Ketika kamu akan memulai berbisnis apa pun, kamu perlu memerhatikan dengan jeli mana jasa pengiriman barang yang tepat digunakan. Pemilihan yang tepat akan menghindarkan kamu dari komplain pelanggan. Namun, untuk memilih itu kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya terutama dari rekan bisnis kamu Terlebih kamu harus mengetahui apakah produk yang kamu kirim sesuai dengan jasa pengiriman atau tidak.
Jasa pengiriman barang menjadi penting karena hal tersebut adalah ukuran kesuksesan bagi penjual. Yang patut diingat, pembeli adalah segalanya. Maka manfaatkan waktu dengan baik. Lalu, faktor apa yang kamu butuhkan untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat? Berikut poin-poinnya.
Baca juga: Inilah Manfaat dan Tahap Riset Pemasaran untuk Bisnis Rumahan
1. Pilih yang terpercaya
Tidak mudah menemukan jasa pengiriman yang terpercaya. Selain karena rekomendasi dari rekan bisnis, meminta saran dari pelanggan bukanlah hal yang keliru. Kamu perlu melakukannya demi pelayanan yang memuaskan. Tentu saja, kamu akan berhadapan dengan berbagai macam pelanggan. Ada yang sudah paham, atau ada yang baru pernah mencoba. Yang pertama mencoba biasanya sering komplain lama pengiriman barang. Oleh karena itu, pastikan jasa pengiriman barang memberikan nomor resi. Nantinya nomor tersebut kamu bisa berikan ke pelanggan agar dapat saling memantau. Sampai mana barang tersebut. Apakah sudah di perjalanan, atau sudah sampai.
2. Cari yang pasti ada di daerah
Pengiriman barang terlalu lama tiba biasanya terjadi karena kamu keliru memilih jasa pengiriman barang. Maka dari itu, kamu perlu memastikan apakah mereka memiliki rute daerah di mana pelanggan tinggal. Sebab, tiap jasa pengiriman barang memiliki rute tertentu. Namun, tidak jarang tempat yang dituju tidak sesuai dengan rute. Hal ini demi memuaskan pelanggan. Hal-hal seperti ini patut diperhatikan oleh kamu. Jika jasa pengiriman barang tidak memiliki rute yang dituju pelanggan, kamu bisa mencari tempat yang lain. Ingat, relasi kamu dengan pelanggan juga bergantung pada lama tidaknya pengiriman barang.
3. Tarif yang bersaing
Setiap jasa pengiriman barang pasti memiliki tarif untuk menentukan daerah yang dituju. Tentu saja, selalu ada perbedaan harga di tiap jasa pengiriman. Nah, kamu perlu cermat dan teliti. Jangan sampai menguras kantong kamu dan membuat pengeluaran bisnis justru goyah.
Baca juga: 10 Tips Strategi Bisnis saat Menghadapi Resesi Ekonomi
4. Keamanan yang memadai
Jika produk kamu adalah bermuatan pecah belah, kamu perlu mengemasnya dengan baik. Tak hanya itu, pastikan jasa pengiriman yang kamu tuju memperlakukan barang kamu dengan apik. Sebab, tidak jarang ketika telah sampai di tangan pelanggan, barang justru pecah. Kemudian memicu perselisihan antara kamu dengan pelanggan. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada kamu. Hal tersebut mempengaruhi integritas bisnis kamu. Maka, pilihlah jasa pengiriman barang yang menawarkan keamanan dengan apik dan tepat. Kamu telah mengetahui empat faktor yang memengaruhi untuk memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Lalu, brand mana yang paling tepat untuk produk kamu?
Sekali lagi, kamu yang mengetahui dengan detail produk. Kamu pula yang memahami kas keuangan. Padukan dan sesuaikan dengan cermat. Untuk melengkapi dan membantu memahami kamu tentang jasa pengiriman barang, berikut dua pilihan yang bisa kamu gunakan.
Baca juga: 10 Cara Membuat Call to Action yang Efektif dalam Berbisnis
1. Pengiriman langsung
Pernahkah kamu mendapat pelanggan yang baru saja memesan produk kamu sore namun berkeinginan malamnya sudah bisa digunakan? Jika iya, Anda tidak sendiri. Di luar sana, kompetitor kamu pasti juga pernah mengalaminya. Pengiriman langsung memang difungsikan untuk pelanggan yang ingin segera menikmati produk kamu. Cara seperti ini juga baik dan bisa kamu gunakan. Sebab, berpengaruh pada bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jasa pengiriman barang secara langsung kini mudah ditemui seperti Go Send dan Go Box atau Grab Express.
2. Pengiriman tidak langsung
Pilihan pengiriman tidak langsung sangat jamak digunakan baik pebisnis maupun pelanggan. Sebab, biasanya harga lebih terjangkau bagi pelanggan. Hanya saja barang yang sampai ke pelanggan bisa berkisar 2-3 hari tergantung daerah yang dituju. Kebanyakan pengiriman barang yang memakan waktu seperti adalah jarak antarkota. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah selama keamanan dan estimasi waktu sesuai dengan harapan pelanggan. Jasa pengiriman barang tidak langsung yang bisa kamu gunakan seperti J&T, JNE, TIKI, atau Pos Indonesia.