar perusahaan, dan rintangan staf yang tidak kualifikasi yang cocok untuk melakukan eksekusi strategy tersebut.
Prinsip 7 : Sikap dan perilaku eksekusi
Diperlukan komitmen dan kepercayaan yang tinggi terhadap staff yang akan melakukan eksekusi strategi sehingga terciptanya suasana yang mendukung dalam pelaksanaan eksekusi.
Kelebihan dan kekurangan strategi Blue Ocean
Adapun beberapa yang menjadi kelebihan dan kekurangan strategi Blue Ocean dengan memiliki kelebihan seperti penetapan harga jual tidak dipengaruhi oleh kompetitor dalam red ocean, dapat meningkatkan kualitas produksi perusahaan dan mempertahankan perusahaan bila terjadi krisis ekonomi. Sedangkan kelemahan dari strategi ini adalah perlunya investasi besar, belum memiliki gambaran contoh konsumen yang setia, serta perlunya pendidikan atau edukasi lebih jauh kepada orang-orang yang akan penunjang bisnis blue ocean.
Jadi, siapkah kamu membuat pangsa pasar sendiri dan menerapkan strategi blue ocean secara tepat? Wujudkan rencana bisnismu sesegera mungkin agar tidak didahului oleh para kompetitor, ya.
Howdy, i read your weblog occasionally and that i personal an identical one and i was just wondering should you get numerous spam feedback? If so how do you forestall it, any plugin or something you possibly can advise? I get a lot currently its driving me mad so any help may be very a lot appreciated. Anyway, in my language, there arent a lot good supply like this. http://www.webmaster.M106.com