Tetap fokus saat bekerja dengan tekanan stres tidak mudah untuk dilakukan, terutama di masa pandemi. Saat merasa stres, produktivitas umumnya akan menurun drastis. Rasa stres berkaitan dengan emosi yang sedang kamu rasakan. Artinya kamu perlu usaha untuk mengontrol emosi tanpa memecah konsentrasi. Lantas apa yang terjadi ketika kamu kehilangan fokus saat bekerja? Ketika kamu tidak bisa fokus, semua rencana dan tenggat waktu yang sudah ditetapkan menjadi berantakan. Kamu tidak bisa mencapai hasil yang optimal ketika mengerjakan sesuatu, baik itu berkaitan dengan pekerjaan atau hal lainnya. Saat kamu tidak bisa fokus, artinya kamu tidak memiliki kompas yang stabil untuk menentukan arah jalan. Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan agar membantu kamu untuk tetap fokus saat bekerja di masa pandemi yang tak kunjung berakhir:
10 Cara ini membantu tetap fokus saat bekerja
1. Kurangi Multitasking
Percaya atau tidak ketika kamu memiliki banyak hal yang harus kamu kerjakan, maka akan sangat sulit untuk fokus pada satu pekerjaan. Jadi pastikan untuk tidak melakukan banyak hal dalam waktu yang sama. Penting bagi kamu untuk membuat catatan apa saja yang akan kamu kerjakan, sehingga kamu bisa lebih fokus mengerjakan satu per satu pekerjaan tersebut.
2. Jauhi media sosial
Memiliki media sosial bukan berarti kamu harus membukanya setiap saat. Jadi, aturlah waktu kapan kamu boleh membuka media sosial. Jangan sampai kamu tergoda membuka Instagram, Twitter, atau Youtube saat bekerja. Ini karena ada kecenderungan kuat bahwa kamu berlama-lama dan menghabiskan waktu produktif kamu di media sosial. Tidak hanya itu, media sosial akan mengalahkan tujuan kamu untuk tetap fokus di tempat kerja.
3. Buatlah daftar kerja harian
Daftar atau list pekerjaan dapat selalu membantu. Letakkan daftar tugas di samping komputer kamu, di tempat yang mencolok di area kerja, atau di aplikasi yang dapat diakses. Buatlah list pekerjaan yang harus kamu selesaikan tersebut di tempat yang terjangkau oleh mata kamu. Coret atau tandai tugas-tugas setiap kamu menyelesaikan satu tugas. Dengan melihat coretan-coretan tersebut, kamu akan melihat bahwa kamu sudah membuat pergerakan atau progres yang positif.
Baca juga: Marketing Afiliasi Adalah? 13 Cara Mendapatkan Keuntungan dari Afiliasi
4. Merapikan meja kerja.
Percaya atau tidak, ketika kamu melihat meja kerja tertata dengan rapi, maka dengan sendirinya kamu akan merasa nyaman dan lebih fokus dalam bekerja. Pasalnya berantakan atau terlalu banyak barang bisa menghambat kemampuanmu untuk fokus dan membatasi kemampuan otakmu dalam memproses informasi.
5. Tidur yang cukup
Kurang tidur akan menyebabkan seseorang sulit konsentrasi dan daya ingat mereka juga cenderung lebih lemah. Kamu butuh tidur 7 – 8 jam. Pastikan sebelum tidur hindari penggunaan gadget terlalu berlebihan. Usai memastikan semua aman, maka letakkan gadget jauh dari jangkauanmu dan tidur.
6. Istirahat! Luangkan waktu untuk berjalan di sekitar rumah
Ketika kamu harus tetap fokus saat stres, dan itu cukup menyulitkan maka cobalah beristirahat. Tinggalkan meja kerja dan setumpuk dokumen yang membuat kamu gelisah. Pilihan lainnya, kamu bisa pergi keluar dan berjalan selama 5 hingga 10 menit. Cobalah menikmati apa yang kamu lihat dan dengar selama berjalan. Ini cukup berhasil untuk mengurangi rasa stres dan meningkatkan kembali konsentrasi.
7. Olahraga teratur
Jika selama ini kamu bangun selalu kesiangan, coba untuk mulai bangun lebih pagi dan berolahraga. Olahraga tak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh saja, namun juga untuk melatih kesehatan mental dengan begitu kamu kamu bisa meningkatkan konsentrasi.
Baca juga: 8 Cara Memasarkan Produk Online dengan Bagus dan Tepat
8. Mandi air dingin
Secangkir kopi di pagi hari memang bisa membuat seseorang lebih melek. Namun ada cara lain yang bisa membuat kamu terjaga sepanjang hari dan lebih fokus, yakni mandi dengan air dingin. Cara ini terbukti bisa membuat seseorang terlihat lebih segar dan fokus.
9. Mencoba metode Pomodoro
Metode lain yang bisa kamu coba untuk meningkatkan fokus adalah metode Podomoro. Metode ini berlandaskan kemampuan time managament saat beraktivitas. Kamu harus membuat jendela waktu, untuk mengatur kapan kamu bisa beristirahat. Kamu harus tetap bekerja dan fokus selama 25 menit, setelah itu kamu boleh beristirahat selama 5 menit. Kamu bisa mengulang jendela waktu ini selama beberapa kali hinga pekerjaan selesai.
10. Konsumsi air putih
Permasalahan yang hampir dialami oleh banyak orang adalah mereka lupa untuk mengonsumsi air putih. Perlu kamu ketahui bahwa hilangnya konsentrasi dan fokus salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan air dan oksigen dalam tubuh. Baik untuk kamu selalu menyediakan air putih di meja kerjamu.