Mempunyai bisnis online merupakan langkah awal untuk mempunyai bisnis e-commerce yang utuh dan menguntungkan. Bisnis online tidak cukup dijalankan dengan beberapa karyawan dan sosial media saja. Perlu perhatian lebih pada sistem pengiriman dan pengembalian barang, maupun teknologi yang handal untuk membantu memperluas jangkauan dan mengelola order dengan rapi. Toko online merupakan alat untuk berjualan yang sedang digemari, khususnya untuk produk fashion, kerajinan tangan, dan perabot rumah tangga. Di artikel berikut kita akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan sebuah website toko online agar kamu bisa menentukan apakah toko online cocok untuk bisnis online kamu! Jadi, apakah kamu sudah siap memiliki website toko online sendiri?
Kelebihan dan Kekurangan Membangun Website untuk Toko Online
Berjualan online melalui website
Jika kamu sudah memiliki website toko online sendiri, maka dengan sekali mengetik atau menuliskan url alamat website maka para konsumen dapat dengan mudah mencari dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan mereka. Belum lagi, mereka akan dimudahkan dalam melakukan transaksi, karena ada banyak metode pembayaran yang bisa dipilih. Kelebihan website lainnya adalah, website juga bisa membuat toko online yang kamu bangun selama ini menjadi terlihat lebih profesional dan berkualitas, sehingga kepercayaan dari pengguna bisa kamu dapatkan dengan mudah.
Kelebihan membangun website untuk toko online
Selain bisa memberikan gambaran tentang perusahaan yang kamu miliki dan meningkatkan kesan profesionalitas, website biasanya memiliki banyak kelebihan jika digunakan untuk jualan dibandingkan dengan media sosial. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan penggunaan website tersebut.
Baca juga: 10 Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Untuk Generasi Milenial
1. Dari segi fitur
Jika berjualan melalui media sosial, kita hanya bisa menggunakan fitur-fitur default yang dimiliki oleh media sosial tersebut. Dengan menggunakan website, kita dengan bebas bisa membuat atau menambahkan fitur yang kita rasa perlu untuk ditambahkan. banyak fitur-fitur yang bisa kita tambahkan kedalam website kita, contohnya adalah:
a) Filter Produk Berdasarkan Kategori
Dengan adanya fitur yang dapat digunakan untuk memfilter kategori produk, maka para calon buyer (pembeli) dapat memilih dan melihat daftar produk dengan lebih mudah melalui kategori. Semisal, jika ada calon buyer yang hendak membeli sepatu olahraga, maka dia bisa langsung pilih kategori untuk sepatu olahraga saja. yang mana fitur ini tidak ada di Instagram, Facebook maupun media sosial lainnya.
b) Sorting Harga
Fitur ini memiliki fungsi penting, terutama bagi para konsumen yang hendak berbelanja dengan budget yang terbatas. Karena fitur sorting harga ini dapat memudahkan para konsumen dalam mengurutkan harga. dari yang paling murah ke yang paling mahal, bahkan sebaliknya.
c) Fitur Sorting Brand
Dengan adanya fitur sorting brand ini, maka para calon pembeli dapat dimudahkan dalam mencari produk sesuai dengan brand atau merek yang mereka inginkan.
d) Fitur Filter Range Harga
Fungsi dari fitur filter range harga sedikit berbeda dengan fitur sorting harga, karena fitur ini dapat memudahkan pembeli untuk mencari produk melalui kisaran harga yang mereka inginkan. Semisal, jika calon buyer hendak mencari produk dengan kisaran harga Rp. 200.000 s/d Rp. 500.000 maka produk yang muncul adalah seharga nominal tersebut saja.
e) Fitur Keranjang Belanja
Dengan adanya fitur keranjang belanja, para konsumen bisa memilih berbagai produk yang hendak dibeli untuk disimpan sementara ke dalam keranjang belanja sebelum melakukan transaksi pembayaran.
f) Fitur Pilihan Pembayaran
Dalam melakukan transaksi pembelian, para konsumen bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginannya, seperti transfer antar bank, menggunakan kartu kredit, dengan cara COD dan lain-lain.
g) Fitur Layanan Pelanggan
Dengan melengkapi website dengan fitur layanan pelanggan, para konsumen akan dapat memberikan testimoni yang berisi kesan, pesan hingga kepuasaan mereka setelah berbelanja di website toko online milik kamu.
Selain fitur-fitur yang tadi sudah dijelakan, masih banyak lagi fitur yang bisa ditambahkan pada situs toko online yang bisa kamu berikan kesetiap pelanggan. Perlu juga diketahui, bahwa proses penambahan fitur ini mungkin bukan lah suatu hal yang mudah di pelajari bagi sebagian orang. Jadi bagi kamu yang awam akan hal ini, kamu bisa menggunakan jasa developer website untuk membantu kamu dalam hal ini.
2. Dari segi manfaat
Tak hanya memiliki kelebihan dari segi kegunaan fitur-fitur di dalamnya, website toko online juga memiliki kelebihan lain berdasarkan manfaatnya. Adapun diantaranya adalah:
a) Meningkatkan profesionalitas usaha kamu
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika kamu sudah memiliki website toko online sendiri, maka bisnis kamu akan dianggap lebih profesional. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kamu untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, hingga mampu menghasilkan omset pendapatan yang jauh lebih banyak.
b) Memiliki jangkauan yang lebih luas
Jika sebuah website profesional yang telah memiliki traffic kunjungan yang tinggi, maka website tersebut otomatis akan memiliki jangkauan yang lebih luas, tidak hanya lokal bahkan mungkin saja bisa mencapai kancah internasional. Ketika kamu bisa menyediakan sebuah website seperti itu, maka tidak diragukan lagi omset perusahaan kamu akan terus bergerak naik.
c) Memudahkan proses transaksi
Dibandingkan dengan media sosial, kelebihan website adalah kita bisa menambahkan fungsi pembayaran di dalamnya. Dengan fitur ini, pembeli tidak perlu takut akan penipuan. untuk bisa bekerja sama dengan pihak penyedia payment gateway, pemilik usaha biasanya harus menyerahkan dokumen rahasia (informasi pribadi) sebagai salah satu persyaratan kerja sama.
d) Keamanan transaksi lebih terjamin
Berbicara tentang belanja, pastinya tidak bisa lepas dengan yang namanya transaksi dengan menggunakan uang. Bertransaksi di sebuat situs web resmi apalagi yang sudah menggunakan sistem pembayaran dan status pengirimannya bisa dilacak tentunya akan meningkatkan rasa aman dari pengguna. Berbeda dengan saat menggunakan media sosial, orang yang berada jauh dari lokasi kita akan sulit percaya untuk menyetorkan uangnya untuk barang yang kita tawarkan. Karena sebagai penjual, kita tidak bisa dengan jelas mengirimkan pemberitahuan tentang status pembayaran maupun pesanan kepada pengguna, yang berakibat pelanggan menjadi tidak sepenuhnya bisa percaya pada kita.
Baca juga: 10 Cara Membangun Digital Branding untuk Bisnis Kamu
Kekurangan membangun website untuk toko online
Satu kekurangan yang mungkin membuat kamu ragu dalam membangun sebuah website adalah karena banyak saingannya. Ketika akan membangun toko secara online, salah satu kekurangan yang dimilikinya adalah terlalu banyak saingan. Saingan bisnis online memang berjubel mengingat keuntungan dari bisnis online yang banyak. Akan tetapi dengan melakukan rencana marketing yang baik kamu bisa mendapatkan banyak perhatian dari konsumen sehingga kamu tidak perlu takut ketika akan buat toko online untuk produk yang kamu jual.
Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.